Pulau Lemon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pulau Lemon merupakan salah satu pulau kecil yang berada tidak jauh dari manokwari, perjalanan dari manokwari dapat ditempuh dengan menggunakan perahu kecil dengan waktu tempuh sekitar 10 menit perjalanan. Pulau Lemon berada di Teluk Doreri, di teluk ini tidak hanya Pulau Lemon saja tapi juga ada Pulau Mansinam. Biasanya perahu penyeberangan berada di dermaga kwawi, dermaga ini berada di kanan jalan sebelum pantai pasir putih. Secara administratif Pulau Lemon berada di Kelurahan Kwawi, Kecamatan Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.[1]

Pulau ini memiliki kekayaan bahari yang cukup melimpah, beberapa biota laut yang dapat ditemui di sini adalah Nerita (Ampenerita), Bintang Laut, Cacing, Teripang Sabuk Raja, Sidat,Kepiting, Ubur-ubur, Anemon, Terumbu Karang, Serta Lamun.[2] Keanekaragaman hayati Pulau Lemon tidak lepas dari panjangnya garis pantai dan populasi manusia yang masih terbilang sedikit. Maka dari itu di Pulau Lemon masih belum ada sekolah yang berdiri. Siswa yang ingin menempuh pendidikan harus ke kota Manokwari dengan menaiki perahu.[3]

Agama[sunting | sunting sumber]

Karena letaknya yang berdekatan dengan Pulau Mansinam dimana Injil Turun di tanah papua pertama, maka mayoritas penghuninya beragama kristen.

Sampah[sunting | sunting sumber]

Sampah Pulau Lemon menjadi topik yang sangat menarik untuk dibahas tersendiri, karena kendala terbesar pulau ini adalah dengan sampah. Mayoritas penduduk pulau mengeluh dengan sampah "kiriman" dari kota. Kepadatan penduduk tidak begitu banyak, namun sampah di pulau ini sangat banyak. Karena produksi sampah di Manokwari lumayan banyak dan dibuang sembarangan. Sehingga sampah-sampah tersebut yang dibuang ke laut perlahan terbawa ombak dan sampai di Pulau Lemon.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Romandola, Charly (2016-03-10). "Presentase Tutupan Karang dengan Metode PIT". Charly Romandola. Diakses tanggal 2020-02-06. 
  2. ^ "Biota Laut Pulau Lemon". Underwater Life. 2012-12-06. Diakses tanggal 2020-02-06. 
  3. ^ "Rutinitas Bhabinkamtibmas Pulau Mansinam dan Pulau Lemon Antar Jemput Anak Sekolah". Tribata News Papua Barat. 2017-09-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-06. Diakses tanggal 06-02-2020. 
Lemon
Letak Administratif Manokwari Timur, Manokwari, Papua Barat
Titik Koordinat -0°53'N 134°4'E
Luas 16,3 ha
Panjang Garis Pantai 1693,93 m