Princess Agents

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Princess Agents
Princess Agents Poster.jpg
Poster promosi
GenreFiksi sejarah
Aksi
Percintaan
Didasarkan dari11 Chu Tegong Huangfei oleh Xiaoxiang Donger
PengarangJia Wen
Yang Tao
Chen Lan
SutradaraWu Jinyuan
PemeranZhao Liying
Lin Gengxin
Shawn Dou
Li Qin
Negara asalChina
Bahasa asliMandarin
No. episode58 (tanpa potongan), 67 (versi televisi)
Produksi
Produser eksekutifLiu Yingxuan
ProduserMa Zhongjun
Zhao Yifang
Lokasi produksiHengdian, Mongolia Dalam
Durasi45 menit
Rumah produksiCiwen Entertainment
Croton Media
DistributorMitao Media
Rilis
Jaringan penyiarHunan TV
Tanggal tayang asli5 Juni (2017-6-5) –
1 Agustus 2017 (2017-8-1)

Princess Agents (Tionghoa: 特工皇妃楚乔传) merupakan serial televisi Tiongkok 2017. Serial ini terilhami oleh novel 11 Chu Tegong Huangfei (11处特工皇妃) karya Xiaoxiang Donger (潇湘冬儿). Serial ini dibintangi oleh Zhao Liying, Lin Gengxin, Shawn Dou, dan Li Qin. Serial ini ditayangkan di Hunan TV pada 5 Juni hingga 1 Agustus 2017.[1]

Princess Agents menerima kesuksesan luar biasa baik di dalam negeri maupun luar negeri, dan kini merupakan serial Tiongkok yang paling banyak ditonton sepanjang masa, dengan rincian lebih dari 50 miliar kali di situs penjelajah video Tiongkok dan lebih dari 230 juta kali di YouTube.

Alur[sunting | sunting sumber]

Alur serial ini berlatarkan masa-masa kekacauan Wei Utara, ketika rakyat yang tidak berdosa sering diculik dan dijadikan budak, Gadis budak, Chu Qiao (Zhao Liying) ditempatkan ke dalam hutan bersama budak lainnya dan menjadi target perburuan selanjutnya oleh penguasa yang kaya. Dia diselamatkan oleh Pangeran Yan Utara Yan Xun (Shawn Dou). Setelah itu, dia dibawa ke keluarga Yuwen yang berkuasa dan menyaksikan perjuangan keras mereka yang berdarah-darah. Dia melihat apa yang dia saksikan, dan dia bersumpah untuk membebaskan adik perempuannya dan melarikan diri dari keadaan ini. Namun, dia menarik perhatian Yuwen Yue (Lin Gengxin) dan menjalani pelatihan ketat sambil membangun ikatan perkawanan dengan Yan Xun. Sayangnya, karena bangsawan di Wei Barat, keluarga Yan Xun dibantai dan dicap sebagai pengkhianat.

Setelah peristiwa inim Yan Xun menjadi pria yang berambisius dan kejam karena dia berjanji untuk membalas dendam atas keluarganya yang ditinggalkannya. Kemudian, dia mulai meragukan Chu Qiao dan sering mengambil keuntungan dari kesetian Chu Qiao, mengabaikan persahabatan mereka serta pengorbanan yang harus dia ciptakan untuk mendapatkan kekuasaan. Kecewa dengan pria yang dulu dipercayainya, Chu Qiao akhirnya memutuskan hubungannya dengan Yan Xun dan memilih untuk bertarung dengan Yuwen Yue, menghancurkan rencana balas dendam Yan Xun.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran utama[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Zhao Liying[2] Chu Qiao / Jin Xiaoliu / Xing'er Seorang gadis muda yang cerdas, pemberani, dan mudah beradaptasi. Setelah melihat kematian orang-orang yang ia sayangi tanpa bisa melakukan apa-apa, ia memutuskan untuk menghancurkan segala ketidakadilan yang ada di sekitarnya. Identitasnya yang sebenarnya adalah putri dari Luo He, pemilik dari token perintah Feng Yun. Saat kecil ia hampir mati tenggelam dan kehilangan seluruh ingatannya. Kemudian ia dirawat oleh keluarga angkatnya, keluarga Jin; karenanya ia kemudian menjadi budak di Kediaman Yuwen bersama saudara-saudara angkatnya. Yuwen Yue kemudian melatihnya untuk menjadi mata-mata dan mereka berakhir memiliki perasaan untuk satu sama lain. Namun, karena beberapa kesalahpahaman, ia berakhir mengikuti Yan Xun dan membantunya untuk balas dendam. Ia adalah satu-satunya orang yang mempercayai Pasukan Xiuli yang pernah menyebabkan kejatuhan dua kota besar Kerajaan Yan Utara.
Lin Gengxin[3] Yuwen Yue Tuan muda keempat Kediaman Yuwen dan pewaris dari Mata Dewa. Seorang pria yang dingin dan tidak banyak bicara, namun cerdas, tajam, dan terampil dalam bela diri. Dari seorang bangsawan yang sombong yang hanya peduli pada perintah kakeknya dan aturan keluarga yang ketat, ia secara perlahan terpengaruh oleh Chu Qiao dan menjadi pemimpin yang adil dan empatik. Ia juga memegang peranan penting dalam penciptaan dunia baru. Ia mencintai Chu Qiao namun tidak dapat mengejarnya secara terbuka karena perbedaan status mereka, tetapi ia selalu berada di sisi Chu Qiao saat Chu Qiao membutuhkannya.
Shawn Dou[4] Yan Xun Pangeran Kerajaan Yan Utara. Meski terlihat ceria dan bebas, namun ia sebenarnya sangat bijaksana dan berhati-hati dalam segala tingkahnya karena identitasnya sebagai "pangeran tahanan". Ia menyukai Chu Qiao dan menjalin persahabatan yang tulus dengannya. Mereka saling mengandalkan satu sama lain saat kesulitan, membuat hubungan mereka menjadi rumit saat Yan Xun ingin membalaskan dendamnya. Setelah melihat kehancuran seluruh klannya di tangan Kekaisaran Wei, ia menjadikan balas dendam sebagai tujuan utama hidupnya. Ia kemudian berpisah jalan dengan Chu Qiao karena pemikiran mereka yang sudah tidak sejalan.
Li Qin[5] Yuan Chun Putri dari Kerajaan Wei Barat. Ia adalah gadis yang baik, sederhana, dan manja. Ia menyukai Yan Xun. Namun, setelah ditinggalkan di hari pernikahannya, diperkosa oleh prajurit-prajurit Yan Xun saat mengantar mereka pulang, dan dikhianati oleh orang yang paling ia sayangi yang pergi meninggalkannya, ia berubah menjadi gadis yang dingin, pendendam, dan licik.

