Plankton dan Karen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Plankton dan Karen
Tokoh SpongeBob SquarePants
Penampilan
perdana
"Plankton!" (1999)
PenciptaStephen Hillenburg
Didesain
oleh
Stephen Hillenburg
Pengisi suaraPlankton: Mr. Lawrence
Karen: Jill Talley
Pemeran dramaPlankton: Wesley Taylor (drama musik Broadway)[1]
Karen: Stephanie Hsu (drama musik Broadway)[2]
Informasi
SpesiesPlankton: Copepoda[3]
Karen: komputer canggih
PekerjaanPemilik rumah makan Chum Bucket
AnakChip Plankton (anak)[4]
PeliharaanSpot (seekor amoeba)

Sheldon J. Plankton dan Karen Plankton adalah pasangan antagonis dalam seri animasi SpongeBob SquarePants. Pengisi suara Plankton adalah Mr. Lawrence, Karen diisi oleh Jill Talley. Mereka berdua tampil di episode "Plankton!" pada tanggal 31 Juli 1999. Diciptakan oleh Stephen Hillenburg, animator dan ahli biologi laut. Stephen Hillenburg menamai Karen berdasarkan nama istrinya, Karen Hillenburg.

Plankton dan Karen adalah pasangan suami istri yang menjalankan bisnis rumah makan Chum Bucket. Plankton adalah Copepoda yang cerdas, sedangkan Karen adalah komputer canggih. Plankton bersaing dengan Eugene Krabs, pemilik rumah makan seberang jalan yang menjual menu burger laris Krabby Patty. Plankton dan Karen berusaha mencuri resep Krabby Patty dan selalu dihadang oleh Krabs dan pegawainya.

Plankton dan Karen diatur sebagai tokoh minor yang terus dikembangkan, sehingga menjadi antagonis utama di waralaba tersebut. Plankton berperan sebagai tokoh sentral dalam film The SpongeBob SquarePants Movie dengan nama yang dipaparkan di kredit film. Peran ini juga berlaku di film The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water. Mereka berdua ada di berbagai spin-off, pengumuman resmi, paket mainan dan barang lainnya.

  1. ^ Clement, Olivia (1 Maret 2018). "Get to Know SpongeBob SquarePants' Wesley Taylor". Playbill. Diakses tanggal 9 Agustus 2019. 
  2. ^ Hsu, Stephanie (22 Januari 2018). "Introduce Yourself(ie): 10 Questions with SpongeBob SquarePants Star Stephanie Hsu". BroadwayBox.com. Diakses tanggal 24 Juli 2019. 
  3. ^ Wilson, Amy (12 Februari 2002). "Stephen Hillenburg created the undersea world of SpongeBob". Orange County Register. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal 10 Juni 2014. 
  4. ^ "SpongeBob SquarePants: Plankton's Son Explained (What Happened To Him)?". ScreenRant (dalam bahasa Inggris). 12 September 2021. Diakses tanggal 10 Desember 2021.