Pola permainan Pokémon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pokémon pemula)

Pokémon melibatkan penangkapan dan pelatihan makhluk fiksi yang disebut "Pokémon" dan menggunakannya untuk melawan Pelatih lain. Setiap generasi permainan video berturut-turut dibangun di atas konsep ini dengan memperkenalkan konsep Pokémon, item, dan pola permainan yang baru.

Struktur permainan[sunting | sunting sumber]

Setiap judul permainan dalam seri Pokémon berlangsung di wilayah fiksi dunia Pokémon, biasanya berdasarkan lokasi dunia nyata, dan dimulai dengan pemain yang menerima Pokémon pemula (starter), biasanya dari Profesor Pokémon di wilayah tersebut. Pemain memiliki opsi untuk memilih salah satu dari tiga jenis Pokémon yang berbeda: tipe Rumput, tipe Api, dan tipe Air, meskipun banyak Pokémon pemula mendapatkan tipe tambahan setelah evolusi.[1] Banyak permainan menyertakan karakter pesaing, yang menerima Pokémon yang tipenya menguntungkan melawan Pokémon pemula pemain. Dengan melakukan perjalanan keliling wilayah, menangkap dan mengembangkan Pokémon, serta mengalahkan Pelatih lain dalam pertempuran, pemain meningkatkan ukuran dan kekuatan koleksi Pokémon mereka. Subplot utama dari sebagian besar game adalah mengalahkan organisasi kriminal, yang niatnya biasanya mencoba untuk mengambil alih dunia melalui penyalahgunaan Pokémon legendaris dalam game tersebut.

Berbagai fasilitas dapat ditemukan di seluruh dunia Pokémon seperti Pokémon Center, Poké Mart dan di Pokémon Sun and Moon, beberapa lokasi percobaan dan Gym. Di Pokémon Center, pemain dapat menyembuhkan Pokémon mereka secara gratis dan mengakses PC, tempat pemain dapat mengatur koleksi Pokémon mereka, menyimpan dan menarik item, serta menilai Pokédex mereka. Sebelum X dan Y, fitur ini juga tempat pemain dapat terhubung dengan kartrid atau kartu judul permainan Pokémon lain untuk bertarung atau berdagang dengan pemain lain. Poké Mart adalah toko tempat pemain dapat membeli barang dengan uang yang mereka menangkan selama pertempuran; kota tertentu mungkin memiliki toko khusus, seperti apotek atau department store. Secara berkala, sebuah kota akan berisi Pokémon Gym, yang menampung Pelatih kuat yang dikenal sebagai Gym Leader yang berfungsi sebagai bos. Kemenangan melawan mereka memberi pemain Lencana Gym; setelah mengumpulkan delapan Lencana Gym, pemain dapat menantang Elite Four dan Juara di kawasan itu (dalam Pokémon Sword and Shield, Elite Four digantikan oleh Champion Cup, turnamen eliminasi tunggal yang menentukan siapa yang berhak menantang sang Juara). Gym tidak ada di Sun, Moon, Ultra Sun dan Ultra Moon, digantikan oleh uji coba yang memiliki tujuan serupa.

Setelah pemain menyelesaikan tujuan menaklukkan total delapan Gym (atau semua Ujian) atau jika Pokémon pemain cukup kuat, pemain kemudian belajar lebih banyak tentang legenda wilayah tersebut dan dapat membuka kesempatan untuk memanggil, bertarung, dan menangkap maskot Legendaris Pokemon di lokasi tertentu. Selain itu, menyelesaikan alur cerita utama membuka fitur lain dalam game; ini terutama dilakukan dengan mengizinkan jalan masuk ke tempat-tempat yang tidak dapat diakses. Banyak game juga memiliki fasilitas yang didedikasikan untuk pertarungan, seperti Battle Frontier, Battle Tower, dan Battle Maison. Setelah itu, permainan tetap terbuka, dengan tujuan akhir pemain untuk mendapatkan setidaknya satu anggota dari masing-masing spesies Pokemon yang berbeda, sehingga menyelesaikan atau melengkapi Pokédex.

Pertarungan Pokémon[sunting | sunting sumber]

Pertarungan antar Pokémon adalah mekanik permainan utama dari permainan video Pokémon. Mereka digunakan untuk melatih Pokémon menjadi lebih kuat dan untuk mencapai tujuan tertentu dalam permainan. Pertarungan juga bisa dilakukan antar pemain dengan menghubungkan dua konsol game.