Pemeran pendukung[sunting | sunting sumber]

Kediaman Yuwen[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Kwok Fung Yuwen Zhuo Pemimpin dari keluarga pertama, kakek dari Yuwen Yue. Ia menjadi lumpuh setelah mengorbankan dirinya untuk orang yang ia cintai saat ia masih muda.
Chin Shih-chieh[6] Yuwen Xi Pemimpin dari keluarga ketiga, kakek dari Yuwen Huai. Seorang pria tua menjijikan yang mengincar para budak-budak muda.
Wang Dong[7] Yuwen Hao Putra dari Yuwen Zhuo.
Wang Yanlin[8] Yuwen Huai Tuan muda dari keluarga ketiga. Ia adalah pria yang jahat dan manipulatif, dan merupakan saingan tebesar Yuwen Yue dalam perebutan kekuatan.
Xing Zhaolin[9] Yue Qi Tangan kanan kepercayaan Yuwen Yue; seorang prajurit yang setia dan hebat yang bertarung bersama Yuwen Yue.
Sun Yi Yue Jiu Pengawal dari Yuwen Yue.
Yuan Quan Yue Shiwu Pengawal dari Yuwen Yue.
Li Ang Zhan Mou Wanita kepercayaan Yuwen Zhuo.
Fu Jia[10] Zhu Shun Pelayan di Kediaman Yuwen. Ia berada dibawah kendali Yuwen Huai dan membantunya menjalankan rencana-rencana jahatnya.
Rain Lau[11] Nyonya Song Kepala pelayan di Kediaman Yuwen. Ia adalah wanita yang kejam dan kasar terhadap Chu Qiao dan budak-budak lainnya.
Cao Xiyue[12] Jin Zhu Pelayan di Kediaman Qing Shan. Ia sebenarnya adalah mata-mata dari Kediaman Hong Shan dan bekerja untuk Yuwen Huai. Ia sering mencari masalah dengan Chu Qiao karena cemburu akan hubungannya dengan Yuwen Yue.
Wang Yu[13] Jin Si Pelayan di Kediaman Qing Shan; teman dekat dari Jin Zhu.
Li Chunyuan Ah Luo Pelayan di Kediaman Qing Shan yang memiliki hubungan baik dengan Chu Qiao.
Liu Yuqi Ying Tao'er Seorang pembunuh yang dikirim oleh Yuwen Huai untuk membunuh Yuwen Yue.
Jiang Yiyi[14] Rambut Keriting Pelayan di Kediaman Yuwen yang dibunuh saat perburuan.

