Polypodiaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Polypodiaceae
Taksonomi
DivisiPteridophyta
KelasPolypodiopsida
SubkelasPolypodiidae
OrdoPolypodiales
UpaordoPolypodiineae
FamiliPolypodiaceae
J.Presl dan C.Presl, 1822
Tata nama
Sinonim taksonDrynariaceae

Grammitidaceae Gymnogrammitidaceae Loxogrammaceae Platyceriaceae

Pleurisoriopsidaceae

Polypodiaceae merupakan salah satu suku anggota tumbuhan paku (Pteridophyta) yang tergolong sebagai bangsa paku sejati yang terbesar (Polypodiales). Suku yang monofiletik ini merupakan suku dengan anggota jenis yang paling banyak dibandingkan dengan suku-suku tumbuhan paku lainnya, dengan lebih dari 60 marga dan merangkum sekitar 1000 jenis. Sejumlah suku yang biasanya dipisahkan sekarang digabungkan ke dalam suku ini, seperti Drynariaceae, Grammitidaceae, Gymnogrammitidaceae, Loxogrammaceae, Platyceriaceae, dan Pleurisoriopsidaceae.

Anggota-anggotanya kebanyakan epifit, rimpang yang menjalar di tanah atau batang pohon, dengan daun yang lebar dan bentuknya beraneka ragam. Banyak anggotanya yang merupakan tanaman hias taman atau ruangan, seperti Drynaria dan paku tanduk rusa (Platycerium).

Marga anggota[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah marga anggota Polypodiaceae menurut Smith et al. (2006).[1] Daftar ini mungkin tidak lengkap.


  1. ^ Smith, Alan R.; Kathleen M. Pryer; Eric Schuettpelz; Petra Korall; Harald Schneider; Paul G. Wolf (2006). "A classification for extant ferns" (PDF). Taxon. 55 (3): 705–731. doi:10.2307/25065646. JSTOR 25065646.