Politeknik Caltex Riau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Tentang Politeknik Caltex Riau[sunting | sunting sumber]

Politeknik Caltex Riau
Gedung Utama PCR
Moto Empowers You To Global Competition
Didirikan 5 Juni 2001
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Dr. Hendriko, S.T., M.Eng
Jumlah mahasiswa 1727
Lokasi Pekanbaru, Riau, Indonesia
Situs web http://pcr.ac.id
Logo Politeknik Caltex Riau

Politeknik Caltex Riau (PCR) adalah perguruan tinggi di Rumbai, Pekanbaru, Riau yang didirikan atas kerja sama antara Pemerintah Provinsi Riau dengan PT. Caltex Pacific Indonesia (sekarang Chevron Pacific Indonesia). Kampus PCR berdiri pada tahun 2001. Program Studi yang terdapat di PCR yaitu Teknik Elektronika, Teknik Komputer, Teknik Telekomunikasi, Teknik Mekatronika dan Akuntansi (Diploma 3) serta Sistem Informasi Industri, Teknik Informatika Multimedia dan Teknik Elektronika Telekomunikasi, Teknik Mesin dan Teknik Listrik (Diploma 4).

Politeknik Caltex Riau tercatat sebagai Politeknik Swasta terbaik di Indonesia. Catatan peringkat ini dimabil berdasarkan data dan rilis resmi Kemenrstekdikti tahun 2015.

Sejarah awal dimulainya aktivitas operasional PCR diukir dengan bergabungnya 170 mahasiswa di Politeknik Caltex Riau pada jurusan yang kala itu terdiri dari tiga program studi Diploma, yakni Elektronika, Telekomunikasi dan Teknik Komputer. Seiring perkembangan minat calon mahasiswa yang terus tumbuh dan berkembang, pada tahun 2003, Politeknik Caltex Riau kemudian menelurkan dua program studi setingkat diploma, yakni Mekatronika dan Akuntansi.

Tak lama dua tahun berselang, pada tahun 2006, kembali dibuka program studi baru untuk jenjang D-IV atau setara dengan S-1. Program studi tersebut adalah Teknik Elektronika Telekomunikasi, Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Dan terakhir pada tahun 2015 PCR kembali diizinkan membuka program studi baru jenjang D-IV yaitu Teknik Listrik dan teknik Mesin. Dengan demikian saat ini Politeknik Caltex Riau sudah memiliki 10 program studi dengan 5 program studi strata D-III (Ahli Madya) dan 5 program studi strata D-IV (Sarjana Sains Terapan). Sebagai bukti bahwa tata kelola dan proses akademik yang dijalankan PCR berjalan dengan baik dapat dilihat dari Akreditasi  Institusi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dimana Politeknik Caltex Riau terakreditasi B.

Tahun 2016, secara resmi PCR membuka Program Studi D-IV Teknik Mesin dan Teknik Listrik. Kedua program studi ini adalaj jawaban terhadap kebutuhan tenaga kerja profesional yang dibutuhkan di Indonesia demi untuk menunjang kemajuan bangsa. Sejak dibuka kedua program studi ini telah memiliki mahasiswa yang hingga saat ini aktif kuliah.

Kini alumni PCR sudah ada dimana-mana. Mereka mulai mengisi posisi-posisi profesional tidak hanya di dunia perminyakan. Lebih dari 40 orang bekerja di Chevron. Puluhan lainnya bekeja di perusahaan-perusahaan pendukung industri perminyakan, provider telekomunikasi, teknologi informasi, penerbangan, perbankan, wiraswasta, serta menjadi PNS.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • Juara Umum OTIK Tahun 2016 - UIN Suska Riau
  • Juara 3 Gemastik 2016 Kategori Animasi
  • Juara 1 Gemastik 2015 Kategori Animasi, Peringkat 5 Nasional
  • Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Wilayah Kopertis X, 2011
  • Juara II KRCI Regional Sumatera, An-Tech PC di Batam, 2011
  • Juara I Kategori Uji Kecepatan dan Juara Umum III Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI), Bandung 2010
  • Juara II Nasional Kompetisi Metrologi (Pengujian Alat Ukur), Jakarta 2010
  • Finalis Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik), Surabaya 2010
  • Juara II Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 1 Sumatera, Pangkal Pinang 2010
  • Juara I Kategori Uji Efisiensi dan Juara Umum III Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI), Bandung 2009
  • Juara II Lomba PLC Tingkat Nasional, Bandung 2008
  • Juara III Lomba Kreatifitas dan Inovasi Mahasiswa Tingkat Nasional, Bandung 2008
  • Juara I Robot Berkaki Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Nasional, Tim Robot KRCI PCR, "Ar-Rasyid", berhasil meraih peringkat pertama nasional, pada Kontes Robot Cerdas Indonesia Pemadam Api divisi Senior Berkaki yang diselenggarakan di Balairung Kampus Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 14-15 Juni 2008.Jakarta 2008
  • Juara III Lomba PLC Tingkat Nasional, Jakarta 2007
  • Pada tahun 2005, Tim Robot KRI PCR, "FreeHG", menduduki peringkat ke-3 pada Kontes Robot Nasional di UI dan memperoleh penghargaan sebagai "The Best Spirit Team". PCR merupakan satu-satunya perguruan tinggi di luar Jawa yang memperoleh nominasi dalam kontes robot tersebut.

PCR dipercaya menjadi penyelenggara event internasional, di antaranya APHO, suatu ajang olimpiade fisika tingkat menengah yang diikuti oleh negara-negara di Asia.

Kehidupan Kampus[sunting | sunting sumber]

Kampus Politeknik Caltex Riau berada di Rumbai Pekanbaru. Kampus berdiri di atas tanah seluas lebih kurang 15 Hektar. Kehidupan Kampus sivitas akademika Politeknik Caltex Riau berbeda dari kampus-kampus pada umumnya. Politeknik Caltex Riau terkenal dengan Kampus Bebas Asap Rokok, Tertib Lalu Lintas dan Cinta Lingkungan. Moto sivitas akademika PCR adalah Disiplin, Kebersamaan dan Cinta Lingkungan. Tidak jarang alumni-alumni PCR diterima bekerja karena mental dan sikap disiplin yang diterapkan pada saat mengikuti perkuliahan.

Alumni[sunting | sunting sumber]

Alumni PCR tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ada yang di luar Indonesia. Hasil Tracer Study menunjukan bahwa alumni PCR paling banyak bekerja di Bidang Minyak dan Gas, BUMN, Perbankan, PNS dan lain-lain. Serapan Alumni PCR tergolong tinggi hal ini dibuktikan berdasarkan data tracer study alumni tahun 2014. 25% alumni PCr sudah diterima bekerja sebelum Wisuda dan 50% sudah diterima bekera kurang dari 6 bulan setelah wisuda.

Alumni PCR telah membentuk "Ikatan Alumni Politeknik Caltex Riau" atau disingkat ia-PCR dan telah memiliki website alumni yaitu http://ika.pcr.ac.id yang dikelola oleh alumni, mahasiswa dan dosen PCR.

Referensi[sunting | sunting sumber]