Akar wangi (Polygala paniculata)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Polygala paniculata)
Akar wangi
Polygala paniculata

Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoFabales
FamiliPolygalaceae
GenusPolygala
SpesiesPolygala paniculata
Linnaeus, 1759

Akar wangi (Polygala paniculata) adalah terna tahunan (annual herb) dan termasuk ke dalam keluarga Polygalaceae. Tumbuhan ini yang mempunyai daun oval hijau dengan bercak perak pada daunnya.[1] Tumbuhan ini berasal dari Amerika, namun juga dapat ditemukan di Indonesia, salah satunya di Gunung Prau.[2]

Umumnya, akar wangi dapat dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias dalam ruang dan diperjualbelikan secara bebas. Tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai antikanker, antibakteri, dan antimikotik. Akarnya yang dikeringkan secara tradisional dikenal sebagai pengharum lemari pakaian atau barang-barang penting, seperti batik dan keris. Aroma wangi ini berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan pada bagian akar. Air hasil rebusan akar konon dapat digunakan sebagai obat gonorrhea dan mengatasi rematik di punggung. Selain itu, akarnya juga sering digunakan untuk mengobati eksim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Polygala paniculata L". www.gbif.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-26. 
  2. ^ Lianah, Lianah; Kusumarini, Niken; Rochmah, Fitriana; Orsida, Fadla; Mukhlisi, Mukhlisi; Ahmad, Milya Ulfa; Nadhifah, Ainun (2021-06-01). "Bryophyte Diversity in Mount Prau, Blumah Village, Central Java". Jurnal Biodjati. 6 (1): 23–35. doi:10.15575/biodjati.v6i1.11693. ISSN 2548-1606.