Pokemon menggunakan sistem berbasis giliran. Saat pemain menantang Pelatih atau bertemu dengan Pokémon liar, layar berubah menjadi adegan pertempuran dengan Pokémon pemain, Pokémon lawan, bar HP masing-masing, dan menu opsi. Kapan saja, pemain dapat membawa hingga enam Pokémon di grup aktifnya; Pokemon pertama dalam barisan secara otomatis dikirim ke pertempuran. Di awal setiap giliran, kedua belah pihak dapat memilih untuk menyerang, menggunakan item, mengganti Pokémon dengan Pokémon lain di grup mereka, atau mencoba melarikan diri dari pertempuran (melawan Pokémon liar). Jika kedua belah pihak menyerang, siapa yang maju lebih dulu ditentukan oleh Kecepatan, meskipun beberapa gerakan, item, dan efek dapat mengesampingkan hal ini. Jika salah satu pihak memilih opsi lain, tindakan itu dilakukan sebelum serangan.

Setiap Pokémon menggunakan gerakan untuk mengurangi HP lawannya menjadi nol, di mana Pokémon tersebut pingsan dan tidak dapat bertarung. Jika Pokémon pemain menang, ia menerima poin pengalaman; ketika cukup terkumpul, level Pokémon meningkat. Jika Pokémon pemain pingsan, mereka dapat menggunakan Pokémon lain dari party aktif mereka; dalam pertempuran melawan Pokémon liar, pemain mungkin mencoba melarikan diri. Jika semua Pokémon pemain pingsan, pemain tersebut kalah dalam pertempuran. Ini menyebabkan pemain kehilangan sejumlah uang dan kembali ke Pokemon Center terakhir yang mereka kunjungi.

Pertempuran ganda dan tiga kali lipat[sunting | sunting sumber]

Pokémon Ruby dan Sapphire memperkenalkan Pertempuran Ganda, di mana tim lawan bertarung dengan dua Pokémon sekaligus. Meskipun mekanisme dasarnya tetap sama, gerakan mungkin memiliki banyak target, dan beberapa memengaruhi sekutu serta lawan. Selain itu, beberapa Kemampuan hanya berfungsi dalam Pertarungan Ganda. Pertarungan Multi juga diperkenalkan, dengan empat Pelatih dalam tim yang terdiri dari dua orang. Game generasi ketiga hanya menyertakan Pertarungan Ganda melawan Pelatih lain, tetapi Pokémon Diamond dan Pearl memperkenalkan Pertarungan Ganda dengan Pokémon liar dalam keadaan tertentu.

Pokémon Black and White juga memperkenalkan Pertarungan Tiga Kali Lipat[2] dan Pertarungan Rotasi.[3] Dalam Pertarungan Tiga Kali Lipat, kedua tim mengirimkan tiga Pokémon sekaligus, dengan ketiganya bertarung secara bersamaan. Dalam Pertarungan Rotasi, kedua pihak mengirimkan tiga Pokémon sekaligus, tetapi hanya menggunakan satu Pokémon dalam satu waktu. Pokemon yang sedang bertarung dapat ditukar dengan dua lainnya tanpa menggunakan giliran.

Fasilitas pertarungan[sunting | sunting sumber]

Selain Gym Pokémon dan pertempuran lain untuk memajukan alur, game sampingan dan area pasca-permainan telah diperkenalkan di edisi berikutnya dari game Pokémon yang memperluas pola permainan.

Pertama kali diperkenalkan di Pokémon Crystal, Battle Tower, Battle Subway, Battle Maison, dan Battle Tree adalah fitur permainan yang dapat diakses di luar alur cerita utama di mana pemain menghadapi beberapa Pelatih secara berurutan dengan set terbatas Pokémon mereka dan menerima hadiah dalam bentuk barang langka.

Battle Frontier diperkenalkan di Pokémon Emerald, menggantikan Battle Tower seperti yang ditemukan di game Ruby dan Sapphire. Selain memiliki Battle Tower sendiri dengan aturan yang sama dengan yang sebelumnya, Battle Frontier menambahkan beberapa mekanik game lain yang membuat pertarungan menjadi unik di akhir game. Contohnya termasuk larangan Battle Palace untuk memilih gerakan apa yang digunakan Pokémon dan Pokémon sewaan acak dari Battle Factory. Alih-alih hadiah, pemain diberikan Battle Points (BP) yang dapat ditukar dengan barang langka atau TM. Diamond dan Pearl Battle Towers menggunakan sistem yang sama, dan digantikan oleh Battle Frontier di Pokémon Platinum. Game HeartGold dan SoulSilver juga memiliki Battle Frontier, identik dengan versi Platinum, di mana Battle Tower ditemukan di Crystal. Setelah serangkaian pertempuran di setiap tempat, pemain menghadapi Otak Perbatasan yang ditantang dengan cara yang sama seperti semua pertempuran lainnya, dan pemain akan mendapatkan Simbol (dalam Emerald) atau Commemorative Print (dalam Platinum) untuk menang. Otak Perbatasan dapat ditantang untuk kedua kalinya ke versi Simbol atau Cetakan yang lebih maju (maju dari Perak ke Emas). Otak Perbatasan memiliki Pokémon yang sangat kuat, seringkali termasuk Pokémon Legendaris, membuat kemenangan menjadi lebih sulit daripada di alur cerita utama.

