Putri Isabella dari Denmark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Putri Isabella dari Denmark, Countess dari Monpezat (Isabella Henrietta Ingrid Margrethe; 21 April 2007) adalah putri sulung dari Frederik, Putra Mahkota Denmark dan Mary, Putri Mahkota Denmark. Saat ini ia berada di posisi ketiga di garis suksesi takhta Denmark setelah ayah dan kakaknya, Pangeran Christian dari Denmark.

Putri Isabella
Countess dari Monpezat
Putri Isabella pada bulan April, 2023
Kelahiran21 April 2007 (umur 16)
Rigshospitalet, Kopenhagen, Denmark
Nama lengkap
Isabella Henrietta Ingrid Margrethe
AyahFrederik, Putra Mahkota Denmark
IbuMary Donaldson

Biografi[sunting | sunting sumber]

Putri Isabella pada tahun 2010

Putri Isabella lahir di Rigshospitalet, di Kopenhagen, dari Putra Mahkota Frederik dan Putri Mahkota Mary. Pada siang hari tanggal 22 April, 21 tembakan salut ditembakkan dari Baterai Sixtus di Pangkalan Angkatan Laut Holmen di Kopenhagen dan dari Kastil Kronborg di Selandia Utara untuk menandai kelahirannya.

Pembaptisannya berlangsung pada 1 Juli 2007, di Kapel Kerajaan Istana Fredensborg dan diberi nama Isabella Henrietta Ingrid Margrethe. Isabella menerima ritus penguatan Lutheran di kapel yang sama pada tanggal 30 April 2022, yang dipimpin oleh Henrik Wigh-Poulsen, Pendeta Kerajaan Denmark.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pada 13 Agustus 2013, Isabella mulai bersekolah di Tranegårdsskolen di Gentofte, sekolah negeri yang sama dengan kakak laki-lakinya. Pada Januari 2020, Isabella dan tiga saudara kandungnya memulai masa tinggal sekolah selama 12 minggu di Sekolah Internasional Lemania-Verbier di Verbier, Swiss.Masa inap akhirnya dipersingkat dan mereka kembali pada bulan Maret karena intensifikasi situasi COVID-19 di Denmark. Pada Maret 2022, diumumkan bahwa Isabella akan melanjutkan pendidikannya di Sekolah Herlufsholm mulai Agustus 2022. Namun, pada 26 Juni 2022, orang tuanya mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa Isabella tidak akan memulai Herlufsholm karena terungkapnya masalah intimidasi, kekerasan, dan pelecehan seksual yang berulang di sekolah.

Gelar dan Gaya[sunting | sunting sumber]

Isabella diberi gelar "Yang Mulia Putri Isabella dari Denmark, Countess dari Monpezat". Dia telah menjadi seorang Putri Denmark sejak lahir dan "Countess dari Monpezat" sejak 29 April 2008, ketika Ratu Margrethe II memberikan gelar tersebut keturunan anak laki-lakinya.

  • 21 April 2007 - 29 April 2008: Yang Mulia Putri Isabella dari Denmark
  • 29 April 2008 - sekarang: Yang Mulia Putri Isabella dari Denmark, Countess dari Monpezat

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Putri Isabella dari Denmark
Lahir: 21 April 2007
Denmark
Didahului oleh:
Pangeran Christian dari Denmark
Garis suksesi tahta Denmark
posisi ke-3
Diteruskan oleh:
Pangeran Vincent dari Denmark
Didahului oleh:
Pangeran Vincent dari Denmark
Garis suksesi tahta Britania Diteruskan oleh:
Putri Josephine dari Denmark