Polisi Militer Kostrad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Polisi Militer Kostrad
Lambang Polisi Militer Angkatan Darat
Dibentuk1961
Negara Indonesia
Cabang TNI Angkatan Darat
Tipe unitBadan Pelaksana Kostrad
Bagian dariKostrad
Baret BIRU 
Tokoh
KomandanKolonel Cpm. -
WadanLetkol Cpm. Imran Ilyas, S.H., M.H.

Polisi Militer Kostrad atau (POM Kostrad) mempunyai tugas pokok membina Dan menyelenggarakan fungsi Kepolisian Militer Di lingkungan wilayah Kostrad untuk kepentingan Kostrad,baik Dalam penegakan Hukum,disiplin Dan Tata tertib Militer,hingga penyelidikan Kriminal Di wilayah Militer Kostrad.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 19 Desember 1961 di kumandangkanlah Komando Pembebasan Irian Barat yang dikenal dengan Tri Komando Rakyat atau yang terkenal dengan Trikora, maka dibentuklah POM Caduad singkatan POM Cadangan umum Angkatan Darat, sebagai komandan pertamanya adalah Mayor Cpm Norman Sasono. Demikian pula pada saat presiden Soekarno mengumandangkan "Ganyang Malaysia" atau yang dikenal dengan Dwikora maka dibentuklah satuan POM Kopur (Komando Tempur) yang berada dibawah pimpinan Letkol Cpm Kasan Pranadi (Wadan puspom Kostrad yang pertama). Berdasarkan pengalaman yang telah dialami oleh Satuan tempur POM terdahulu maka dibentuklah Batalyon Pomad Para, yang berlokasi di kawasan Kostrad, Ciluar, Bogor. Perbedaan khusus antara POMAD PARA dengan Polisi Militer sekarang ini adalah POMAD PARA satuan infantri plus kemampuan Polisi Militer.

Satuan Polisi Milter Kostrad[sunting | sunting sumber]

Komandan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jakarta, Koran. "Ini Kolonel CPM yang Baru Saja Didapuk Jadi Danpom Kostrad". Koran-Jakarta.com. Diakses tanggal 2022-03-02.