Permainan kompetitif[sunting | sunting sumber]

Jenis Pokémon[sunting | sunting sumber]

Tipe Pokémon adalah atribut elemen yang menentukan kekuatan dan kelemahan setiap Pokémon dan gerakannya. Jenis-jenis ini berinteraksi dalam hubungan gaya batu-kertas-gunting: Pokémon menerima kerusakan ganda dari gerakan menyerang jenis yang mereka lemah dan setengah kerusakan dari gerakan jenis yang mereka tolak.[4]

Di Pokémon Red, Green, Blue, dan Yellow, hanya ada 15 jenis. Tipe Gelap dan Baja diperkenalkan di Gold dan Silver,[5] dan tipe Peri diperkenalkan di X dan Y.[6] Beberapa jenis memiliki sifat khusus yang tidak terkait dengan bagan kerusakan; misalnya, jenis listrik kebal terhadap kelumpuhan.[7]

Saat Pokémon menggunakan gerakan yang cocok dengan jenisnya, ia memperoleh peningkatan kekuatan sebesar 50% karena "STAB", akronim bahasa sehari-hari untuk "bonus serangan tipe yang sama".[8]

Terastallisasi[sunting | sunting sumber]

Pokémon Scarlet dan Violet memperkenalkan Terastallisasi, yang memungkinkan Pokémon untuk mengubah jenisnya agar sesuai dengan "Jenis Tera" saat diaktifkan, serta memberi Pokémon tampilan kristal. Terastalisasi juga memungkinkan Pokémon untuk mendapatkan dorongan STAB pada gerakan Tipe Tera mereka, sambil mempertahankan dorongan STAB pada gerakan tipe asli mereka. Gerakan Tera Blast secara unik mengubah jenis agar sesuai dengan Jenis Tera Pokémon saat terastallisasi, serta memberikan kerusakan fisik pada kerusakan khusus jika stat serangan fisik Pokémon lebih tinggi. Namun, saat tidak ter-terastallized, Tera Blast tetap menjadi move tipe Normal kategori Khusus.[9]

Gerakan Pokémon[sunting | sunting sumber]

Seperti karakter dalam banyak permainan video bermain peran, Pokémon dapat mempelajari berbagai macam gerakan. Gerakan ini dapat menimbulkan kerusakan, menyebabkan masalah status, memulihkan kesehatan, atau melakukan tindakan yang memengaruhi pertempuran. Kekuatan umum dan ketahanan terhadap gerakan ini ditentukan oleh berbagai statistik yang dimiliki Pokémon tertentu. Semua gerakan memiliki kekuatan, akurasi, dan sejumlah Power Point (PP). Setiap gerakan juga diklasifikasikan sebagai salah satu dari 18 jenis Pokémon. Gerakan yang mungkin dipelajari oleh satu Pokémon berbeda dari yang lain tergantung pada spesies Pokémon; bahkan mereka yang berevolusi dari yang lain belum tentu mempelajari semua gerakan yang sama seperti yang dipelajari pendahulu mereka. Setiap Pokémon hanya dapat mengetahui total empat gerakan pada satu waktu. Gerakan dapat dipelajari melalui naik level, menggunakan TM dan HM, pembibitan dan tutor gerakan (NPC yang mengajarkan gerakan). Di Pokémon Legends: Arceus, setiap gerakan dapat digunakan dengan "gaya gesit" atau "gaya kuat". Gaya gesit mengurangi akurasi, kekuatan, dan durasi efek sekaligus meningkatkan jumlah pemain yang dapat bergerak sebelum lawan, dan gaya kuat sebaliknya.[10]

Z-Moves[sunting | sunting sumber]

Sekali per pertempuran, jika Pokémon memegang Z-Crystal, objek kuat yang diperoleh dari menyelesaikan uji coba pulau, ia dapat menggunakan versi upgrade dari salah satu gerakannya, yang disebut Z-Move.[11] Z-Move yang berdasarkan gerakan menyerang, cenderung memiliki kekuatan yang jauh lebih tinggi dari biasanya; yang didasarkan pada perpindahan status biasanya mendatangkan keuntungan bagi pengguna sebelum melakukan perpindahan tersebut. Beberapa Pokémon dapat mempelajari Z-Moves eksklusif untuk spesies mereka menggunakan Z-Crystal khusus.[12]

Hidden Machines[sunting | sunting sumber]

Mesin Tersembunyi, biasanya disingkat HM, dapat digunakan untuk mengajarkan gerakan ke Pokémon, termasuk beberapa gerakan yang tidak akan mereka pelajari dengan meningkatkan level. HM seringkali penting, atau bahkan dibutuhkan, untuk maju dalam permainan, karena mereka memiliki efek penting di luar pertempuran, memungkinkan pemain melewati rintangan tertentu.[13] Misalnya, Pokémon yang mempelajari gerakan HM Surf dapat mengangkut protagonis di atas air, yang diperlukan untuk mencapai lokasi pulau. Saat Pokémon mempelajari gerakan HM, gerakan tersebut tidak dapat dihapus atau diganti kecuali jika pemain menggunakan layanan NPC yang dikenal sebagai Penghapus Gerakan. HM akhirnya dihapus di Pokémon Sun and Moon, digantikan oleh berbagai opsi unik untuk setiap game.[13][14]

