Punisher

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Punisher
Punisher
Gambar Promosi The Punisher #31 karya Tim Bradstreet.
Informasi publikasi
Penerbit Marvel Comics
Penampilan pertama The Amazing Spider-Man #129 (Februari 1974).
Dibuat oleh Gerry Conway (penulis)
John Romita Sr. (ilustrasi) Ross Andru (ilustrasi)
Informasi dalam cerita
Alter ego Francis "Frank" Castle[a] (lahir Castiglione)[1]
Afiliasi tim
Nama alias terkenal Mr. Smith, Charles Fort, Frank Rook, Johnny Tower
Kemampuan
  • Terampil dalam taktik militer dan gerilya, keahlian menembak, pertarungan jarak dekat, infiltrasi, dan pembongkaran
  • Kemampuan dalam menggunakan bahan peledak.
  • Daya tahan yang tinggi dalam menerima nyeri.
  • Pelatihan operasi khusus

Punisher (Francis "Frank" Castle) adalah sebuah karakter fiksi yang muncul di buku komik Amerika yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Dibuat oleh penulis Gerry Conway, seniman John Romita Sr. dan Ross Andru dengan penerbit Stan Lee karakter ini pertama kali muncul dalam The Amazing Spider-Man #129 (Februari 1974).

Punisher seorang vigilante (orang yang main hakim sendiri) yang menganggap bahwa pembunuhan, penculikan, pemerasan, kekerasan, ancaman kekerasan dan penyiksaan adalah sebuah taktik yang bisa diterima dalam memerangi kejahatan. Dipicu oleh kematian keluarganya, yang dibunuh oleh mafia ketika mereka menyaksikan sebuah eksekusi mati sekelompok begundal yang terjadi di Central Park New York, Punisher melancarkan perang seorang diri dalam menghadapi mafia dan semua kriminal secara umum, dengan menggunakan bermacam-macam persenjataan.[4] Pembunuh keluarganya adalah korban pertama yang akan dibunuh.[5] Sebagai seorang veteran perang, Frank Castle (lahir Francis Castiglione)[6][7] Castle seorang ahli bela diri, taktik penyamaran dan ahli dalam menggunakan berbagai jenis senjata. Meski tidak mempunyai superpower apapun, tetapi kemampuan memakai senjata, intelijen dalam bertarung dan, kesadisan Punisher inilah yang membuatnya menjadikan punisher sebagai antihero yang sebanding dengan pahlawan super lain di Marvel, Punisher seperti manusia tanpa rasa takut. Dan tak pernah menunjukan keraguan saat hendak membunuh setiap korbannya.

Sejarah penerbitan[sunting | sunting sumber]

Penampilan awal[sunting | sunting sumber]

Punisher diciptakan oleh Gerry Conway dan tampilan yang pertama diilustrasikan oleh Ross Andru, pada waktu itu penulis dan artis bersama-sama dalam pembuatan komik The Amazing Spider-Man. Conway menyatakan ia juga membantu mendesain kostum dari karakter ini.

Serial awal[sunting | sunting sumber]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Karakter ini dideskripsikan sebagai orang yang terobsesi dengan balas dendam, Garth Ennis menulis bahwa karakter dari Punisher melihat dunia dalam istilah sangat hitam dan putih, apabila ia menyelesaikan masalah pasti ada kalimat penutup dan responnya dalam menanggapi setiap masalah apabila ia ragu, maka serang saja dengan keras.

