Pulau Karang Unarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pulau Karang Unarang
Koordinat04°00′38″LU,118°04′58″BT
NegaraIndonesia Indonesia
Gugus kepulauanKalimantan
ProvinsiKalimantan Utara Kalimantan Utara
KabupatenNunukan
Populasi-
Galat Lua: Coordinates not found on Wikidata.

Pulau Karang Unarang merupakan salah satu pulau yang berada di Samudra Hindia. Pulau ini berada di sisi utara Pulau Kalimantan.

Secara administrasi, Pulau Karang Unarang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Indonesia.

Berdasarkan hasil survey toponim pulau tahun 2006, pulau ini bernama Pulau Karang Unarang. Dari hasil verifikasi Tim Nasional Pembakuan Nama Rupa bumi tahun 2007, Pulau Karang Unarang tidak mengalami perubahan nama. Namun, tidak ada sumber yang menjelaskan kenapa pulau ini diberi nama Pulau Karang Unarang.

Pada awalnya Karang Unarang hanya muncul pada saat air laut surut. Saat air laut surut pada posisi terendah, ketinggian karang hanya mencapai 30 cm. Karang Unarang ini mungkin hanyalah sebuah karang kecil, tetapi karang inilah sebagai patokan bahwa daerah sekitarnya adalah milik Indonesia. Daerah yang dimaksud adalah Ambalat. Wilayah Ambalat merupakan daerah yang disangketakan antara Negara Indonesia dengan Negara Malaysia, kasus Ambalat ini bermula ketika Malaysia mengklaim bahwa Ambalat adalah wilayahnya.

Akses dari dan ke Karang Unarang melalui Pulau Sebatik yang hanya berjarak 9 mil laut dari Pulau Sebatik. Dari Pulau Nunukan menuju Pulau Sebatik dapat ditempuh dua jalur yaitu menuju dermaga Bambangan dengan menggunakan perahuyang menggunakan mesin gantung 15 pk waktu tempuhnya 20 menit.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]