Kemampuan Pokémon[sunting | sunting sumber]

Kemampuan Pokémon adalah atribut khusus yang diperkenalkan di Pokémon Ruby dan Sapphire. Spesies Pokémon tertentu memiliki satu hingga tiga kemungkinan Kemampuan, dengan masing-masing Pokémon menunjukkan satu Kemampuan. Tidak seperti gerakan yang diketahui Pokémon, Kemampuannya biasanya tidak bisa berubah. Kemampuan dapat memperkuat statistik Pokémon atau melemahkan musuh, menimbulkan efek status seperti kelumpuhan atau keracunan, atau melakukan efek lainnya. Beberapa Kemampuan juga dapat memberikan kekebalan atau resistensi. Sebagian besar Kemampuan hanya dapat diaktifkan selama pertarungan, namun, beberapa Kemampuan memiliki efek di luar pertarungan Pokémon. Misalnya, Pokémon dengan Ability Intimidate akan menyebabkan pemain lebih jarang bertemu dengan Pokémon liar level rendah.[15]

Statistik[sunting | sunting sumber]

Semua Pokémon memiliki enam statistik yang memengaruhi kinerja mereka dalam pertempuran. Termasuk dalam statistik ini adalah HP, Serangan, Pertahanan, Serangan Khusus, Pertahanan Khusus, dan Kecepatan.[16] Statistik ini dapat diubah sementara selama pertempuran berdasarkan Kemampuan, item, dan gerakan.

  • HP (kependekan dari Hit Points): Pokémon pingsan saat HP-nya mencapai nol, dan tidak dapat digunakan lagi dalam pertempuran hingga dihidupkan kembali di Pokémon Center, atau dengan item khusus. Namun, mereka masih bisa menggunakan gerakan di lapangan.
  • Serangan: Menentukan kekuatan serangan fisik Pokémon.
  • Pertahanan: Menentukan resistensi Pokémon terhadap serangan fisik.
  • Serangan Khusus: Menentukan kekuatan serangan khusus Pokémon.
  • Pertahanan Khusus: Menentukan resistensi Pokémon terhadap serangan khusus.
  • Kecepatan: Setelah perintah pertempuran dimasukkan, statistik Kecepatan dari Pokémon yang berpartisipasi dibandingkan. Dengan beberapa pengecualian, Pokemon dengan Kecepatan lebih tinggi membuat gerakan mereka lebih dulu daripada yang memiliki Kecepatan lebih rendah. Jika dua Pokémon memiliki kecepatan yang sama, melalui algoritma yang disebut generator angka acak, Pokémon dipilih secara acak untuk menjadi yang pertama.

Ada juga dua statistik lainnya, Accuracy dan Evasiveness, yang tidak terpengaruh saat level Pokémon naik. Tidak ada Pokémon yang memiliki Akurasi atau Evasiveness bawaan yang lebih tinggi daripada yang lain, tetapi mereka dapat dimodifikasi selama pertempuran seperti statistik lainnya. Meningkatkan Akurasi membuat gerakan lebih mungkin terkena sementara meningkatkan Evasiveness membuat gerakan lawan lebih mungkin meleset. Akurasi Pokémon, Evasiveness lawan, dan nilai akurasi dari gerakan yang diberikan memengaruhi kemungkinan bahwa gerakan itu akan mengenai. Evasiveness disebut "Evade" di generasi pertama dan "Evasion" di generasi kedua.

Stat lain yang disebut "Critical Hit Rate" juga ada, dan memengaruhi kemungkinan gerakan Pokémon akan menghasilkan pukulan kritis. Stat ini hanya dapat dinaikkan, bukan diturunkan, dan metode untuk mengubahnya jauh lebih jarang daripada metode untuk mengubah 7 stat lainnya (tidak termasuk HP).

Di Pokémon Red, Green, Blue, dan Yellow, stat Special Attack dan Special Defense adalah stat tunggal, bernama stat "Special", yang menentukan kekuatan dan ketahanan terhadap serangan spesial.[17]

Saat Pokémon naik level, statistik mereka meningkat, seperti yang ditentukan oleh nilai stat dasar Pokémon, nilai upaya, Sifat Pokémon, dan nilai individu. Variabel-variabel ini bekerja bersama-sama memberi setiap Pokémon statistik uniknya.

