Platygobiopsis hadiatyae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Platygobiopsis hadiatyae
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoGobiiformes
FamiliGobiidae
GenusPlatygobiopsis
SpesiesPlatygobiopsis hadiatyae

Platygobiopsis hadiatyae adalah spesies ikan. Spesies ini hanya diketahui dari Selat Panaitan di sepanjang Selat Sunda di Indonesia.

Anggota Platygobiopsis yang sangat panjang dan ramping dengan kepala dan tubuh rata, dibedakan dari kongenerator dengan kombinasi karakter berikut: jumlah total vertebra 26; pola pterygiophore dorsal 3-12210; papila sensorik pada kepala dalam pola longitudinal, dengan sebagian besar fleshy papila dan membentuk dua tonjolan atau lipatan rendah di sisi kepala; pori-pori sensorik di kepala tidak ada; sisik lateral 56; sisik tidak ada dari kepala, predorsal, daerah pra-pelvik dan perut; tidak ada barbel di bawah kepala; I, 12 sinar dorsal-fin; I, 13 sinar anal-fin; 17 sinar pektoral-fin; merah muda ketika segar, Bagian atas kepala dan tubuh dengan bintik-bintik cokelat gelap halus, sirip tembus pandang dengan bintik-bintik cokelat bervariasi.[1]

Tubuh sangat memanjang, ramping, tertekan anterior dan menjadi kurang tertekan dan lebih sempit posterior; kedalaman tubuh pada asal anal 4,6% SL, lebar tubuh pada asal anal 9,3% SL. Panjang kepala 8,5% dari SL; lebih lebar dari dalam, cukup rata; kedalaman kepala pada margin preoperkular posterior 2,8% dari HL; lebar kepala pada margin preoperkular posterior 6,5% dari HL. Bagian tengah punggung bawah kulit dari sirip punggung ke belakang tengkorak. Mulut sedikit miring, terminal tetapi dengan anterior dagu, mencapai kembali ke bawah bagian anterior mata; bibir halus, bibir bawah bebas di sisi, hampir menyatu di depan, dengan bantalan berbulu sedikit terangkat di dagu, kurang barbel. Papilla baris band d didukung oleh punggung bukit berbulu rendah. Rahang atas 32,9% dari HL. Mata kecil, sebagian besar bersudut dorsal, membentuk bagian dari profil dorsal, 17,6% dari HL. moncong pendek, bulat, 9,4% dari HL. Lebar interorbital, datar, 15,3% dari HL. Caudal pedicle panjang, rata, panjang 18,1% dari SL. Caudal pedicle sempit, kedalaman 3,5% dari SL.

Sirip punggung pertama, pendek, 13,2% dari SL. Sirip punggung kedua dan sirip anal rendah, berbasis panjang (dasar sirip punggung kedua 33% dari SL), rusak karena trawl, sinar jatuh dari dasar sirip caudal ketika tertekan. Groove tengah rendah pada batang dari belakang sirip punggung pertama ke kupang pede caudal (untuk mengakomodasi sirip punggung ketika dilipat). Sirip dada ramping, runcing, sinar tengah terpanjang, 16,7% dari SL; sinar bercabang tetapi paling atas dan paling bawah. Sirip panggul menyatu, oval, mencapai setengah ke anus, 15,0% dari SL; frenum tipis hadir. Sirip caudal mungkin menunjuk (seperti pada bawaan), rusak karena trawl; yang tersisa adalah 20,6% dari SL.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kepala dan tubuh putih dengan bintik-bintik cokelat pucat halus di atas kepala dan bagian atas pipi; sebagian besar opercle unpigmented; skala tepi saku di bagian atas tubuh digambarkan dalam warna coklat pucat; tersebar luas bintik-bintik hitam sangat kecil di bagian ventral tubuh. Bibir dan bantalan berbulu di dagu lebih berpigmen berat daripada kepala lainnya.

Sebagian besar unsur sirip berwarna putih; membran transparan terhadap hyaline; bintik-bintik kecil berwarna kecoklatan pucat hadir pada beberapa sinar sirip punggung; garis-garis kehitaman sempit sepanjang sinar sirip caudal dan beberapa bintik abu-abu kehitaman yang tersebar. Garis tengah ventral dari pamanda caudal dengan bercak abu-abu kecil yang tidak jelas di dasar anterior setiap sirip. Daerah prepelvic dengan sedikit bintik hitam yang sangat kecil membentuk garis patah yang tidak jelas di garis tengah, dari isthmus sampai dasar sirip panggul. Bagian bawah tubuh berwarna putih polos.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Matsunuma, Mizuki; Tan, Heok Hui; Peristiwady, Teguh (2020-04-01). "Chelidoperca flavolineata, a new species of perchlet (Perciformes: Serranidae) from Indonesia and the first Indonesian record of C. maculicauda". Ichthyological Research (dalam bahasa Inggris). 67 (2): 308–319. doi:10.1007/s10228-019-00729-2. ISSN 1616-3915.