Halaman yang dilindungi semi

Pranala balik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pranala balik, juga dikenal sebagai link masuk, inbound link, inlink, dan backlink, adalah link pada suatu situs web yang mengarah menuju ke situs web atau halaman web lainnya.[1] Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.[2]

Sebelum munculnya mesin pencari, inbound link awalnya penting sebagai dasar untuk navigasi web. Sekarang ini, link-link tersebut penting sebagai bagian dari peringkat search engine optimization (SEO). Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas atau pentingnya website atau halaman (misalnya, ini digunakan oleh Google untuk menentukan PageRank dari halaman web). Di luar SEO, Backlink halaman web mungkin kepentingan pribadi, budaya atau semantik signifikan: mereka menunjukkan siapa yang membuat perhatian ke halaman tersebut.

Jenis-jenis Pranala Balik

Berdasarkan jenisnya, pranala balik atau backlink memiliki dua jenis yang umum dikenal, yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow.

1. Dofollow

Dofollow adalah backlink tautan yang ketika diklik menuju website tersebut dan bernilai di mata Google. Dalam segi SEO, tautan jenis inilah yang dinilai bagus dan baik untuk mesin pencari terutama Google.[3]

2. Nofollow

Nofollow adalah backlink tautan yang ketika diklik menuju website tersebut bisa dibuka, tapi bernilai mati di mata Google. Backlink ini tidak akan merayapi jika ada outbound link yang terdapat pada sebuah website.

Peringkat Mesin Pencari

Mesin pencari sering menggunakan jumlah pranala balik yang memiliki sebuah situs web sebagai salah satu faktor terpenting untuk menentukan bahwa situs web mesin pencari peringkat, popularitas dan penting. Deskripsi Google PageRank sistem mereka, misalnya, catatan bahwa Google menafsirkan sebuah link dari halaman A ke halaman B sebagai suara, oleh halaman A, untuk halaman B pengetahuan tentang bentuk peringkat mesin pencari telah memicu sebagian dari industri SEO sering disebut linkspam, di mana sebuah perusahaan berusaha untuk menempatkan sebanyak inbound link sebanyak mungkin untuk situs mereka tanpa konteks situs awal.[4]

Website sering menggunakan berbagai mesin pencari optimasi teknik untuk meningkatkan jumlah pranala balik yang menunjuk ke situs web mereka. Beberapa metode gratis untuk digunakan oleh semua orang sedangkan beberapa metode, seperti linkbaiting, memerlukan sedikit perencanaan dan pemasaran untuk bekerja. Beberapa situs web tersandung pada "linkbaiting" secara alami; situs yang pertama dengan sebuah berita menarik 'Berita' tentang seorang selebriti adalah contoh yang baik itu. Ketika terjadi "linkbait", banyak situs akan link ke website 'memancing' karena ada informasi di sana yang ekstrem menarik sejumlah besar orang.

Ada beberapa faktor yang menentukan nilai dari pranala balik. Pranala balik dari situs otoritatif mengenai suatu topik tertentu sangat berharga. Jika kedua situs memiliki konten yang diarahkan untuk kata kunci topik, pranala balik adalah dianggap relevan dan diyakini memiliki pengaruh yang kuat pada mesin pencari peringkat halaman web diberikan pranala balik. Pranala balik mewakili menguntungkan 'suara editorial' untuk menerima halaman web dari laman web memberikan lain. Faktor penting lain adalah teks pranala balik jangkar. Anchor text adalah deskriptif label hyperlink seperti yang muncul pada laman web. Bots mesin pencari (yakni, laba-laba, crawler, dll) memeriksa teks jangkar untuk mengevaluasi bagaimana relevan adalah untuk konten pada halaman web. Jangkar teks dan halaman web konten adanya kesesuaian yang sangat berbobot dalam hasil halaman (SERP) peringkat mesin pencari halaman web sehubungan dengan permintaan kata kunci apapun oleh pengguna mesin pencari.

Teknis

Ketika HTML (Hyper Text Markup Language) dirancang, ada tidak ada mekanisme yang eksplisit dalam desain untuk melacak Backlink di perangkat lunak, seperti ini membawa tambahan overhead logistik dan jaringan.

Sebagian besar konten manajemen sistem termasuk fitur untuk melacak Backlink, disediakan situs eksternal menghubungkan mengirim pemberitahuan ke situs target. Kebanyakan sistem wiki mencakup kemampuan untuk menentukan apa halaman link internal ke halaman tertentu, namun tidak melacak pranala ke halaman tertentu.

Mesin pencari paling komersial menyediakan sebuah mekanisme untuk menentukan jumlah backlink yang mereka direkam ke halaman web tertentu. Sebagai contoh, Google dapat dicari menggunakan link:www.wikipedia.org untuk menemukan jumlah halaman di Web menunjuk ke http://www.wikipedia.org/. Google hanya menunjukkan sebagian kecil dari jumlah link yang menunjuk ke situs. Itu kredit banyak backlink yang lebih daripada itu menunjukkan untuk setiap situs web.[butuh rujukan]

Referensi

  1. ^ "Apa Itu Backlink? Penjelasan dan Fungsinya Bagi SEO". Khalv. 2021-06-14. Diakses tanggal 2021-09-03. 
  2. ^ Lennart Björneborn and Peter Ingwersen (2004). "Toward a Basic Framework for Webometrics". Journal of the American Society for Information Science and Technology. 55 (14): 1216–1227. doi:10.1002/asi.20077. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-09-10. Diakses tanggal 2013-05-20. 
  3. ^ 4 Cara Membuat Backlink yang Optimal untuk SEO
  4. ^ Google's overview of PageRank