Effort values[sunting | sunting sumber]

Effort values atau EV, adalah nilai tersembunyi yang memengaruhi kekuatan Pokémon di area statistik tertentu. Setiap Pokémon dapat diberi 510 EV, dengan maksimum 252 EV dalam satu stat.[18] Pokémon bisa mendapatkan EV dengan berbagai cara, seperti mengalahkan Pokémon lain atau menggunakan "vitamin". Setiap Pokémon akan memberikan satu atau lebih EV dalam status tertentu yang sesuai dengan spesiesnya saat dikalahkan. Item juga dapat memengaruhi EV Pokémon, dengan vitamin digunakan untuk memberi Pokémon 10 EV dalam satu stat, dan beri tertentu menghapus 10 EV dalam stat sebagai imbalan atas peningkatan nilai persahabatan Pokémon. Pokérus, sebuah kondisi yang diperkenalkan di Pokémon Gold dan Silver, meningkatkan kecepatan Pokémon mendapatkan EV untuk waktu yang terbatas, serta memberi Pokémon kemampuan untuk menyebarkan Pokérus ke Pokémon lain.[19]

Individual values[sunting | sunting sumber]

Nilai individu, atau IV, adalah nilai tersembunyi tambahan untuk setiap Pokémon yang membantu menentukan statistik Pokémon. Setiap Pokémon memiliki IV di setiap stat, mulai dari 0 hingga 31. IV dapat diwariskan melalui pemuliaan, serta dihasilkan secara acak.[20]

Mekanisme pertempuran[sunting | sunting sumber]

Evolusi Mega[sunting | sunting sumber]

Mega Evolution atau Evolusi Mega adalah mekanik yang diperkenalkan di Pokémon X dan Y, yang selanjutnya meningkatkan kemampuan Pokémon tertentu. Jika karakter pemain memiliki item yang disebut Key Stone dan Pokémon memegang Mega Stone yang sesuai dengan spesiesnya, Pokémon tersebut akan dapat melakukan Mega Evolve selama pertempuran.

Dynamax[sunting | sunting sumber]

Pokémon Sword and Shield memperkenalkan mekanisme Dynamax, yang secara signifikan meningkatkan ukuran dan HP Pokémon selama tiga putaran.[21][22] Saat Dynamaxed, semua gerakan Pokémon diganti dengan "Max Move" yang sesuai, yang tidak hanya lebih kuat tetapi juga memiliki efek sekunder, kecuali Max Guard, yang melindungi dari semua serangan.[21] Pokemon tertentu memiliki penampilan yang berbeda saat Dynamaxed, yang dikenal sebagai Gigantamaxing. Selain itu, Gigantamaxed Pokémon mendapatkan akses ke "G-Max Moves" khusus, yang memiliki efek sekunder yang berbeda dari Max Moves pada umumnya.[23] Pemain dapat melawan Dynamaxed Pokémon, serta mendapatkan Pokémon yang mampu melakukan Gigantamaxing, dengan berpartisipasi dalam Max Raid Battles bersama pemain lain.[24]

Terastallisasi[sunting | sunting sumber]

Pokémon Scarlet and Violet memperkenalkan mekanisme 'Terastallization, yang memungkinkan Pokémon untuk mengubah jenisnya agar sesuai dengan "Jenis Tera" saat diaktifkan, serta memberi Pokémon penampilan kristal. Terastalisasi juga memungkinkan Pokémon untuk mendapatkan dorongan STAB pada gerakan Tipe Tera mereka, sambil mempertahankan dorongan STAB pada gerakan tipe asli mereka. Pemain dapat menggunakannya dengan bola Tera, yang dapat digunakan kapan saja dalam game, dan dapat diisi ulang dengan melawan/mengumpulkan energi tera/pergi ke pusat Pokémon. Pemain dapat melawan Pokémon Terastallisasi liar yang ditemukan sebagai satu set spawn, serta melalui Tera Raids dengan pemain lain.

Kontes Pokémon[sunting | sunting sumber]

Kontes adalah kompetisi Pokemon di mana Pokemon dapat bersaing dalam permainan di luar pertarungan. Kontes Pokemon memiliki beberapa varian yang berbeda, yaitu Coolness, Cuteness, Beauty, Cleverness, dan Toughness.[25]

Evolusi Pokémon[sunting | sunting sumber]

Evolusi adalah perubahan bentuk Pokémon secara tiba-tiba, biasanya disertai dengan peningkatan nilai stat. Ada beberapa kondisi berbeda yang dapat memicu evolusi pada spesies berbeda; yang paling umum adalah mendapatkan pengalaman pertempuran yang cukup dan naik level. Ada banyak faktor lain yang dapat menentukan apakah, kapan, dan menjadi apa, Pokemon yang berbeda akan berevolusi. Metode alternatif asli adalah penggunaan item yang disebut "batu evolusioner" atau dengan memperdagangkan Pokémon ke pemain lain. Penambahan selanjutnya pada kumpulan kondisi untuk evolusi termasuk ketergantungan pada tingkat persahabatan Pokémon, waktu dalam game, membawa item unik saat ditukar dengan Pokémon milik pemain lain, jenis kelamin, atau area dalam game tempat Pokémon naik level.