Kerajaan Wei Barat[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan tokoh
Tian Xiaojie[15] Kaisar Wei Kaisar dari Kerajaan Wei. Sifatnya yang tidak dapat mempercayai orang lain dan mudah curiga membuatnya menghancurkan keluarga dan kerajaan Yan Xun.
Sun Ning[16] Selir Wei (Ning'er) Ibu dari Yuan Song dan Yuan Chun. Ia berteman baik dengan Yuwen Zhuo dan sering membantu Yuwen Yue dan Yan Xun.
Jin Kaijie[17] Yuan Qi (Pangeran Mu) Pangeran ketiga Kerajaan Wei.
Jin Jia Yuan Che (Pangeran Xiang) Pangeran ketujuh Kerajaan Wei. Ia dibesarkan oleh Selir Shu dan merupakan teman baik dari Yuwen Yue. Ia dikenal dengan pengalamannya di medan perang.
Niu Junfeng[18] Yuan Song (Pangeran Yu) Pangeran ketigabelas Kerajaan Wei. Ia adalah pria yang periang dan baik hati. Ia menyukai Chu Qiao, meski seluruh rintangan dan keadaan yang dilimpahkan padanya.
Huang Haige Yuan Yang Pangeran keempatbelas Kerajaan Wei. Putra dari Selir Zhao. Ia digunakan sebagai alat politik oleh Yuan Chun.
Ying Lingjie Yuan Hao Pangeran kelimabelas Kerajaan Wei. Putra dari Lan Shuyi.
Nan Sheng Lan Shuyi Seorang wanita yang dikirim oleh Yuwen Huai untuk berada di sisi Kaisar sebagai mata-mata. Ia mengetahui identitas Chu Qiao yang sebenarnya dan dipercayai oleh Luo He untuk menjaga Chu Qiao.
Chen Yuanyuan[19] Jin Xin Selir kaisar.
Zheng Shengli Wei Guang Pemimpin dari keluarga Wei, kakak laki-laki dari Selir Wei.
Jurai[20] Wei Shuyou Tuan muda dari keluarga Wei, putra dari Wei Guang.
Chen Sihan[21] Wei Shuye Tuan muda dari keluarga Wei, sepupu dari Wei Shuyou. Ia memperlakukan Yan Xun sebagai temannya dan memiliki cinta yang bertepuk sebelah tangan terhadap Putri Yuan Chun.
Shi Jiantao Zhao Gui Pemimpin dari keluarga Zhao.
Jin Han[22] Zhao Xifeng Tuan muda dari keluarga Zhao, putra dari Zhao Gui. Ia adalah pria yang manipulatif dan bermuka dua.
Liu Yuan[23] Zhao Dongting Tuan muda dari keluarga Zhao, kakak laki-laki Zhao Xifeng.
Zhang Rui[24] Jing Han Tuan yang kejam.
Lu Yongjun Kasim Wang Kasim pribadi Kaisar.
Yang Liu[25] Cai Wei Pelayan pribadi Yuan Chun.

Kerajaan Yan Utara[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Li Haohan Yan Shicheng Pangeran dari Kerajaan Yan Utara. Ayah dari Yan Xun. Ia adalah saudara angkat dari Kaisar Wei, namun karena sifat curiga Kaisar Wei menyebabkan hubungan mereka menjadi rusak.
Li Ying[26] Bai Sheng Istri dari Yan Shicheng, ibu dari Yan Xun.
Wang Yitong Yan Hongxiao Kakak perempuan dari Yan Xun.
Li Ruojia[27] Zhong Yu Pemimpin dari pasukan Kerajaan Yan Utara. Ia sangat setia terhadap Yan Xun dan membantunya mendapatkan tahta. Ia memiliki perasaan terhadap Wu Daoya.
Wang Zijie[22] Feng Mian Pelayan pribadi Yan Xun.
Hu Chunyoung[28] Cheng Chi Jendral yang berada dibawah Yan Xun. Ia adalah seorang pria yang berhati dingin.
Wei Tianyang Sun He Jendral yang berada dibawah Yan Xun, asisten dari Cheng Chi.
Liu Kenan Ah Jing Bawahan dari Yan Xun.

Kerajaan Liang Selatan[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Deng Lun[29] Xiao Ce Putra mahkota Kerajaan Liang yang kemudian menjadi Kaisar Liang. Ia tampak liar namun sebenarnya tajam dan cerdas. Ia mencintai Chu Qiao tetapi menjaga jarak dengannya untuk kebaikan Chu Qiao dan menjadi teman baiknya yang selalu membantunya saat ia membutuhkan.
Huang Mengying[30] Xiao Yu Putri dari Kerajaan Liang yang juga merupakan mata-mata utama Kerajaan Liang. Ia memiliki tanggung jawab besar untuk melindungi kerajaan dan keluarganya. Ia memiliki perasaan yang rumit terhadap Yuwen Yue yang merupakan teman penanya sekaligus musuh bebuyutannya.
Cao Xinyue Qing Wei Seorang pembunuh mata-mata dari Kerajaan Liang, bawahan dari Xiao Yu.
Zhao Xuanqi Yin Xin Seorang pembunuh mata-mata dari Kerajaan Liang, bawahan dari Xiao Yu. Ia pernah mencoba membunuh Chu Qiao di masa lalu.
Sun Yi[31] Tao Yeji Seorang pembunuh mata-mata dari Kerajaan Liang, bawahan dari Xiao Yu. Ia menyukai Zhao Xifeng.
Lu Qianxi Lu'e Pelayan pribadi Xiao Ce.