Keterampilan, senjata, dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Punisher adalah penerima pelatihan militer multi-disiplin dari Korps Marinir Amerika Serikat, Pengintaian Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Sementara seorang Marinir, dia juga menerima pelatihan dari Airborne School dan Navy SEAL serta pelatihan silang dengan Resimen Pelayanan Udara Khusus Australia selama Perang Vietnam. Selain itu, sejak memulai karyanya sebagai Punisher, Castle telah menggunakan teknik militer dan pelatihannya untuk memperbarui dan memperluas keahliannya di bidang yang membantu misinya (menyamar, bertindak, menggunakan senjata non-militer, dll.). Dari pelatihan ini, Punisher tidak hanya mahir dalam keterampilan infanteri dasar, namun juga dalam operasi khusus, yang mencakup penggunaan dan pemeliharaan senjata api khusus dan persenjataan eksplosif. Dia sangat terlatih dalam infiltrasi ke wilayah dan struktur musuh yang dijaga ketat untuk tujuan pembunuhan, penangkapan, dan intelijen militer. Selain itu, dia dilatih dalam berbagai bentuk kamuflase dan diam-diam. Dia juga sangat mahir dalam pertarungan tangan-ke-tangan, dan telah dilatih dalam berbagai bentuk seni bela diri seperti Nash Ryu Jujutsu, Ninjutsu, Shorin-ryu Karate, Hwa Rang Do, dan Chin Na.[8] Baik Nick Fury dan Tony Stark telah berkomentar tentang betapa tingginya toleransi rasa sakitnya. Dia tidak menggunakan obat penghilang rasa sakit, karena ia merasa bahwa manfaatnya untuk menumpulkan rasa sakit tidak sebanding dengan efek samping kantuk dan refleks yang melambat.

Karakter pendukung[sunting | sunting sumber]

Meski ingin bekerja sendiri, Punisher memiliki beberapa karakter pendukung untuk membantu memerangi kejahatan. Microchip membantu Castle dengan membangun dan memasok senjata dan teknologi dan memberikan pertemanan. Selama "Perang Sipil", dia dibantu oleh Stuart Clarke untuk waktu yang singkat. Berbagai petugas polisi dan detektif telah membantu Punisher, terutama Lynn Michaels dan Letnan Martin Soap. Lynn Michaels adalah seorang perwira polisi yang bekerja sama dengan Castle untuk mencatat seorang pemerkosa berantai dan kemudian keluar dari pasukan untuk menjadi wasit. Martin Soap diam-diam bersekutu dengan Punisher dan memberinya informasi mengenai targetnya dari database polisi.

Dalam media lain[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

  • Spider-Man: The Animated Series tahun 1990, tiga kali muncul dan diisi suara oleh John Beck.
  • X-Men TV series episode "Days of Future Past part 1" pada tahun 1992.
  • Daredevil - seasons 2 (2016)

Film[sunting | sunting sumber]

Mainan[sunting | sunting sumber]

  • Toybiz mengeluarkan action figure Punisher sekitar pada tahun 1994, berdasarkan film serial televisi Spider-Man, the animated.
  • Punisher muncul dalam mainan Marvel Legends seri 4 dan 6 (action figure Thomas Jane di film Punisher 2004), Urban Legends boxed set (terdiri dari Punisher, Daredevil, Spiderman dan Elektra) dan dalam Face Off two-pack (dengan Jigsaw) dengan memakai kostum klasiknya.
  • Hasbro mengeluarkan Punisher 12 inchi, didesain berdasarkan karya Tim Bradstreet.
  • Punisher juga diproduksi dalam serial mainan Marvel Select.

Budaya terkenal[sunting | sunting sumber]

  • Dave Mustaine salah satu pentolan Megadeth meciptakan lagu "Killing Is My Business... and Business Is Good!" dan "Holy Wars... the Punishment Due" terinspirasi oleh Punisher.
  • Suara Punisher dapat didengar dalam lagu "Superheroes" oleh band power metal Edguy.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Francis "Frank" Castle's full name as seen in this New Avengers: Letters Home panel, also more info here

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Punisher vol. 3, #6
  2. ^ Hulk Vol. 2 #14
  3. ^ "THUNDERBOLTS Take On The Mob… And Thanos’ Infinity Army!". Newsarama.com. 
  4. ^ The Punisher's origin was first recounted in Marvel Preview #2 (Juli 1975).
  5. ^ Recounted in Marvel Super Action #1 (Januari 1976).
  6. ^ Library of Congress Subject Headings. Library of Congress Subject Headings. p. 6399 – via Google Books. 
  7. ^ Martone, Eric (December 12, 2016). Italian Americans: The History and Culture of a People. ABC-CLIO. p. 334. ISBN 978-1610699945 – via Google Books. 
  8. ^ Punisher Annual vol.2, #2 (September 1989)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Daredevil Templat:Nick Fury Templat:Garth Ennis