Mendapatkan Pokémon[sunting | sunting sumber]

Pokémon Pemula[sunting | sunting sumber]

Dalam setiap judul permainan video Pokémon (kecuali Pokémon Yellow, Let's Go, Pikachu!, dan Let's Go, Eevee!), pemain diberikan opsi untuk memilih salah satu dari tiga Pokémon Pemula (Pokémon Starter) di awal. Setiap Pokémon Pemula memiliki tipe yang berbeda, baik tipe Rumput, Api, atau Air.[26]

Menangkap Pokémon[sunting | sunting sumber]

Penangkapan adalah salah satu aspek yang paling dikenal dan penting dari waralaba Pokémon. Di sebagian besar permainan video Pokémon, tujuan pemain secara umum adalah melemahkan Pokémon liar dalam pertempuran untuk kemudian melempar Poké Ball dan menangkapnya.[27] Dalam Pokémon Go dan Pokémon: Let's Go!, pemain menangkap Pokémon tanpa melawannya, alih-alih melempar Poké Ball secara langsung, terkadang dibantu oleh buah beri.[28][29]

Poké Ball adalah perangkat berbentuk bola yang digunakan oleh Pelatih Pokémon untuk menangkap Pokémon liar. Saat Poké Ball dilemparkan ke Pokémon, Pokémon tersebut secara otomatis akan menyusutkan diri supaya bisa termuat di dalamnya.[30]

Pembiakan Pokémon[sunting | sunting sumber]

Pembiakan Pokémon diperkenalkan di Pokémon Gold dan Silver. Pokémon dapat dibesarkan dalam permainan yang berjalan di Pokémon Day Care. Ini adalah bisnis yang umumnya dijalankan oleh orang tua atau pasangan, yang mengumpulkan Pokémon milik Pelatih dengan biaya tertentu. Jika tersisa dua Pokémon yang kompatibel di sana, mereka pada akhirnya akan menghasilkan Telur Pokémon, yang dapat diambil oleh Pelatih secara gratis. Setelah dibawa oleh Pelatih untuk jarak tertentu, Telur akan menetas menjadi Pokémon muda, biasanya pada tahap terendah dalam garis evolusi induknya.

Pertukaran Pokémon[sunting | sunting sumber]

Pemain memiliki kemampuan untuk menukar Pokemon mereka satu sama lain dengan menghubungkan dua judul permainan yang kompatibel.[31] Karena seri Pokemon berkisar menangkap sebanyak mungkin Pokemon, skema pertukaran dianggap sebagai aspek penting dari Pokemon.[32] Pokémon tertentu hanya dapat berevolusi dengan bertukar, kecuali Pokémon Legends: Arceus, di mana beberapa Pokémon ini dapat berevolusi dengan item Linking Cord.[33] Pokémon lain harus ditukar sambil memegang item untuk berevolusi, dan Shelmet serta Karrablast perlu ditukar satu sama lain untuk berevolusi.[34]

Dalam beberapa judul tertentu, Global Trading System (GTS) tersedia, memungkinkan pemain untuk mengajukan permintaan untuk Pokémon tertentu dengan imbalan Pokémon lain, yang dapat dipenuhi oleh pemain di seluruh dunia.[35]

Di game lainnya, Perdagangan Ajaib (dikenal di Sword dan Shield sebagai "Perdagangan Kejutan") tersedia, yang memungkinkan pemain menukar Pokémon dengan Pokémon acak dari pemain lain yang juga mencoba Perdagangan Ajaib.[31]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Pokemon dan item tertentu dapat diperoleh melalui acara. Mystery Gift, fitur yang diperkenalkan di Gold dan Silver, memungkinkan pemain menerima hadiah dalam game selama acara waktu terbatas.[36][37] Sementara beberapa hadiah didistribusikan dengan kode serial online atau fungsi online,[36][38] yang lainnya eksklusif untuk acara tatap muka.[39]

Shiny Pokémon[sunting | sunting sumber]

Shiny Pokémon (光るポケモン, Shining Pokémon) pertama kali diperkenalkan di Gold dan Silver sebagai cara untuk menunjukkan kemampuan warna baru dari sistem Game Boy Color. Ini adalah Pokemon yang memiliki warna berbeda dari biasanya; di game sebelumnya, ini dilakukan melalui pertukaran palet. Menghadapi Pokemon Shiny sangatlah jarang; probabilitas dalam kondisi normal adalah 1 dalam 4.096 (1 dalam 8.192 sebelum Pokémon X dan Y).[40]

Pokédex[sunting | sunting sumber]

