Mikhail Suslov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mikhail Suslov
Михаил Суслов
Kepala Bagian Hubungan dengan Partai Komunis Luar Negeri Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet
Masa jabatan
16 April 1953 – 1954
Didahului oleh Vahan Grigoryan
Digantikan oleh Boris Ponomarev
Masa jabatan
13 April 1946 – 12 Maret 1949
Didahului oleh Georgiy Dimitrov
Digantikan oleh Vahan Grigoryan
Kepala Redaksi Pravda
Masa jabatan
1949 – 1950
Didahului oleh Pyotr Pospelov
Digantikan oleh Leonid Ilichev
Kepala Bagian Propaganda Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet
Masa jabatan
20 Juli 1949 – 27 Oktober 1952
Didahului oleh Dmitriy Shepilov
Digantikan oleh Nikolay Mikhailov
Kepala Bagian Agitasi dan Propaganda Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet
Masa jabatan
17 September 1947 – 10 Juli 1948
Didahului oleh Georgiy Aleksandrov
Digantikan oleh Jabatan dihapus
(disatukan menjadi Bagian Propaganda)
Sekretaris Pertama Komite Wilayah Stavropol Partai Komunis Se-Uni Soviet (Bolshevik)
Masa jabatan
1939 – November 1944
Didahului oleh Dmitriy Goncharov
Digantikan oleh Aleksandr Orlov
Informasi pribadi
Lahir Mikhail Andreyevich Suslov
21 November 1902
Shakhovskoye, Kekaisaran Rusia
Meninggal 25 Januari 1982 (umur 79)
Moskwa, RSFS Rusia, Uni Soviet
Dimakamkan Nekropolis Tembok Kremlin
Kewarganegaraan  Kekaisaran Rusia
 Uni Soviet
Kebangsaan Rusia
Partai politik Partai Komunis Uni Soviet
Suami/istri Yelizaveta Aleksandrovna Suslova
Anak Revolii (1929)
Maya (1939)
Tempat tinggal Prospekt Kutuzovsky
Alma mater Universitas Ilmu Ekonomi Rusia Plekhanov
Institut Profesor Merah
Profesi Dosen, pegawai negeri, ekonom
Dinas militer
Penghargaan Hero of Socialist Labor medal.png Hero of Socialist Labor medal.png
Order of Lenin ribbon bar.png Order of Lenin ribbon bar.png Order of Lenin ribbon bar.png Order of Lenin ribbon bar.png
Order of Lenin ribbon bar.png Order october revolution rib.png Order gpw1 rib.png 100 lenin rib.png

Mikhail Andreyevich Suslov (bahasa Rusia: Михаи́л Андре́евич Су́слов; 21 November [K.J.: 8 November] 1902–25 Januari 1982) adalah negarawan Uni Soviet pada masa Perang Dingin. Ia menjabat sebagai Sekretaris Kedua Partai Komunis Uni Soviet sejak 1965, lalu secara tak resmi pemimpin ideologi partai hingga kematiannya pada tahun 1982. Suslov bertanggung jawab atas jalannya demokrasi dan pemisahan kekuasaan di tubuh partai. Sikapnya yang kolot terhadap perubahan membuatnya dianggap sebagai salah satu pemimpin Soviet yang paling antireformasi.

Suslov lahir di kawasan perdesaan Rusia pada tahun 1902. Ia menjadi anggota Partai Komunis pada tahun 1921, lalu belajar ilmu ekonomi sepanjang tahun 1920-an. Pada tahun 1931, ia keluar dari pekerjaannya sebagai dosen karena ingin fokus masuk dunia politik. Ia menjadi salah satu politikus Soviet yang terlibat dalam program pembersihan massal di bawah kepemimpinan Stalin. Kecakapannya berhasil memukau para pejabat tinggi Soviet sehingga ia terpilih sebagai Sekretaris Pertama Partai Komunis Krai Stavropol. Saat Perang Patriotik Raya meletus, Suslov memimpin gerakan gerilya di Stavropol. Seusai perang, ia menjadi anggota Orgbiro Komite Pusat pada tahun 1946, lalu Politbiro empat tahun kemudian.

