Ular jali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ptyas korros)

Ular Koros[sunting | sunting sumber]

Ular jali
Ptyas korros

Status konservasi
Hampir terancam
IUCN192131
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoSquamata
FamiliColubridae
GenusPtyas
SpesiesPtyas korros
Schlegel, 1837

Ular Koros (Ptyas korros) adalah spesies ular tikus yang tersebar luas di Asia Tenggara. Nama umumnya dalam bahasa Inggris adalah Chinese ratsnake atau Indo-chinese ratsnake.

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Panjang tubuh ular koros mencapai 2.5 meter. Tubuh bagian atas berwarna abu-abu, perak, atau kecokelatan, sedangkan sisi badan bagian bawah berwarna kekuningan. Bagian ekornya berwarna zaitun dengan tepian sisik berwarna kehitaman. Bagian bawah tubuhnya berwarna kuning pucat. Pada ular yang masih muda, terdapat belang-belang atau bintik-bintik berwarna keputihan di tubuhnya. Belang atau bintik putih tersebut memudar seiring dengan bertambahnya usianya.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Ular koros tersebar di India (Assam, Arunachal Pradesh), Bangladesh, Myanmar, Laos, Taiwan, Tiongkok (Chekiang, Jiangxi, Fujian, Guangdong, Hainan, Guangxi, Hunan, Yunnan, Hong Kong), Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia (Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan).

Ekologi dan perilaku[sunting | sunting sumber]

Habitat ular koros adalah hutan dan daerah pertanian dataran rendah hingga ketinggian 3000 meter DPL. Aktif pada siang hari dan biasanya berkelana di tanah, tetapi juga mampu memanjat pohon. Ular koros juga sering ditemukan berkeliaran di pemukiman penduduk, dimanapun ular ini dapat menemukan tikus sebagai makanan utamanya. Selain tikus, ular ini diketahui juga memangsa kadal, katak, dan burung. Ular jali juga merupakan mangsa kesukaan ular lain, biawak, dan burung pemangsa. Ular ini dapat bersikap agresif apabila diprovokasi. Walaupun begitu, ular ini biasanya lebih memilih menghindari kontak dengan manusia.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ahsan, M. Farid, and Shayla Parvin. 2001. The first record of Ptyas korros (Colubridae) from Bangladesh. Asiatic Herpetological Research 9: 23-24.
  • Jan, G., and F. Sordelli. 1867. Iconographie générale des Ophidiens: Vingt-quatrième livraison. Baillière. Paris. Index + Plates I.- VI. (Coryphodon korros, Plate IV., Figure 2.)
  • Lazell, J.D. 1998. Morphology and the status of the snake genus Ptyas. Herpetological Review 29 (3): 134.
  • Schlegel, H. 1837. Essai sur la physionomie des serpens. Partie Général xxviii + 251 pp. + Partie Descriptive 606 + xvi pp. Schonekat. Amsterdam.