Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19 merupakan prangko khusus yang diterbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada Jumat tanggal 26 Februari 2021 dan sampul hari pertama ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.[1] Peluncuran prangko tersebut bersamaan dengan peluncuran Program Konektivitas Digital 2021. Dalam acara tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan dihadiri pula kepala daerah secara virtual. Peluncuran prangko tersebut sesuai Undang-Undang yang melibatkan PT Pos Indonesia bersama Kemenkominfo, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), dan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).[2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19 ini terdapat dua pilihan warna dasar yaitu biru dan merah. Prangko tersebut bergambar Jokowi memakai masker dan kemeja putih sedang menyingsingkan lengan baju ketika disuntik perdana vaksin jenis Sinovac dosis pertama kali tanggal 13 Januari 2021 oleh Profesor Abdul Muthalib. Di dalamnya terdapat tulisan Vaksinasi Covid-19 dengan ukuran huruf besar dan di bawahnya terdapat tulisan tanda pagar Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit dengan ukuran huruf lebih kecil di prangko berwarna biru dan tulisan tanda pagar Vaksinasi Aman Dan Halal di prangko warna merah. Kemudian di bagian bawah terdapat angka 5000 dan Bendera Merah Putih, dan kata Indonesia di sisi samping kanan dengan posisi vertikal. Di bagian atas kanan terdapat angka 2021.

Prangko berukuran 41,60 x 25,31 mm dicetak dalam komposisi 14 keping (7 set) prangko dalam satu lembaran utuh (full sheet), dicetak sebanyak 70.000 set. Desain prangko dibuat oleh PT Pos Indonesia. Prangko juga dilengkapi dengan fitur augmented reality untuk melihat penampakan lebih detail dan barcode untuk tracing dan tracking.[3] Penggunaan fitur ini rencana akan tetap digunakan dalam penerbitan prangko selanjutnya dan dilakukan secara digital.

Sampul Hari Pertama[sunting | sunting sumber]

Sampul Hari Pertama didominasi warna merah dan putih, pada latar belakang terdapat gambar masker berwarna merah di bagian atas dan putih di bagian bawah. Kemudian terdapat gambar siluet putih tenaga kesehatan yang sedang membawa jarum suntik dan vial. Di bagian kiri bawah terdapat tulisan Vaksinasi Covid-19 dan tanggal penerbitan 26 Februari 2021. Di bagian kanan atas terdapat sepasang set prangko (prangko berlatar warna biru dan merah) yang diberi stempel pos khusus Hari Terbit Pertama dan tanggal penerbitan.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Peluncuran Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19 merupakan sebagai bentuk representasi Indonesia dalam menjalankan program vaksinasi nasional. Pemerintah menggunakan prangko ini karena dinilai mampu menjadi media edukasi dan informasi bagi masyarakat untuk turut serta menyukseskan Program Vaksinasi Covid-19 Nasional sehingga tercipta herd immunity. Sebelumnya, Pemerintah juga telah meluncurkan Prangko Seri Bersatu Melawan Covid-19 yang diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin pada Agustus 2020.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kemenkominfo Luncurkan Prangko Khusus, Tandai Kesiapan Perangi Covid-19 - Intisari". intisari.grid.id. Diakses tanggal 2021-08-03. 
  2. ^ Liputan6.com (2021-02-26). "Presiden Jokowi Tanda Tangani Prangko Perdana Seri Gerakan Vaksinasi Nasional". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-08-03. 
  3. ^ Suprianto, Muslih (2021-03-01). "WOW Fitur Augmented Reality Pada Prangko Seri Vaksinasi Nasional Covid-19 - DeskJabar". deskjabar.pikiran-rakyat.com. Diakses tanggal 2021-08-04. 
  4. ^ "Prangko Seri Presiden dan Penanggulangan Covid Diluncurkan". Republika Online. 2020-08-19. Diakses tanggal 2021-08-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]