Pulau Macquarie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta lokasi Pulau Macquarie
Pulau Macquarie
NZOffshoreIslandsMap.png
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Australia
Tipe Alam
Kriteria vii, viii
Nomor identifikasi 629
Kawasan UNESCO Asia-Pasifik
Tahun pengukuhan 1997 (sesi ke-21)

Pulau Macquarie adalah sebuah pulau yang terletak di Samudra Selatan, sekitar setengah perjalanan dari Australia ke Antartika. Pulau ini dikelola oleh Negara Bagian Tasmania, Australia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pulau Macquarie secara tidak sengaja ditemukan oleh Frederick Hasselborough pada 1810 ketika ia sedang mencari lahan perburuan anjing laut. Ia lalu mengklaim pulau ini milik Britania Raya dan menganeksasinya ke dalam daerah jajahan New South Wales. Pulau ini dinamakan setelah Lachlan Macquarie, gubernur kolonial yang kadang dianggap sebagai sang penemu Australia. Atas perintah Alexander I dari Rusia, Fabian von Bellingshausen menjelajahi pulau ini pada 28 November 1820 dan merancang peta Pulau Macquarie pertama. Di sana ia menukar rum dan makanannya dengan beberapa satwa setempat.

Pada 1890, New South Wales mengalihkan kekuasaan Pulau Macquarie kepada Tasmania yang lalu menyewakannya kepada Joseph Hatch pada 1902 - 1920. Pada 1911 - 1915, sebuah pangkalan dan stasiun meteorologi beroperasi di sana untuk kepentingan Ekspedisi Antartik Australasia. Pulau ini ditetapkan sebagai suaka margasatwa pada 1933. Pada 26 Desember 1947, kekuasaan pulau ini beralih lagi ke tangan Australia sebagai bagian administrasi Teritori Antartik Australia. Markas Ekspedisi Riset Antartik Nasional Australia (ANARE) didirikan di pulau ini pada 25 Mei 1948.

Pulau Macquarie — kini termasuk dalam wilayah Negara Bagian Tasmania — ditetapkan sebagai cagar alam pada 1978 dan pada 1997 sebagai situs warisan dunia.

Pada 23 Desember 2004, gempa bumi sebesar 8,1 skala Richter melanda pulau ini, namun tidak menimbulkan kerusakan berarti. Teori bahwa musibah tersebut adalah awal dari gempa bumi Samudra Hindia 2004 ditentang oleh sebagian besar pakar seismologi.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Koordinat Pulau Macquarie ialah 54°37' LS 158°51' BT, menandakan titik paling selatan Persemakmuran Australia.

Wilayah pulau ini seluas 128 km² dengan panjang 34 km dan lebar 5 km.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Satu-satunya penghuni pulau ini ialah anggota-anggota ANARE berjumlah 20 - 40 orang yang tinggal di sebuah pangkalan tetap sepanjang tahun.

Fauna[sunting | sunting sumber]

Fauna di Pulau Macquarie antara ialah anjing laut, penguin dan kelinci. Pulau ini dinyatakan bebas dari kucing feral pada 2002.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]