Portal:Jepang/Artikel Pilihan/23 2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pertempuran Tulagi dan Gavutu–Tanambogo adalah pertempuran darat dalam Perang Pasifik antara tentara Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dan Sekutu (khususnya Korps Marinir Amerika Serikat). Pertempuran berlangsung dari 7 Agustus hingga 9 Agustus 1942 di Kepulauan Solomon sebagai bagian dari pendaratan Sekutu dalam kampanye Guadalkanal.

Marinir Amerika Serikat yang berada di bawah komando Mayor Jenderal Alexander Vandegrift, berhasil mendarat dan merebut Pulau Tulagi, Pulau Gavutu, dan Pulau Tanambogo yang telah dijadikan pangkalan angkatan laut dan pesawat amfibi Jepang. Pendaratan marinir disambut perlawanan gigih tentara Angkatan Laut Kekaisaran Jepang yang kalah dalam jumlah dan persenjataan dibandingkan pasukan Sekutu, namun terus melawan hingga hampir semua tentara Jepang yang tersisa tewas.

Bersamaan dengan pendaratan Marinir Amerika Serikat di Tulagi dan Gavutu–Tanambogo, tentara Sekutu juga mendarat di Guadalkanal yang berdekatan. Sekutu bertujuan merebut lapangan terbang yang sedang dibangun tentara Jepang. Bertolak belakang dari pertempuran mati-matian di Tulagi dan Gavutu, pendaratan Sekutu di Guadalkanal tidak mendapat perlawanan berarti. Pendaratan di Tulagi dan Guadalkanal merupakan awal dari kampanye Guadalkanal yang berlangsung selama 6 bulan, dan mengawali serangkaian pertempuran yang melibatkan persenjataan terpadu antara tentara Sekutu dan tentara Jepang di kawasan Kepulauan Solomon.

(Selengkapnya...)