Portal:Jepang/Tokoh Pilihan/39 2013

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Caroline Bouvier Kennedy (lahir di New York City, 27 November 1957; umur 55 tahun) adalah seorang pengarang Amerika Serikat, advokat, dan calon duta besar Amerika Serikat untuk Jepang. Ia adalah anggota keluarga Kennedy yang berpengaruh dan satu-satunya anak yang masih hidup dari pasangan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan Ibu Negara Jacqueline Bouvier Kennedy.

Ketika ayahnya menjadi presiden, ia masih kecil. Setelah ayahnya dibunuh pada tahun 1963, keluarganya tinggal di Upper East Side, Manhattan yang juga tempatnya bersekolah. Kennedy lulus dari Radcliffe College dan bekerja di Metropolitan Museum of Art New York City, tempatnya bertemu Edwin Schlossberg yang kemudian menjadi suaminya. Ia melanjutkan kuliah hingga mendapat gelar J.D. dari Columbia Law School, lalu berkarier di bidang hukum dan politik, pendidikan dan kerja amal. Ia juga bertindak sebagai juru bicara warisan keluarga Kennedy dan menulis dua judul buku mengenai kebebasan sipil bersama Ellen Alderman.

Pada pemilihan umum tahun 2008, Kennedy mendukung kandidat Partai Demokrat Barack Obama sejak dimulainya pemilihan pendahuluan. Ia kemudian berkampanye untuk Obama di Orlando, Indiana, dan Ohio, bertugas sebagai salah seorang ketua dalam Komite Pencarian Wakil Presiden untuk Barack Obama, dan berpidato di Konvensi Nasional Partai Demokrat 2008 di Denver. Setelah Obama memilih Hillary Clinton yang ketika itu menjabat senator negara bagian New York sebagai Menteri Luar Negeri, Kennedy menyatakan minatnya ditunjuk sebagai senator pengganti Clinton, namun kemudian mengundurkan diri dari pencalonan dengan "alasan pribadi".


(Selengkapnya...)

Tokoh pilihan sebelumnya: Shintaro Katsu · lainnya...