Pokédex (ポケモン図鑑, Pokémon Zukan, harfiah: Ensiklopedia Pokémon) adalah perangkat elektronik yang dirancang untuk membuat katalog dan memberikan informasi mengenai berbagai spesies Pokémon.[41] Nama Pokédex adalah portmanteau dari Pokémon dan index. Dalam video game, kapan pun Pokémon pertama kali ditangkap, tinggi, berat, jenis spesies, dan deskripsi singkatnya akan ditambahkan ke Pokédex pemain. Setiap wilayah memiliki Pokédex sendiri, yang berbeda dalam penampilan, katalog spesies Pokémon, dan fungsinya. Dalam Pokémon Legends: Arceus, yang terjadi jauh sebelum game Pokémon lainnya, pemain ditugaskan untuk merakit Pokédex pertama.[42]

Pokédex Nasional memungkinkan Pokemon dari semua wilayah untuk dikatalogkan. Setelah dihapuskan dari Pokémon Sword and Shield, banyak penggemar yang kecewa, karena kurangnya Pokédex Nasional yang berarti tidak semua Pokémon dapat ditransfer ke Sword and Shield.[43][44] Meskipun Pokédex Nasional kembali dalam Brilliant Diamond dan Shining Pearl,[45] meskipun hanya mengizinkan Pokémon yang dapat ditransfer ke game Diamond dan Pearl yang asli, Pokédex tersebut tetap absen dalam versi non-remake.[46]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Padilla, Raymond. "Pokémon Ruby/Sapphire". GameSpy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-02. Diakses tanggal 2006-05-30. 
  2. ^ "バトル | 『ポケットモンスターブラック・ホワイト』公式サイト". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-21. Diakses tanggal 2010-10-16. 
  3. ^ "ローテーションバトル | 『ポケットモンスターブラック・ホワイト』公式サイト". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-21. Diakses tanggal 2010-10-16. 
  4. ^ Ramos, Jeff (2019-11-16). "Pokémon Sword and Shield type strength and weakness chart". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-22. Diakses tanggal 2022-10-13. 
  5. ^ Green, Jake (2020-05-22). "Pokemon Sword and Shield Type Chart". USgamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-30. Diakses tanggal 2022-10-13. 
  6. ^ Hernandez, Patricia (June 12, 2013). "Why Game Freak Introduced The Fairy Type In Pokemon". Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 December 2017. Diakses tanggal 15 December 2017. 
  7. ^ Rahaman, Reyadh (2021-09-22). "Pokemon: Everything You Need To Know About Paralysis (Status Condition)". Game Rant (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-09-23. Diakses tanggal 2022-11-21. 
  8. ^ Donaldson, Alex (2022-01-28). "Pokemon Legends: Arceus Type Chart - Strength & Weakness List". VG247 (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-18. Diakses tanggal 2022-10-13. 
  9. ^ Wood, Austin (2022-08-03). "Pokemon Scarlet and Violet's Terastallize mechanic makes Pokemon shiny and changes their type". GamesRadar+ (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-03. Diakses tanggal 2022-10-13. 
  10. ^ Gilliam, Ryan (2022-01-28). "12 major changes in Pokémon Legends: Arceus". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-21. Diakses tanggal 2022-10-13. 
  11. ^ Skrebels, Joe (2016-08-01). "New Pokemon Sun and Moon Trailer Reveals Alola Forms, Z-Moves, New Pokemon and More". IGN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-11. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  12. ^ Oxford, Nadia (2017-07-25). "Pokémon Sun and Moon: Z-Moves and Z-Crystals Guide - Z-Rings". USgamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-14. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  13. ^ a b Frank, Allegra (2016-10-19). "Pokémon Sun and Moon are changing one of the series' most frustrating mechanics". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-07. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  14. ^ Shea, Brian (2019-10-01). "HMs Are Not In Pokémon Sword And Shield". Game Informer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-01. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  15. ^ Official Pokémon Scenario Guide Diamond and Pearl version p. 277
  16. ^ Murray, Sean (12 April 2019). "Pokémon Natures: How Personality Changes Stats And Abilities". TheGamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 April 2019. Diakses tanggal 23 April 2019. 
  17. ^ "25 Things Wrong With Pokémon Red And Blue Everyone Chooses To Ignore". ScreenRant. 29 March 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 April 2019. Diakses tanggal 23 April 2019. 
  18. ^ Ramos, Jeff (2021-11-19). "Pokémon Brilliant Diamond and Shining Pearl EV training guide". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  19. ^ Lee, Julia (2019-11-26). "Pokémon Sword and Shield guide: How to EV train". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-22. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  20. ^ Newell, Adam (2019-07-18). "What are IVs and EVs in Pokémon?". Dot Esports (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-11. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  21. ^ a b Lynn, Lottie (2019-11-26). "Pokémon Sword and Shield Dynamaxing explained - including Dynamax Pokémon, Dynamax Candy, Dynamax Level and Max Moves explained". Eurogamer (dalam bahasa Inggris). Gamer Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-13. Diakses tanggal 2022-10-15. 