Aliansi Han Shan[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Ding Ziling[32] Luo He Ibu kandung dari Chu Qiao. Pemimpin dari aliansi Han Shan, pemilik dari token perintah Feng Yun.
Wang Xinghan[33] Zuo Mancang Seorang mata-mata dari aliansi Han Shan. Ia menyamar menjadi boss sebuah toko pegadaian, namun sebenarnya menjual senjata-senjata mematikan.
Wei Lu Wanita Ular Seorang mata-mata dari aliansi Han Shan. Ia sangat setia terhadap Chu Qiao dan berulang kali menyelamatkannya.
Hou Yansong Dong Fangji Ahli strategi militer Yan Shicheng. Seorang mata-mata dari aliansi Han Shan.
Hu Bing[34] Wu Daoya Seorang sage dari Kerajaan Yan Utara. Teman baik dari Luo He dan mantan ahli strategi militer aliansi Han Shan. Ia kemudian membantu pasukan Kerajaan Yan Utara. Ia memiliki perasaan terhadap Zhong Yu.

Xian Yang[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Huang Jiaqi Xing Xing Seorang gadis yang bertemu dengan Chu Qiao di Xian Yang.
He Yucheng[35] Ouyang Mo / Mo'er Seorang anak yatim piatu yang dibuang oleh keluarga Ouyang dari Xianyang. Ia kemudian diadopsi oleh Yuwen Yue.
Yu Aiqun Ouyang Qian Saudagar terkaya Xianyang.
Dong Chunhui[36] Liang Shaoqing Seorang sarjana yang berteman dengan Chu Qiao di Xianyang.
Yuan Ziyi[37] Meng Feng Seorang pembunuh dari Perkumpulan Kehidupan Lampau yang kemudian menjadi pengikut Yuwen Yue.
Huang Haibing Zhan Ziyu Seorang tokoh yang dihormati di jianghu dan memiliki hubungan dengan Perkumpulan Kehidupan Lampau.
Ma Ximi[38] Xia Chong Seorang pembunuh dari Perkumpulan Kehidupan Lampau yang mirip dengan Chu Qiao. Ia dituduh sebagai pembunuh Luo He, padahal sebenarnya ia adalah orang yang menolong Chu Qiao. Ia kemudian dipenjara oleh Xiao Yu.
Zhang Zhiwei Tian Shoucheng

Keluarga Chu Qiao[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Liu Bao Ayah angkat Chu Qiao (Jin Xiaolu)
Jia Shuyi Ibu angkat Chu Qiao (Jin Xiaolu)
Peng Doudou[39] Jin Zhixiang Kakak perempuan angkat Chu Qiao.
Ding Nan Jin Linxi Kakak laki-laki angkat kelima Chu Qiao.
Miao Miao[40] Jin Xiaoqi Adik perempuan angkat ketujuh Chu Qiao.
Zhu Shengyi[41] Jin Xiaoba Adik perempuan angkat kedelapan Chu Qiao. Ia memiliki perasaan terhadap Yuwen Yue.

Pasukan Xiu Li[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Ruan Shengwen[42] He Xiao Bawahan kepercayaan Chu Qiao. Komandan kedua pasukan Xiuli.
Huang Yi[43] Du Pingan / Du Gouzi Seorang pria biasa-biasa saja yang bergabung dengan pasukan Xiuli. Ia kemudian menjadi pengikut setia Chu Qiao.
Liu Yuhang[44] Ge Qi Pengikut setia Chu Qiao dan prajurit dari pasukan Xiuli.

Bahatu[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Kang Ning[45] Zha Ma Putri Bahatu.
Zhan Yunfeng Zha Lu Pangeran Bahatu. Kakak laki-laki dari Zha Ma.
Zhang Haoran Tu Da Bawahan dari Zha Ma.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Serial ini disutradarai oleh Wu Jinyuan (Chinese Paladin, Beauty's Rival in Palace, Scarlet Heart). Naskahnya ditulis oleh Yang Tao dan Chen Lan, dan dilaporkan membutuhkan waktu 2 tahun pengerjaan. Huang Wen (Tiny Times) bekerja sebagai sutradara gaya, sementara Li Cai (Painted Skin: The Resurrection) bekerja sebagai koordinator pemeran pengganti. Soundtrack originalnya dikomposisi oleh Roc Chen yang juga mengerjakan soundtrack dari film animasi Kung Fu Panda 3.[46][47]

