Pogot bintang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pogot bintang
Odonus niger Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN193651 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
OrdoTetraodontiformes
FamiliBalistidae
GenusOdonus
SpesiesOdonus niger Edit nilai pada Wikidata
Rüppell, 1836

Pogot bintang ( Odonus niger ) adalah triggerfish di kawasan tropis Indo-Pasifik, dan satu-satunya anggota genusnya . [1] Beberapa nama umum lainnya termasuk ayam-ayam bintang, jebong bintang dan kambing-kambing bintang

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Pogot bintang biasanya berwarna ungu tua dengan tanda hijau kebiruan di kepalanya dan tepi biru muda bersinar di lobus ekor dan sirip. Sama seperti ikan lain dalam keluarga Balistidae, ekornya berbentuk kecapi. Mulut pogot bintang tampak menyeringai dan memiliki gigi kecil berwarna merah setajam jarum dengan dua gigi di rahang atas yang terlihat saat mulutnya tertutup. Ikan pemicu ini adalah salah satu pemicu yang lebih damai dalam keluarga tetapi dapat menjadi ancaman seiring bertambahnya usia dan dapat mengeluarkan suara seperti mendengus. Mereka memiliki kemampuan untuk mengubah warna tergantung pada suasana hati, makanan, makanan, dan kualitas air dari ungu menjadi biru dan hijau kebiruan.

Sirip dada mereka cukup kecil; akibatnya mereka kebanyakan mengemudi dengan sirip punggung dan sirip dubur, yang membuatnya sangat mudah bermanuver, dan mereka juga menggunakan sirip ini untuk bergerak dengan jenis penggerak eksotik yang mengingatkan pada baling-baling. Ini adalah salah satu gaya berenang paling unik di lautan.

Perilaku dan pola makan[sunting | sunting sumber]

Pogot binang mungkin menghuni saluran terumbu atau lereng panjang yang memiliki arus air kuat. Mereka bertahan hidup dengan bersembunyi di bawah sela-sela batu dan celah agar tidak terbawa arus air. Mereka juga mungkin hidup di perairan dangkal pesisir dengan kedalaman sekitar 30 – 100 kaki (9 – 30 meter). Pemicu gigi merah sebagian besar adalah pemakan planktivora. Mereka dapat membentuk kelompok dan biasanya memakan zooplankton yang terbawa arus. Spons adalah bagian lain dari makanan mereka. Mereka juga dikenal sebagai karnivora dan dapat memakan berbagai jenis hewan seperti udang, kerang, cumi-cumi, bulu babi, dan ikan kecil.

Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Pogot bintang hidup di Samudera Indo-Pasifik dan Laut Merah yang tersebar luas. Mereka ditemukan di pantai timur Afrika hingga pulau Marquesas dan Society. Mereka juga dapat ditemukan di utara hingga Selatan Jepang dan selatan hingga Great Barrier Reef di Australia.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Ikan ini memiliki pasangan yang berbeda. Mereka bertemu di tempat kawin di mana pejantan mengatur wilayahnya. Odonus Niger membangun sarang untuk bertelur. Betina menjaga telur, sedangkan jantan dan betina menjaga telur menunggu menetas. Meskipun mereka bisa berkembang biak di alam liar, mereka tidak bisa berkembang biak di akuarium.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Matsuura, K. (2014): Taxonomy and systematics of tetraodontiform fishes: a review focusing primarily on progress in the period from 1980 to 2014. Ichthyological Research, 62 (1): 72-113.