  22. ^ Krell, Jason (2020-01-30). "Pokémon Sword and Shield ban shows the divide between competitive scenes". Polygon (dalam bahasa Inggris). Vox Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-07. Diakses tanggal 2022-10-15. 
  23. ^ DeFreitas, Casey (2019-07-09). "Pokemon Sword and Shield: Gigantamax Vs. Dynamax Details Explained". IGN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-15. Diakses tanggal 2022-10-15. 
  24. ^ Carpenter, Nicole (2019-11-15). "Pokémon Sword and Shield: Guide to Max Raid Battles". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-20. Diakses tanggal 2022-10-15. 
  25. ^ Lee, Julia (2021-11-19). "Super Contests – Pokémon Brilliant Diamond & Shining Pearl guide". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-04. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  26. ^ Carr, Joey (2022-09-06). "All Pokemon Starters by Generation". Dot Esports (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-21. Diakses tanggal 2022-10-17. 
  27. ^ Valentine, Rebekah (2022-03-05). "Pokémon Violet and Scarlet Might Return to Traditional Catching Mechanics". IGN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-21. Diakses tanggal 2022-10-17. 
  28. ^ Fox, Glen (2022-08-20). "Pokémon GO - How To Catch Pokémon: Throwing Tips, Poké Balls, & Capture Rates". Nintendo Life (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-15. Diakses tanggal 2022-10-17. 
  29. ^ Tapsell, Chris (2019-03-08). "Pokémon Let's Go catching, catch combo and bonuses explained - how to catch Pokémon in both handheld and docked". Eurogamer (dalam bahasa Inggris). Gamer Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-20. Diakses tanggal 2022-10-17. 
  30. ^ Zheng, Jenny (2022-01-28). "Pokemon Shrink Themselves Down To Fit In Poke Balls, Apparently". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-15. Diakses tanggal 2022-10-17. 
  31. ^ a b Jones, Camden (2019-11-16). "Pokemon Sword and Shield online trading | Can you trade for specific Pokemon on the GTS?". GameRevolution (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-25. Diakses tanggal 2022-10-24. 
  32. ^ Frank, Allegra (2018-07-02). "Trading Pokémon in Pokémon Go guide: How it works, who you can trade and more". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-15. Diakses tanggal 2022-10-24. 
  33. ^ Carpenter, Nicole (2022-02-02). "Pokémon Legends Arceus guide: How to trade Pokémon". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-30. Diakses tanggal 2022-10-24. 
  34. ^ Ramos, Jeff (2019-11-21). "Pokémon Sword and Shield guide: Special evolution methods and requirements". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-22. Diakses tanggal 2022-10-24. 
  35. ^ Hernandez, Patricia (2020-02-13). "Bless Pokemon Home users' outrageous trade requests". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-05. Diakses tanggal 2022-10-24. 
  36. ^ a b Lane, Gavin (2022-10-13). "Pokémon Sword And Shield Codes: Full List Of Mystery Gift Codes". Nintendo Life (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-09-13. Diakses tanggal 2022-10-26. 
  37. ^ Alice, Holly (2022-02-01). "Pokemon Legends: Arceus - All Mystery Gift Codes". VG247 (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-01. Diakses tanggal 2022-10-26. 
  38. ^ Lynn, Lottie (2019-11-15). "Pokémon Sword and Shield free gift Meowth: How to download special early-purchase bonus Meowth explained". Eurogamer.net (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-26. Diakses tanggal 2022-10-26. 
  39. ^ Collins, Jesse (2018-11-14). "How to unlock Gen 4 and 5 Pokemon Mystery Events in 2018". Shacknews (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-10-10. Diakses tanggal 2022-10-26. 
  40. ^ Hernandez, Patricia (2 February 2016). "One Man's Five-Year Quest To Find A Shiny Pokémon". Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 December 2017. Diakses tanggal 15 December 2017. 
  41. ^ Jones, Ali (2022-10-07). "Pokemon Scarlet and Violet's new-look Pokedex is amazing". GamesRadar+ (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-25. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  42. ^ Jiang, Sisi (2022-01-28). "Pokémon Legends: Arceus: Easy Pokedex Tips That Will Make A Huge Difference". Kotaku (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-03. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  43. ^ Hernandez, Patricia (2019-06-13). "Why Pokémon Sword and Shield's limited Pokédex is such a huge deal to fans". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-16. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  44. ^ Fahey, Mike (June 14, 2019). "Not All Pokémon Can Be Imported Into Sword And Shield". Kotaku. Univision Communications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-13. Diakses tanggal June 17, 2019. 
  45. ^ Lynn, Lottie (2021-12-01). "Sinnoh Pokédex and National Pokédex in Pokémon Brilliant Diamond and Shining Pearl". Eurogamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 2022-10-14. 
  46. ^ Peel, Jeremy (2022-02-28). "Pokemon Scarlet and Violet won't end the National Pokedex controversy". GamesRadar+ (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-30. Diakses tanggal 2022-10-14.