Pulau Kalih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pulau Kalih
Koordinat05°54′04″LS,106°05′35″BT
NegaraIndonesia Indonesia
Gugus kepulauanJawa
ProvinsiBanten Banten
KabupatenSerang
Populasi-
Peta

Pulau Kalih merupakan salah satu pulau yang berada di Samudra Hindia. Pulau ini berada di Pulau Jawa.

Secara administrasi, Pulau Kalih masuk ke dalam wilayah Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, Jawa, Indonesia. Pulau Kalih dibagi menjadi dua yaitu Kalih Selatan dan Kalih Utara.

Berdasarkan hasil survey toponim pulau tahun 2006, pulau ini bernama Pulau Kalih. Dari hasil verifikasi Tim Nasional Pembakuan Nama Rupa bumi tahun 2007, Pulau Kalih tidak mengalami perubahan nama. Namun, tidak ada sumber yang menjelaskan kenapa pulau ini diberi nama Pulau Kalih

Dilihat dari aspek fisik, Pulau Kalih baik bagian utara maupun selatan didominasi oleh vegetasi pantai dengan berpasir putih. Jika dilihat dari citra setelit, pulau ini tipe substrat perairan pasir berlumpur. Wilayah perairan Pulau Kalih, kuhusunya Pulau Kalih Selatan, sudah dimanfaatkan sebagai tempat budidaya Karamba Jaring Apung (KJA) oleh Dinas Kelautan Perikanan dan ESDM Pemkab Serang sejak tahun 2011.

Pulau Kalih Utara dan Kalih Selatan memiliki topografi yang berbentuk datar dengan rona perairannya yang jernih walaupun letaknya tidak jauh dari daratan.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]