Suslov kehilangan banyak pengaruh pasca-perombakan kepemimpinan Soviet sepeninggal Stalin. Akan tetapi, pada akhir tahun 1950-an, ia muncul sebagai pemimpin oposisi terhadap Khrushchev yang dianggap revisionis. Setelah Khrushchev didepak tahun 1964, Suslov mendukung pembentukan kepemimpinan bersama. Ia juga mendukung proses demokrasi di dalam partai dan menolak pola kepemimpinan tunggal seperti pada era Stalin dan Khrushchev. Pada era Brezhnev, ia dianggap sebagai pemimpin ideologi sekaligus orang terkuat kedua Partai Komunis. Kematiannya yang mendadak pada tanggal 25 Januari 1982 dianggap memicu perebutan kekuasaan menggantikan kedudukan Brezhnev, yang kala itu sudah sakit-sakitan, sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Suslov lahir di Shakhovskoye, sebuah kawasan perdesaan di Distrik Pavlovsky, Oblast Ulyanovsk, Kekaisaran Rusia, pada tahun 1902. Ia mulai bekerja di organisasi Komsomol cabang Saratov tahun 1918 hingga akhirnya menjadi anggota Komite Pengentasan Kemiskinan. Berselang tiga tahun kemudian, ia masuk Partai Komunis Rusia (Bolshevik). Setelah lulus dari rabfak, ia belajar ilmu ekonomi di Universitas Ilmu Ekonomi Rusia Plekhanov mulai 1924 hingga lulus tahun 1928. Selanjutnya, pada musim panas 1928, ia menerima beasiswa penelitian dalam ilmu ekonomi di Institut Profesor Merah serta mengajar di Universitas Negeri Moskwa dan Akademi Industri.[1][2]

Pada tahun 1931, ia berhenti mengajar karena ingin fokus terjun di dunia politik. Ia menjadi pengawas di Komisi Pengawasan Pusat Partai Komunis dan Komisariat Rakyat Inspektorat Buruh dan Tani dengan tugas memberi putusan terhadap "perkara pribadi", pelanggaran disiplin, dan banding atas pemecatan dari keanggotaan partai.[1] Pada tahun 1933 dan 1934, ia memimpin komisi yang bertanggung jawab atas pembersihan massal anggota partai di Ural dan Chernigov dengan organisator Lazar Kaganovich yang kala itu menjabat sebagai Ketua Komisi Pengawasan Pusat. Penulis Yuri Druzhnikov berpendapat bahwa Suslov ikut serta merencanakan beberapa pengadilan terbuka,[3] dan pemecatan para anggota partai yang dianggap melenceng dari garis partai, maksudnya para pengikut Trotsky, Zinoviev, dan penyimpang sayap kiri lainnya.[1] Atas perintah Stalin, ia juga melakukan pembersihan massal di Rostov pada tahun 1938.[4] Setahun kemudian, ia diangkat sebagai Sekretaris Pertama Partai Komunis Krai Stavropol.[2]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Suslov dianugerahi beberapa gelar dan medali sepanjang hidupnya, antara lain dua penghargaan Pahlawan Buruh Sosialis, lima Orde Lenin, satu Orde Revolusi Oktober, dan satu Orde Perang Patriotik tingkat satu. Akademi Ilmu Pengetahuan Uni Soviet menganugerahinya Medali Emas Karl Marx. Ia juga dianugerahi penghargaan tertinggi negara oleh Republik Demokratik Jerman, Republik Rakyat Mongolia, dan Republik Sosialis Cekoslowakia.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Suslov menikah dengan Yelizaveta Aleksandrovna (19031972) yang bekerja sebagai Direktur Institut Stomatologi Moskwa. Yelizaveta menderita berbagai penyakit dalam, terutama diabetes, tetapi ia mengabaikan anjuran dokter. Bernard Lown, dokter kenamaan asal Amerika Serikat kelahiran Lituania, pernah diminta memeriksa Yelizaveta di Rumah Sakit Kremlin, suatu peristiwa yang cukup langka karena jarang ada dokter asing yang diundang ke Uni Soviet. Suslov memuji keahlian Lown tanpa mau bertemu muka dengannya karena dianggap sebagai perwakilan "negara imperialis".[5] Suslov dikaruniai dua anak dari pernikahan tersebut, yaitu Revolii (lahir tahun 1929) dan Maya (lahir tahun 1939).[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Уфаркиным, Николаем Васильевичем (Ufarkinym, Nikolay Vasilyevich). Суслов, Михаил Андреевич [Suslov, Mikhail Andreyevich] (dalam bahasa bahasa Rusia). WarHeroes.ru. Diakses tanggal 15 Februari 2011. 
  2. ^ a b Law 1975, hlm. 224.
  3. ^ Druzhnikov, Yuri (1997). Informer 001: The Myth of Pavlik Morozov. Transaction Publishers. p. 62. ISBN 978-1-56000-283-3. 
  4. ^ Montefiore 2005, hlm. 642n.
  5. ^ Zyankovich, Mikalai Alyaksandravich; Zenkovich, Nicholas (2005). Самые секретные родственники [Keluarga Paling Tersembunyi]. Olma Media Group. p. 416. ISBN 978-5-94850-408-7. 
  6. ^ Petroff 1988, hlm. 73.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]