Presidium Partai Komunis Uni Soviet XXII

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ketua Presidium
Khrushchev mengepalai Presidium dari 1955 sampai 1964.
Brezhnev menggantikan Khrushchev pada 1964, dan mengetuai Presidium sampai 1982.

Anggota anggota Presidium Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet adalah seorang anggota nomenklatura, kelas pemerintahan de facto di negara tersebut.[1] Nikita Khrushchev mengetuai Presidium tersebut dari 1955 sampai 1964; Leonid Brezhnev menggantikannya pada tahun tersebut dan mengetuainya sampai 1982.[2] Meskipun demikian, para anggota penuh dan kandidat dari Presidium tersebut tak dapat memberikan suara pada sesi-sesi Presidium.[3] Biasanya, anggota penuh Presidium sebelumnya menjabat sebagai anggota kandidat, tetapi tidak selalu demikian.[4] Sepanjang masa jabatan, 23 orang menduduki kursi di Presidium" 14 anggota penuh dan 9 anggota kandidat. Satu anggota kandidat dipromosikan ke keanggotaan penuh di Presidium pada masa jabatan tersebut. Tidak ada seorang anggota Presidium tunggal yang meninggal pada periode ini saat masih menjabat.

Menurut sovietologis Merle Fainsod dan Jerry F. Hough, Komite Pusat dipilih di Kongres Partai ke-22 (17–31 Oktober 1961).[5] Komite Pusat ke-22 kemudian memilih Politbiro.[5] Brezhnev, Ketua Presidium Soviet Tertinggi, dianggap sebagai alternatif untuk Kozlov sebagai Sekretaris Tingkat Dua, tetapi malah dijadikan Sekretaris Tingkat Tiga, sekretaris yang bertanggung jawab untuk industri. Pada 1963, untuk alasan yang tak diketahui, mungkin alasan kesehatan, Brezhnev mengambil alih tugas-tugas Kozlov di Sekretariat, dan menjadi Sekretaris Tingkat Dua de facto. Saat seorang jurnalis Barat bertanya kepada Khrushchev pada 1963 tentang siapa yang akan menggantikannya, Khrushchev menyebut nama "Brezhnev".[6] Setelah sebuah perjuangan kekuasaan, Khrushchev digulingkan dari kekuasaan,[7] dan kepemimpinan kolektif pimpinan Brezhnev, Kosygin, Podgorny,[8] Mikhail Suslov[9] dan Andrei Kirilenko[10] dibentuk.

Pada bulan-bulan setelah penggulingan Khrushchev, tiga anggota terpilih pada Presidium: Alexander Shelepin, Ketua Komisi Kontrol Negara; Petro Shelest, Sekretaris Pertama Partai Komunis Ukraina; dan Kirill Mazurov, Deputi Ketua Tingkat Satu Dewan Menteri.[11] Meskipun Brezhnev menjadi Sekjen, ia tak memiliki suara mayoritas di Presidium; saat Kosygin dan Podgorny menyepakati kebijakan, yang sering kali tak menjadi kasus, Brezhnev menemukan dirinya sendiri mendapatkan suara minoritas. Brezhnev hanya mendapatkan tiga per empat suara di Presidium: Suslov, yang sering berubah keterpihakan, Kirilenko, Pelše dan Dmitry Polyansky.[12] Brezhnev dan Kosygin sering tak menyepakati kebijakan; Brezhnev merupakan seorang konservatif sementara Kosygin merupakan seorang reformer. Kosygin, yang memulai jabatan perdana menterinya setara Brezhnev, kehilangan banyak kekuatan dan pengaruh dalam Presidium tersebut saat ia memperkenalkan reformasi ekonomi Soviet 1965–1971.[13]

Presidium ke-22 (1961–1966)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Umum
Daftar anggota penuh dan kandidat dari Presidium tersebut diambil dari sumber-sumber berikut ini:

  • Fainsod; Hough (1979). How the Soviet Union Is Governed. hlm. 230–231. 
  • Fainsod & Hough (1979). How the Soviet Union Is Governed. hlm. 239–240. 

Spesifik

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]