Pengambilan gambar utama dilakukan pada tanggal 30 Mei 2016 di Hengdian Studios dan berakhir pada tanggal 21 November 2016.[48][49] Zhao dilaporkan menurunkan berat badan sekitar 8 kg untuk perannya dalam serial ini.[48] Proses syuting dibuka untuk penggemar dan media yang ingin menonton pada bulan Agustus.[50]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Wang (望, Tatapan)[51]" (Lagu tema pembuka)Liu Chang, Tan XuanTan XuanZhang Bichen & Zhao Liying01:32
2."Xin Zhi Yan (心之焰, Hati yang Terbakar)[52]" (Lagu tema penutup)Lin Qiao, Zhang YingLuo KunG.E.M.02:16
3."Xing Yue (星月, Bintang dan Bulan)[53]" (Lagu tema hubungan Chu Qiao dan Yuwen Yue)Liu Chang, Cao YunTan XuanYisa Yu dan Reno Wang04:33
4."Xue Bu Hui (学不会, Tidak Dapat Mempelajari)" (Lagu tema Chu Qiao)Ni ShanshanLei Li, Tan XuanXiang Xiang04:16
5."Yuan Shang Cao (原上草, Padang Rumput)" (Lagu tema Chu Qiao)Lin QiaoChen XueranLiu Xijun03:20
6."Zui Yuan De Xian Tiao (最远的心跳, Debaran Hati Terjauh)" (Lagu tema Yuwen Yue)Liu ChangTan XuanElvis Wang04:14
7."Yin Wei Yi Ge Ren (因为一个人, Karena Seseorang)" (Lagu tema Yan Xun)Tan Xuan, Cao YunTan XuanZhang Lei05:17
8."Duan Zhi Nian (断执念, Menghentikan Segala Obsesi)" (Lagu tema Yuan Chun)Hua TianqiChen ShimeiHe Jie05:01
9."Dang Wo Men Zhi Sheng Xia Wo (当我们只剩下我, Ketika Hanya Aku yang Tersisa Diantara Kita)" (Lagu tema hubungan Chu Qiao)Duan SisiTan XuanZhang Xianzi04:18

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Juni, serial ini mencapai rating 2.01% dengan pembagian penonton 14.88% menurut rating Rata-Rata Nasional.[54] Hal tersebut memecahkan rekor drama yang ditayangkan bukan di jam tayang utama di hari kerja.[55] Serial ini juga merupakan drama China pertama yang ditonton sebanyak lebih dari 40 miliar kali saat masih tayang.[55] Serial ini juga memperoleh kepopuleran di luar negeri,[56][57][58] dengan Princess Agents memperoleh banyak pujian akan alurnya yang unik dan penampilan para pemainnya yang menakjubkan,[59] serta plot twist yang rumit dan pemandangan lokasi syuting yang indah.[58]

Meski disebut sebagai serial yang sukses dan memperoleh banyak review positif, serial ini tidak lepas dari berbagai kritikan terkait dengan kualitas produksinya - seperti penggunaan photoshop/layar hijau yang kurang tepat, palet yang terlalu terang, dan pengisi suara yang tidak konsisten.[60] Alurnya juga dikritik dengan berbagai alasan - seperti karakter utama wanita yang lagi-lagi merupakan "mary-sue" dengan karakter yang kuat dan mandiri, serta alur dan karakter pendukung tidak penting yang membuat alurnya menjadi tidak konsisten dan bertele-tele.[61] Sebagai tambahan, ada kontroversi tentang fokus yang berlebihan terhadap kisah pemeran utama pria kedua, yang membuat beberapa penonton menyebut serial ini "kisah balas dendam Yan Xun" sebagai sarkasme. Selain itu, serial ini juga dikritik karena akhirnya yang menggantung.

Rating[sunting | sunting sumber]

