Putri Josephine dari Denmark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Putri Josephine
Countess dari Monpezat
The Danish Royal Family at Amalienborg - Princess Josephine.jpg
Putri Josephine pada bulan April 2023
Kelahiran8 Januari 2011 (umur 12)
Rigshospitalet, Copenhagen, Denmark
Nama lengkap
Josephine Sophia Ivalo Mathilda
AyahFrederik, Putra Mahkota Denmark
IbuMary Donaldson

Putri Josephine dari Denmark,[1] Countess of Monpezat (Josephine Sophia Ivalo Mathilda; lahir 8 Januari 2011) adalah anggota keluarga kerajaan Denmark. Ia adalah anak keempat dan termuda dari Frederik, Putra Mahkota Denmark dan Mary, Putri Mahkota Denmark. Ia adalah saudara kembar dari Pangeran Vincent dari Denmark. Putri Josephine menempati urutan kelima pewaris takhta kerajaan Denmark, setelah kedua kakaknya, Pangeran Christian dan Putri Isabella serta saudara kembarnya, Pangeran Vincent.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Josephine lahir di Rigshospitalet, di Kopenhagen, pada pukul 10.56 waktu setempat, 26 menit setelah saudara kembarnya. Josephine dan Vincent dibaptis pada 14 April 2011, di kapel Gereja Holmen. Namanya diumumkan sebagai Josephine Sophia Ivalo Mathilda.

Josephine mengenakan gaun pembaptisan yang ditemukan di antara barang-barang milik nenek buyutnya Ratu Ingrid, menjadikannya anak pertama dari calon raja Denmark yang tidak mengenakan gaun pembaptisan tradisional keluarga kerajaan Denmark (yang dikenakan oleh saudara kembarnya) sejak digunakan pada tahun 1870.

Penampilan Publik dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 3 Agustus 2014, selama kunjungan resmi keluarga ke Greenland, Josephine, orang tua dan saudara kandungnya, ikut serta dalam penanaman pohon di hutan poplar baru Qaqortoq, Ivalos og Miniks Poppellund, dinamai sesuai nama Josephine dan saudara laki-lakinya yang dikenal dengan nama tengah Greenland mereka.

Pada 15 Agustus 2017, Josephine dan saudara kembarnya mulai bersekolah di Tranegårdsskolen di Gentofte – sekolah negeri yang sama dengan kakak-kakaknya.

Gelar dan Gaya[sunting | sunting sumber]

Josephine diberi gelar "Yang Mulia Putri Josephine dari Denmark, Countess dari Monpezat". Dia adalah seorang Putri Denmark dan "Countess dari Monpezat" sejak lahir, ketika Ratu Margrethe II memberikan gelar tersebut untuk keturunan anak laki-lakinya.

8 Januari 2011 - sekarang: Yang Mulia Putri Josephine dari Denmark, Countess dari Monpezat

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kongehuset – Aktuelt – Nyheder Diarsipkan 2011-04-19 di Wayback Machine.. Kongehuset.dk (2010-05-21). Retrieved on 2011-04-15.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Putri Josephine dari Denmark
Lahir: 8 Januari 2011
Denmark
Didahului oleh:
Pangeran Vincent dari Denmark
Garis suksesi tahta Denmark
Posisi ke-5
Diteruskan oleh:
Pangeran Joachim dari Denmark
Didahului oleh:
Putri Isabella dari Denmark
Garis suksesi tahta Britania