Pusat Antariksa Uchinoura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pusat Antariksa Uchinoura berlokasi di Japan
Uchinoura
Uchinoura
Lokasi Pusat Antariksa Uchinoura
Roket M-V di Pusat Antariksa Uchinoura pada Februari 2000.

Pusat Antariksa Uchinoura (内之浦宇宙空間観測所, Uchinoura Uchū Kūkan Kansokusho) adalah pelabuhan angkasa yang terletak di Kagoshima, Jepang. Sebelum pembentukan JAXA pada 2003, tempat ini bernama Kagoshima Space Center (鹿児島宇宙空間観測所). Sejak 2006, Pusat Antariksa Uchiinoura tidak lagi meluncurkan satelit penelitan Jepang seiring dengan dipensiunkannya roket M-V.[1] Sekarang, tempat ini dipakai sebagai tempat peluncuran roket suborbital dan juga dipakai untuk peluncuran roket Epsilon.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada Februari 1962, Pusat Antariksa Kagoshima dibangun di pesisir Kagoshima untuk meluncurkan roket dengan muatan wahana antariksa. Sebelum pendirian Pusat Antariksa Kagoshima (KSC), uji coba roket dilakukan di Fasilitas Roket Akita pada pertengahan 1950-1960. Namun, pengembangan roket membutuhkan fasilitas peluncuran dengan jangkauan lebih luas. Setelah beberapa pertimbangan, kontur perbukitan Uchinoura di Prefektur Kagoshima dipilih menjadi lokasi peluncuran.[2]

Uji coba peluncuran di Uchinoura menggunakan Kappa, Lambda, dan Lambda-4 untuk meluncurkan satelit kecil. Pada waktu yang sama, Program Mu dimulai. Setelah terjadi empat kali kegagalan peluncuran, sebuah satelit uji coba berhasil mencapai orbit menggunakan roket Lambda 4S-5. Satelit Ōsumi menjadi tanda Jepang telah berhasil meluncurkan satelit untuk pertama kalinya. Setelah melalui perbaikan untuk roket Mu, Jepang dapat meluncurkan satelit penelitian sebanyak satu kali dalam setahun. Setelah pengembangan roket M-V, satelit penelitian MUSES-B (HALCA) berhasil diluncurkan pada Februari 1997.

Peluncuran pertama kali Epsilon (roket) dengan muatan satelit SPRINT-A berhasil dilakukan pada 14 September 2013.

Tempat Peluncuran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maliq, Tariq (14 September 2013). "Japan's 1st Epsilon Rocket Launches Into Space On Maiden Voyage". Diakses tanggal 5 November 2017. 
  2. ^ "Uchinoura Space Center". Diakses tanggal 5 November 2017.