Episode # Tanggal tayang original Rata-rata pembagian penonton (CSM52) Rata-rata pembagian penonton (Rata-Rata Nasional) Ranking di jam tayangnya
Rating Pembagian penonton Rating Pembagian penonton
1-2 4 Juni 2017 0.841 5.526% 0.89% 7.27% 1
3-4 6 Juni 2017 0.937 6.430% 1.01 8.46% 1
5-6 7 Juni 2017 1.120 7.424% 1.35 10.27% 1
7-8 8 Juni 2017 1.273 8.354% 1.40 11.30% 1
9-10 12 Juni 2017 1.193 8.049% 1.15 9.680% 1
11-12 13 Juni 2017 1.400 8.139% 1.30 9.62% 1
13-14 14 Juni 2017 1.480 9.691% 1.36 11.13% 1
15-16 15 Juni 2017 1.233 7.957% 1.41 10.97% 1
17-18 19 Juni 2017 1.299 8.387% 1.28 10.09% 1
19-20 20 Juni 2017 1.246 7.930% 1.34 10.38% 1
21-22 21 Juni 2017 1.455 9.284% 1.60 12.63% 1
23-24 22 Juni 2017 1.584 9.793% 1.71 12.80% 1
25-26 26 Juni 2017 1.705 10.424% 2.01 14.88% 1
27-28 27 Juni 2017 1.815 10.922% 2.07 15.05% 1
29-30 28 Juni 2017 1.899 11.547% 2.05 14.78% 1
31-32 29 Juni 2017 2.125 12.556% 2.28 15.33% 1
33-34 3 Juli 2017 1.892 11.272% 1.94 13.66% 1
35-36 4 Juli 2017 1.785 10.560% 2.28 15.65% 1
37-38 5 Juli 2017 2.005 12.338% 2.24 15.84% 1
39-40 6 Juli 2017 1.936 11.488% 2.48 15.33% 1
41-42 10 Juli 2017 1.999 11.854% 2.09 14.52% 1
43-44 11 Juli 2017 2.236 13.051% 2.36 16.51% 1
45-46 12 Juli 2017 2.289 13.936% 2.82 18.99% 1
47-48 13 Juli 2017 2.193 12.993 2.86 19.29% 1
49-50 17 Juli 2017 2.277 13.312% 2.70 18.19% 1
51-52 18 Juli 2017 2.232 12.638% 2.71 18.04% 1
53-54 19 Juli 2017 2.525 14.644% 2.78 19.11% 1
55-56 20 Juli 2017 2.358 13.743% 2.68 17.83% 1
57-58 24 Juli 2017 2.137 12.441% 2.52 17.44% 1
59-60 25 Juli 2017 2.101 12.117% 2.55 17.56% 1
61-62 26 Juli 2017 2.199 13.585% 2.57 18.11% 1
63-64 27 Juli 2017 2.16 12.54% 2.86 19.12% 1
65 30 Juli 2017 0.794 7.250% 0.93 10.26% 1
66 31 Juli 2017 1.760 17.694% 1.64 19.28% 1
67 1 Agustus 2017 1.841 16.964% 1.88 20.58% 1
68 2 Agustus 2017 0.941 1.964% 0.18 10.58% 1
Rata-rata 1.741 10.84% 1.97 14.62% 1

Note: Seminggu sebelum serial ini selesai tayang, Hunan TV mengganti jadwal tayangnya menjadi hari Minggu-Selasa pukul 23:00 CST untuk mempromosikan drama mereka yang akan segera tayang di jam tayang Princess Agents. Hal itu sangat mempengaruhi rating serial ini karena penonton tidak tahu akan pemindahan jam tayang rersebut dan Princess Agents baru tayang 1 jam setelah jam tayang mereka biasanya.

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Yang dinominasikan Hasil Ref.
2017 Weibo TV Impact Festival Drama of the Year Princess Agents Menang [62]
The First Annual Asian-American TV & Film Festival Golden Oak Award Serial TV Terbaik Menang [63]
8th Macau International Television Festival Aktris Terbaik Zhao Liying Nominasi [64]
11th Tencent Video Star Awards Television Actress of the Year Menang [65]
Aktor Terpopuler Lin Gengxin Menang [66]

Tuduhan plagiat[sunting | sunting sumber]

Sumber adaptasi serial ini, novel 11 Chu Te Gong Huang Fei (11处特工皇妃) dituduh telah memplagiat beberapa novel termasuk Hu Zhu Fu Ren (斛珠夫人) oleh Xiao Ruqin, Jiu Zhou Piao Miao Lu (九州缥缈录) oleh Jiang Nan, Kun Lun (昆仑) oleh Feng Ge, dsb. Pada bulan Agustus 2015, author novel tersebut, Xia Xiang Dong'er, mengakui tuduhan plagiat tersebut.[67] Dalam pernyataannya, ia berjanji untuk memberikan versi "bersih" dimana seluruh bagian plagiat akan dihapuskan sehingga hasil adaptasi serial TV novel tersebut tidak akan terkena hak cipta dari author-author novel originalnya. Ketika serial ini pertama kali dirilis pada bulan Juni 2017, para author original dari novel yang diplagiat menuding bahwa serial ini masih berisi alur-alur dan kalimat-kalimat yang diplagiat dari karya mereka. Xiao Ruqin, author dari Hu Zhu Fu Ren (斛珠夫人), memposting di Weibonya bahwa ia akan mengambil tindakan hukum untuk melindungi hak cipta karya mereka.[68][69]

Penayangan internasional[sunting | sunting sumber]

Negara Saluran TV Tanggal tayang
Bendera Republik Rakyat Tiongkok China Hunan TV, iQiyi 5 Juni 2017
Bendera Malaysia Malaysia Astro Quan Jia HD 7 September 2017
Bendera Singapura Singapore CHK 2 Oktober 2017
Bendera Thailand Thailand Channel 9 MCOT HD 9 Desember 2017
Bendera Meksiko Mexico Imagen Televisión 11 November 2018
Bendera Peru Peru Panamericana Televisión 2019

