Lompat ke isi

Putri Alexandra dari Sayn-Wittgenstein-Berleburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Putri Alexandra
Countess Michael Ahlefeldt-Laurvig-Bille
Kelahiran20 November 1970 (umur 53)
Kopenhagen, Denmark
Pasangan
(m. 1998; c. 2017)
KeturunanCount Richard von Pfeil und Klein-Ellguth
Countess Ingrid von Pfeil und Klein-Ellguth
Nama lengkap
Alexandra Rosemarie Ingrid Benedikte
WangsaSayn-Wittgenstein-Berleburg (sejak kelahiran)
Ahlefeldt (sejak pernikahan)
AyahRichard, Pangeran Sayn-Wittgenstein-Berleburg ke-6
IbuPutri Benedikte dari Denmark

Putri Alexandra dari Sayn-Wittgenstein-Berleburg, Countess Ahlefeldt-Laurvig-Bille (Alexandra Rosemarie Ingrid Benedikte; lahir 20 November 1970), merupakan putri pertama dan kedua dari tiga bersaudara Pangeran Richard dari Sayn-Wittgenstein-Berleburg dan Putri Benedikte dari Denmark.[1] [2] Berdasarkan aturan suksesi yang ditetapkan oleh Raja Frederik IX, karena Putri Benedikte dan anak-anaknya, termasuk Putri Alexandra, belum bertempat tinggal permanen di Denmark, mereka secara efektif telah melepaskan posisi mereka dalam garis suksesi takhta Denmark.[3] Sejak 19 Mei 1998, Alexandra telah menjadi warga negara Denmark.

Pernikahan pertama dan anak-anak

[sunting | sunting sumber]

Alexandra menikah pada tanggal 6 Juni 1998 di Istana Gråsten dengan Count Jefferson von Pfeil und Klein-Ellguth. Jefferson dan Alexandra berkerabat jauh, karena keduanya merupakan keturunan Leopold III, Adipati Anhalt-Dessau.[4] Pasangan itu memiliki dua anak:

Keluarga itu tinggal di Paris, di mana Count Jefferson menjadi direktur pelaksana cabang bank setempat Sal. Oppenheim dan tempat dia bekerja di Pusat Warisan Dunia UNESCO. Mulai tahun 2013, pasangan ini tinggal di Heidesheim Castle, Jerman, dekat Mainz.[6] Pasangan itu mengumumkan niat mereka untuk bercerai pada bulan Mei 2017.[7]

Pernikahan kedua

[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 18 Mei 2019, Alexandra menikah dengan Pangeran Michael dari Ahlefeldt-Laurvig-Bille di Sankt Jørgens Kirke di Svendborgsund. Dia adalah anggota Rumah Ahlefeldt kuno keturunan Jerman dan Denmark.[8] Mereka tinggal di Kastil Egeskov, rumah leluhur Count Ahlefeldt.

Putri Alexandra bekerja untuk UNESCO Pusat Warisan Dunia sampai 2013, bertugas melestarikan warisan budaya negara-negara di Timur Tengah dan Asia Selatan.[9]

Gelar bangsawan untuk
Putri Alexandra dari Sayn-Wittgenstein-Berleburg
Gaya referensiYang Mulia
Gaya penyebutanYang Mulia

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "Sponheim 10". 
  2. ^ "HRH Princess Benedikte - The Danish Monarchy". Kongehuset (dalam bahasa Inggris). 3 June 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-03. Diakses tanggal 9 January 2022. 
  3. ^ "The Royal House - The Danish Monarchy". www.kongehuset.dk. Danish Royal Court. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 February 2014. Diakses tanggal 22 December 2013. The throne is inherited in King Christian 10. and Queen Alexandrine's posterity. 
  4. ^ "Relationship Calculator: Genealogics". 
  5. ^ "Alexandra, Prinzessin zu Sayn-Wittgenstein-Berleburg: Genealogics". 
  6. ^ Article http://www.allgemeine-zeitung.de/region/mainz/vg-heidesheim/heidesheim/13418333.htm Allgemeine Zeitung
  7. ^ Endnu en skilsmisse rammer det danske kongehus BT.dk, 17 May 2017
  8. ^ (In French) "Mariage royal : La princesse Alexandra a dit oui au comte Michael", PurePeople (PureMédias), 24 May 2019.
  9. ^ "National heritage: Danish princess visits to review Unesco's work". 11 May 2012.