Portal:Palestina/Artikel Pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini memuat artikel-artikel yang telah menjadi artikel pilihan di Portal Palestina. Setiap Artikel ditayangkan selama 6 hari dan diganti otomatis pada jam 00:00 UTC (07:00 WIB)


Usulan

Daftar Artikel Pilihan

Nasionalisme Palestina adalah gerakan kebangsaan bangsa Palestina. Nasionalisme ini berawal dari kemunculan gerakan pembebasan nasional pada abad ke-19 dan 20 yang menuntut penolakan kolonialisme dan kemerdekaan nasional. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan lainnya: - -
Arsip - Artikel pilihan lainnya...

Palestina Brazil (bahasa Portugis: Palestino-brasileiro) adalah orang-orang Brasil dengan keturunan Palestina, atau orang kelahiran Palestina yang berpindah ke Brasil. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan lainnya: Khaled Mashal - Palestina dan Perserikatan Bangsa-Bangsa - Daftar Presiden Otoritas Nasional Palestina
Arsip - Artikel pilihan lainnya...

Khaled Mashal (bahasa Arab: خالد مشعل‎ Khālid Mashʿal, Bahasa Arab Syam: [xaːled maʃʕal], lahir 28 Mei 1956) adalah seorang pemimpin politik Palestina. Mashal telah menjadi pemimpin utama pergerakan Hamas, sebuah organisasi paramiliter Islam di Palestina dan partai politik, sejak pembunuhan Abdel Aziz al-Rantissi pada 2004. Ia juga memimpin biro politik Hamas cabang Suriah. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan lainnya: Palestina dan Perserikatan Bangsa-Bangsa - Daftar Presiden Otoritas Nasional Palestina - Palestina
Arsip - Artikel pilihan lainnya...

Intifadah (dari bahasa Arab: انتفاضة intifāḍah "melepaskan diri") adalah sebuah istilah Islam yang berarti perlawanan.

Dalam konflik Israel-Palestina, Intifadah mencakup seluruh gerakan perlawanan untuk merebut kembali tanah Palestina pra-Israel, aksi ini didorong oleh rasa tertindas dan kehilangan yang dirasakan oleh para penduduk Palestina sejak peristiwa pengusiran paksa oleh tentara Yahudi setelah perang 6 hari.

Intifadah Palestina pertama dimulai pada 1987 dan berakhir pada 1993 dengan ditandatanganinya Persetujuan Oslo dan pembentukan Otoritas Nasional Palestina. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan lainnya: Palestina Brasil - Khaled Mashal - Palestina dan Perserikatan Bangsa-Bangsa
Arsip - Artikel pilihan lainnya...

Negara Palestina (bahasa Arab: دولة فلسطين‎, pengucapan bahasa Arab: [daw.la fi.lis.tˤiːn]; Dawlat Filastin, atau hanya Palestina (bahasa Arab: فلسطين‎, Filastin) adalah sebuah negara di Timur Tengah antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Status politiknya masih dalam perdebatan. Sebagian besar negara di dunia termasuk negara-negara anggota OKI, Liga Arab, Gerakan Non-Blok, ASEAN, dan beberapa negara-negara bekas Uni Soviet telah mengakui keberadaan Negara Palestina. ([[{{{link}}}|Selengkapnya...]])

Artikel pilihan lainnya: - -
Arsip - Artikel pilihan lainnya...

Presiden Otoritas Nasional Palestina (bahasa Arab:رئيس السلطة الوطنية الفلسطينية) adalah posisi politik tertinggi (setara dengan kepala negara) dalam Otoritas Nasional Palestina (ONP).

Presiden mengangkat Perdana Menteri Otoritas Nasional Palestina dari Dewan Legislatif Palestina, dan bersama-sama mereka berbagi kekuasaan serta berkuasa ([[{{{link}}}|Selengkapnya...]])

Artikel pilihan lainnya: Negara Palestina - -
Arsip - Artikel pilihan lainnya...

Kerajaan Yerusalem adalah sebuah kerajaan Kristen yang didirikan tahun 1099 setelah terjadinya Perang Salib Pertama. Kerajaan ini terus bertahan selama 200 tahun sampai akhirnya pada tahun 1291 ketika pos terakhir, Akko dihancurkan oleh Mamluk. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan lainnya: ? - Palestina Brasil - Intifadah
Arsip - Artikel pilihan lainnya...

Masalah-masalah terkait Negara Palestina dan aspek-aspek konflik Israel-Palestina berulang kali menimbulkan debat, resolusi dan penyarian tahunan di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sejak didirikan pada 1948, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengadopsi 79 resolusi yang berkaitan langsung dengan konflik Arab-Israel pada Januari 2010. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan lainnya: Presiden Otoritas Nasional Palestina - Negara Palestina -
Arsip - Artikel pilihan lainnya...
Portal:Palestina/Artikel Pilihan/Display/9

Pengusulan[sunting sumber]

Portal:Palestina/Artikel Pilihan/Usulan/2022/6 2024