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "赵丽颖披露其主演新作《特工皇妃楚乔传》暑期档播出". NetEase (dalam bahasa Tionghoa). March 31, 2017. 
  2. ^ "《楚乔传》赵丽颖突破世俗 楚乔精神实现自我". Sina (dalam bahasa Mandarin). 5 Juli 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  3. ^ "林更新《楚乔传》命运多舛 宇文玥大结局成谜". Netease (dalam bahasa Mandarin). 31 Juli 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  4. ^ "窦骁《楚乔传》热播 燕洵世子被赞暖如初恋". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 15 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  5. ^ "李沁获封凄美少女 《楚乔传》"恨"比"善"难演". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 27 Mei 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  6. ^ "《楚乔传》赵丽颖身世之谜仍未解开 金士杰将被KO". Sina (dalam bahasa Mandarin). 20 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  7. ^ "王东《楚乔传》饰演宇文昊 颜值爆表霸气尽显". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 2 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  8. ^ "《楚乔传》宇文怀遭怒骂 王彦霖演反派压力大". Sina (dalam bahasa Mandarin). 28 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  9. ^ "邢昭林《楚乔传》杀青 果敢机智盛世功臣". Sina (dalam bahasa Mandarin). 31 Oktober 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  10. ^ "《楚乔传》大管家朱顺圈粉 傅迦神演技征服观众". Hubei News (dalam bahasa Mandarin). 2 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  11. ^ "《楚乔传》开播 刘玉翠"暴戾"亮相霸气回归". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 6 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  12. ^ "《楚乔传》热播 曹曦月惊艳亮相"十撕"赵丽颖". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 6 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  13. ^ "《楚乔传》热播 王嵛刁蛮可爱成最萌反派". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 12 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  14. ^ "蒋依依《楚乔传》化身小女奴 燃赵丽颖复仇之火". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 5 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  15. ^ "《楚乔传》热播 田小洁首触古装"身受其苦"". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 16 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  16. ^ "《楚乔传》孙宁搭档赵丽颖林更新饰王妃". Sina (dalam bahasa Mandarin). 29 Juli 2018. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  17. ^ "金楷杰《特工皇妃》杀青 实战对垒赵丽颖". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 2 November 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  18. ^ "牛骏峰加盟《楚乔传》 搭档赵丽颖林更新". Sohu (dalam bahasa Mandarin). 31 Mei 2018. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  19. ^ "《特工皇妃楚乔传》开播 陈圆媛青素容颜美貌惊人". Eastday (dalam bahasa Mandarin). 8 Juni 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-17. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  20. ^ "《楚乔传》大反派做客搜悦:原来他是这样的魏舒游!". Netease (dalam bahasa Mandarin). 7 Juli 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  21. ^ "《楚乔传》热播 陈思瀚携手长安五俊登场". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 6 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  22. ^ a b "金瀚王子桀专访:《楚乔传》中"坏蛋"和"忠犬"的日常". Netease (dalam bahasa Mandarin). 20 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  23. ^ "《楚乔传》热播 赵东亭狷狂残暴新人刘源演技获赞". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 17 Juli 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  24. ^ "《楚乔传》收官在即 热血将军张瑞神助攻林更新". People's Daily (dalam bahasa Mandarin). 1 Agustus 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  25. ^ "《特工皇妃楚乔传》杨柳演技突破备受期待". Netease (dalam bahasa Mandarin). 15 November 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  26. ^ "李颖《楚乔传》爆红的幕后故事 是一场催泪大戏". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 5 Juli 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  27. ^ "李若嘉《楚乔传》饰仲羽 智勇双全助力窦骁". Netease (dalam bahasa Mandarin). 14 Oktober 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  28. ^ "《楚乔传》热播 胡春勇不择手段报国仇". Netease (dalam bahasa Mandarin). 24 Juli 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  29. ^ "邓伦《楚乔传》重新上线 有一种爱叫萧策爱楚乔". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 7 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  30. ^ "《楚乔传》今晚开播 黄梦莹心怀家国为信仰而战". Netease (dalam bahasa Mandarin). 5 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  31. ^ "孙铱友情出演《楚乔传》:角色无论大小". Sina (dalam bahasa Mandarin). 18 Juli 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  32. ^ "女人背后的女人 《楚乔传》丁子玲神秘身份曝光". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 20 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  33. ^ "王星瀚出演"特工皇妃楚乔传""莽荒纪"造型百变". Netease (dalam bahasa Mandarin). 14 Maret 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  34. ^ "《逆袭》《楚乔》热播 胡兵化身娱乐圈一代宗师". Qianlong (dalam bahasa Mandarin). 7 Juli 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  35. ^ "《楚乔传》热播 最小龄的演员何宇成即将登场". Netease (dalam bahasa Mandarin). 