Pondok Pesantren Miftahul Muta'allimin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pondok Pesantren Miftahul Muta'allimin merupakan yayasan pendidikan Islam yang terletak di bagian selatan desa Babakan, Ciwaringin, Cirebon. Didirikan oleh Al-Magfurlah KH. Masduqi Ali. Pondok ini didirikan dalam rangka pengembangan pondok pesantren di bagian utara desa Babakan, Ciwaringin, Cirebon, yaitu Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin yang didirikan oleh KH. Muhammad Amin (biasa dipanggil masyarakat setempat dengan panggilan KH. Amin sepuh).

Pada masa awal berdiri, pondok pesantren ini diasuh oleh Al-Magfurlah KH. Masduqi Ali yang menikah dengan NY. HJ. Munjiah Masduqi. KH. Masduqi Ali mendirikan madrasah untuk santri putra bernama Madrasah Al-Hikamus Salafiah (MHS), yang kemudian kepemilikan madrasah ini diberikan kepada kiayi lain.

Pada tahun 1992, KH. Masduqi Ali meninggal dunia. Pondok ini pun diasuh oleh putra dia, KH. Yahya Masduqi. Pada masa kepengasuhan KH. Yahya Masduqi pondok ini berkembang pesat.

Pada tahun 2005, KH. Yahya Masduqi meninggal dunia. kepengasuhan pun diberikan kepada Habib Hud Bin Muhammad Bin Yahya dan KH. Abdul Muhaimin As'ad.Lc. sampai sekarang. Habib Hud Bin Muhammad Bin Yahya dan KH. Abdul Muhaimin As'ad.Lc. merupakan menantu KH. Masduqi Ali.

Pondok Pesantren Miftahul Muta'allimin mendirikan cabang berupa Satu pondok Putra dan empat pondok putri, yaitu Pondok Pesantren Madinah Rasul yang dipimpin oleh H, Syarif Husen bin Hud Yahya, Pondok Putri Miftahul Muta'allimat, Pondok Pesantren Putri Raudlatul Banat, dan Pondok Pesantren Putri Al-Kautsar dan Dar AZZahraa. Setiap pondok putri dipimpin oleh koordinator dari pondok putra sendiri, kecuali Dar AZzahra yang dipimpin oleh Syarifah Fitriah Yahya, menantu Habib Hud Bin Muhammad Bin Yahya.

Pada bulan Februari 2011, Masjid Jami' Miftahul Muta'allimin direhabilitasi.