Portal:Jepang/Tokoh Pilihan/Arsip 2005-2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bulan/tahun Foto Nama
-
Berkas:Akihitosmall.jpg
Akihito (明仁), (lahir 23 Desember 1933), adalah kaisar Jepang ke-125, yang memerintah sejak tahun 1989, menggantikan ayahnya kaisar Hirohito yang meninggal dunia.

Akihito merupakan putra pertama dan merupakan anak kelima kepada Kaisar Showa (Hirohito) dan Maharani Kojun (Nagako). Bergelar Tsugo no miya (継宮; Putra Tsugo) semasa kanak-kanak, beliau dibesarkan dan diajar oleh guru privat dan kemudian belajar di sekolah dasar putra dan sekolah menengah ketika itu, Peers' School (Gakushuin selepas 1947), 1940-52. Beliau dipisahkan dari keluarganya pada usia tiga tahun.

- Hibari Misora (美空ひばり, Misora Hibari) (lahir di Yokohama, 29 Mei 1937 – wafat di Tokyo, 24 Juni 1989; 52 tahun) adalah penyanyi dan aktris legendaris Jepang. Salah seorang artis musik tersukses di dunia, hingga wafatnya, Hibari telah merekam sekitar 1.200 lagu dan terjual sebanyak 68 juta kopi. Lagu hit terakhirnya, "Kawa no Nagare no yōni" sering dibawakan kembali oleh artis-artis ternama dan orkestra, termasuk The Three Tenors dan Teresa Teng.

Sebagai aktris, dari 1949 hingga 1971 Hibari membintangi sekitar 160 judul film. Perannya dalam Tokyo Kid (1950) merupakan simbol kerja keras dan optimisme nasional Jepang pasca-Perang Dunia II. Hibari adalah wanita Jepang pertama yang menerima Penghargaan Kehormatan Rakyat dari Perdana Menteri Jepang.

-
Chiune Sugihara (杉原千畝, Sugihara Chiune, lahir di Yaotsu Prefektur Gifu, 1 Januari 1900 – meninggal di Fujisawa Prefektur Kanagawa, 31 Juli 1986 pada umur 86 tahun) adalah seorang diplomat Jepang yang menyelamatkan ribuan orang Yahudi pada masa Perang Dunia II ketika ia menjabat sebagai konsul Kekaisaran Jepang di Lituania. Ia adalah salah seorang yang tampaknya tidak mempunyai motivasi lain kecuali melakukan apa yang benar, dan belakangan dikenal sebagai "Schindler Jepang."
Januari/Februari 2010
Sakamoto Ryōma (坂本 龍馬, lahir di Kōchi, 3 Januari 1836 – meninggal di Kyoto, 10 Desember 1867 pada umur 31 tahun) adalah politikus sekaligus pengusaha yang memimpin gerakan menggulingkan kekuasaan Keshogunan Tokugawa dalam periode Bakumatsu di Jepang. Setelah lari meninggalkan dinas sebagai samurai Domain Tosa, ia mendirikan perusahaan ekspor-impor yang sekaligus organisasi politik (asosiasi ronin) bernama Kameyama Shachū/Kaientai. Sebagai tokoh pendiri Aliansi Satchō dan pengembalian kekuasaan kepada kaisar, ia aktif sebagai aktivis politik pada akhir zaman Edo. Dalam usia muda, Ryōma tewas terbunuh di sebuah penginapan di Kyoto.
Maret 2010
Ichiyō Higuchi (樋口一葉, Higuchi Ichiyō, lahir di Tokyo, 2 Mei 1872 – meninggal di Tokyo, 23 November 1896 pada umur 24 tahun) adalah novelis Jepang dari zaman Meiji. Sejak bulan November 2004, lukisan potretnya menghiasi uang kertas Jepang pecahan 5.000 yen (seri E).

Ia belajar menulis waka dari Utako Nakajima dan novel dari Tōsui Nakarai. Karya-karya utamanya, Takekurabe, Jūsan-ya, dan Nigorie diterbitkannya di tengah kehidupan ekonomi keluarga yang sulit. Sebagai penulis, kariernya sangat pendek. Ia belum genap 25 tahun ketika meninggal dunia akibat tuberkulosa.

April 2010
Yasunari Kawabata (川端 康成, Kawabata Yasunari, lahir di Osaka, 14 Juni 1899 – meninggal di Kamakura, 16 April 1972 pada umur 72 tahun) adalah seorang novelis Jepang yang prosa liriknya membuat ia memenangkan Penghargaan Nobel dalam Sastra pada 1968. Ia menjadi orang Jepang pertama yang memperoleh penghargaan tersebut. Karya-karyanya hingga kini masih dibaca bahkan di dunia internasional.
Mei 2010 Akira Kurosawa (黒澤 明) lahir di Shinagawa, Tokyo, 23 Maret 1910 – meninggal di Setagaya, Tokyo, 6 September 1998 pada umur 88 tahun) adalah sutradara film Jepang sekaligus produser dan penulis skenario. Sejumlah 30 judul film disutradarainya dalam karier sepanjang 57 tahun di dunia film. Kurosawa secara luas disanjung sebagai salah seorang sutradara paling penting dan berpengaruh di antara para pembuat film. Pada tahun 1989, ia mendapat Academy Award Pencapaian Seumur Hidup "untuk prestasi sinematik yang telah menjadi inspirasi, memperkaya, menggembirakan, dan menghibur penonton, serta mempengaruhi pembuat film di seluruh dunia."
Juni 2010
Ichiro Mizuki (水木 一郎, Mizuki Ichirō), terlahir sebagai Toshio Hayakawa (早川 俊夫, Hayakawa Toshio, lahir di Tokyo, Jepang, 7 Januari 1948) adalah seorang penyanyi anison, komponis, dan aktor asal Jepang. Julukannya adalah Aniki (abang). Mizuki dikenal sebagai penyanyi lagu tema Mazinger Z, Great Mazinger, Tekkaman, Steel Jeeg, Combattler V, Voltes V, Captain Harlock, Golion, Pro Golfer Saru, serial Kamen Rider, dan Metal Hero. Anggota di grup musik Jepang JAM Project dari tahun 2000 hingga 2002. Berbagai nama panggung digunakan sepanjang kariernya sebagai penyanyi: Ichiro Yamamoto, Shigeyuki Matsumoto, dan Mizu King.