9 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  36. ^ "董春辉《楚乔传》热播 暖萌 "逗趣书生"将上线". Netease (dalam bahasa Mandarin). 28 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  37. ^ "楚乔传》开播引关注 苑子艺饰杀手英气逼人". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 21 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  38. ^ "《胭脂》收官马熙米赵丽颖再合作《楚乔传》". Sohu (dalam bahasa Mandarin). 25 Oktober 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  39. ^ "《楚乔传》定档发布会 彭豆豆感谢"楚乔"照顾". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 27 Mei 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  40. ^ "《楚乔传》开机 苗苗加盟饰演谍者小七". Sina (dalam bahasa Mandarin). 31 Mei 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  41. ^ "《楚乔传》开机宴 朱圣祎林更新同台". Sina (dalam bahasa Mandarin). 30 Mei 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  42. ^ "从死对头到同盟军 《楚乔传》阮圣文赵丽颖再合作". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 12 Juli 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  43. ^ "《楚乔传》初见"杜平安"黄毅与楚乔结缘". Netease (dalam bahasa Mandarin). 24 Juli 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  44. ^ "《楚乔传》葛奇上线 刘宇航化身热血战士". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 6 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  45. ^ "《楚乔传》扎玛上线 康宁英姿飒爽塑造最美骑士". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 3 Juli 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  46. ^ "《楚乔传》曝动态海报 赵丽颖林更新集结". Sina (dalam bahasa Mandarin). 3 Mei 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  47. ^ "《楚乔传》编剧:赵丽颖出人意料 王彦霖加分". People's Daily (dalam bahasa Mandarin). 1 Agustus 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  48. ^ a b "《特工皇妃楚乔传》开机 赵丽颖为剧瘦8斤". Sina (dalam bahasa Mandarin). 30 Mei 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  49. ^ "赵丽颖《特工皇妃楚乔传》杀青 "楚乔精神"获赞". Xinhua News Agency (dalam bahasa Mandarin). 1 November 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-13. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  50. ^ "《特工皇妃》探班 赵丽颖:我有点女权主义". Sina (dalam bahasa Mandarin). 25 Agustus 2016. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  51. ^ "《楚乔传》音乐全记录首发 歌曲《望》节奏激昂". Sina (dalam bahasa Mandarin). 16 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  52. ^ "邓紫棋新曲《心之焰》将上线 下足功夫准备诚意足". Sina (dalam bahasa Mandarin). 1 Juni 2018. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  53. ^ "王铮亮、郁可唯深情告白《星月》之上守护爱的信仰". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 13 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  54. ^ "Princess Agents Ratings". Weibo (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 27 Juni 2017. 
  55. ^ a b "《楚乔传》圆满收官 大结局再创"现象级"奇迹". Tencent (dalam bahasa Mandarin). 2 Agustus 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  56. ^ "Chinese TV dramas appealing to an international audience". Shanghai Daily (dalam bahasa Inggris). 26 Agustus 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  57. ^ "Chinese TV series 'Princess Agents' wins popularity overseas". China.org.cn (dalam bahasa Inggris). 19 Agustus 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  58. ^ a b "A crown jewel". China Daily (dalam bahasa Inggris). 17 Agustus 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  59. ^ "Chinese TV creates wave of foreign fans". China Daily (dalam bahasa Inggris). 13 Julo 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  60. ^ "《楚乔传》:抠图可气 开挂的女主霸屏可怕". NetEase (dalam bahasa Mandarin). 17 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  61. ^ "评:国产IP剧的毛病,《楚乔传》一样不落". Sina (dalam bahasa Mandarin). 9 Juni 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  62. ^ "《楚乔传》夺得 "年度剧王"". Sina (dalam bahasa Mandarin). 30 September 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  63. ^ "FIVE STELLAR MOMENTS AT THE 1ST ANNUAL GOLDEN OAK AWARDS IN NEW YORK". HelloAsia (dalam bahasa Inggris). 17 November 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  64. ^ "2017第八届澳门国际电视节奖项提名". Weibo (dalam bahasa Mandarin). Macau International Television Festival. 11 Desember 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  65. ^ "赵丽颖俏皮回应奖杯分量:手臂一紧幸好练过". Sina (dalam bahasa Mandarin). 12 Desember 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  66. ^ "林更新朋克皮衣帅气亮相 获封"最具人气电视剧男演员" (dalam bahasa Mandarin). 12 Desember 2017. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  67. ^ 潇湘冬儿 (5 Agustus 2015). "潇湘冬儿公告 关于《暴君,我来自军情9处》《11处特工皇妃》涉嫌抄袭的公告". Weibo (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  68. ^ 萧如瑟 (3 Juni 2017). "萧如瑟微博 法律程序正在进行". Weibo (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  69. ^ 萧如瑟 (4 Juni 2017). "萧如瑟微博 给《特工皇妃楚乔传》电视剧各家出品方的律师函,今日已经发出。". Weibo (dalam bahasa Mandarin). Diakses tanggal 3 Januari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]