Polypodiopsida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pteridopsida)
Lompat ke: navigasi, cari
?Polypodiopsida
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Pteridophyta
Kelas: Polypodiopsida
Bangsa


Polypodiopsida atau Pteridopsida merupakan kelompok tumbuhan paku yang mencakup seluruh anggota dengan sporangium yang tumbuh dari satu sel epidermis induk, atau dikenal sebagai Leptosporangiatae[1]. Kelompok ini mencakup mayoritas dari anggota tumbuhan paku, sekitar 9000 spesies.

"Paku sejati"[sunting | sunting sumber]

Polypodiopsida mencakup sebagian besar kelompok tumbuhan paku yang pernah dikenal dengan nama Filicinae atau "paku sejati" (atau "paku benar"). Filicinae, yang dicirikan dengan pertumbuhan daun secara lingkaran membuka (circinate vernation), ditempatkan dalam takson kelas. Dalam pengelompokan yang telah usang ini, Filicinae dibagi menjadi Eusporangiatae (mencakup bangsa Marattiales dan Ophioglossales) dan Leptosporangiatae (mencakup anggota Filicinae lainnya). Pengelompokan Eusporangiatae, dicirikan dengan sporangium yang dibentuk secara multiseluler, sebenarnya bersifat polifiletik, karena juga mencakup kelas-kelas tumbuhan paku lain, yaitu Equisetinae, dan Psilotinae. Hal ini menjadi pertanyaan yang cukup lama, sampai kemudian diketahui bahwa Psilotinae lebih dekat secara genetis dengan Ophioglossales (lalu digabung dalam kelas Psilotopsida) serta Marattiales lebih layak ditempatkan pada takson yang lebih tinggi, kelas Marattiopsida. Dengan demikian, Polypodiopsida mencakup semua paku benar yang termasuk Leptosporangiatae.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi terbaru diusulkan oleh Christenhusz & Chase (2014) [2] berdasarkan Smith et al. (2006) yang direvisi. Karena versi tersebut hanya menganalisis jenis-jenis pakis yang masih ada, bangsa Zygopteridales, yang hanya dikenal dari fosil dan biasanya dimasukkan dalam Polypodiopsida, tidak diikutkan di sini. Berikut adalah klasifikasi menurut Christenhusz & Chase (2014).

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, A. R., K. M. Pryer, et al. (2006). "A classification for extant ferns." Taxon 55(3): 705-731
  2. ^ Christenhusz, M.J.M.; Chase, M.W. (2014). "Trends and concepts of fern classification". Annals of Botany 113 (4): 571–594. doi:10.1093/aob/mct299. Diakses 17 July 2014. 
  3. ^ Christenhusz, M.J.M. (2009). "New combinations and an overview of Cyathea subg. Hymenophyllopsis (Cyatheaceae)" Phytotaxa 1: 37-42
  4. ^ a b Christenhusz, M.J.M., Zhang, X.C. & Schneider, H. (2011). "A linear sequence of extant families and genera of lycophytes and ferns" Phytotaxa 19: 5-22

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]