Pirsarupa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pesawat ulang-alik yang berada di luar wahana Space Shuttle America adalah contoh maket

Dalam manufaktur dan desain, model visual, atau pirsarupa, adalah model desain atau perangkat berskala atau ukuran penuh, yang digunakan untuk pengajaran, demonstrasi, evaluasi desain, promosi, dan tujuan lainnya. Sebuah pirsarupa dapat menjadi purwarupa jika ia menyediakan setidaknya sebagian dari fungsionalitas sistem dan memungkinkan pengujian desain.[1]

Pirsarupa digunakan oleh desainer terutama untuk memperoleh umpan balik dari pengguna. Pirsarupa menjawab ide yang ditangkap dalam kalimat teknik populer: "Anda dapat memperbaikinya sekarang di papan gambar dengan penghapus atau Anda dapat memperbaikinya nanti di lokasi konstruksi dengan palu godam".[2]

Pirsarupa digunakan sebagai alat desain hampir di mana pun produk baru dirancang. Pirsarupa digunakan dalam industri perangkat otomotif sebagai bagian dari proses pengembangan produk, di mana dimensi, kesan keseluruhan, dan bentuk diuji dalam eksperimen terowongan angin . Mereka juga dapat digunakan untuk menguji reaksi konsumen.

Akuisisi militer[sunting | sunting sumber]

Pirsarupa adalah bagian dari proses akuisisi militer . Pirsarupa sering digunakan untuk menguji faktor manusia dan aerodinamika, misalnya.[3] Dalam konteks ini, pirsarupa menyertakan model bingkai kawat . Mereka juga dapat digunakan untuk tampilan publik dan tujuan demonstrasi sebelum pengembangan purwarupa, seperti halnya pesawat tiruan Lockheed Martin F-35 Lightning II .

Barang konsumsi[sunting | sunting sumber]

Pirsarupa digunakan dalam industri barang konsumsi sebagai bagian dari proses pengembangan produk, di mana dimensi, faktor manusia, kesan keseluruhan, dan seni komersial diuji dalam riset pemasaran . Pirsarupa membantu memvisualisasikan bagaimana semua keputusan desain berjalan bersama, meyakinkan dan sangat mirip dengan produk akhir, dapat dengan mudah direvisi daripada di tahap produksi nanti, Ini juga membantu dalam visualisasi proyek desain paket dalam 3D & mempercepat persetujuan.

Perabotan dan lemari[sunting | sunting sumber]

Pirsarupa biasanya dibutuhkan oleh desainer, arsitek, dan pengguna akhir untuk furnitur dan lemari khusus.[4] Tujuannya sering kali adalah untuk menghasilkan replika berukuran penuh, menggunakan bahan yang tidak mahal untuk memverifikasi suatu desain. Pirsarupa sering kali digunakan untuk menentukan proporsi suatu karya, berkaitan dengan berbagai dimensi karya itu sendiri, atau untuk menyesuaikan karya tersebut ke dalam ruang atau ruangan tertentu. Kemampuan untuk melihat bagaimana desain suatu bagian berhubungan dengan ruangan lainnya juga merupakan faktor penting dalam menentukan ukuran dan desain.

Rekayasa Perangkat Lunak[sunting | sunting sumber]

Penggunaan pirsarupa yang paling umum dalam pengembangan perangkat lunak adalah untuk membuat antarmuka pengguna yang menunjukkan kepada pengguna akhir seperti apa tampilan perangkat lunak tersebut tanpa harus membangun perangkat lunak atau fungsionalitas yang mendasarinya. Pirsarupa UI perangkat lunak dapat berkisar dari tata letak layar yang digambar tangan sangat sederhana, melalui bitmap realistis, hingga antarmuka pengguna semi fungsional yang dikembangkan dalam alat pengembangan perangkat lunak.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Pada awal pembangunan suatu proyek, arsitek sering kali mengarahkan kontraktor untuk menyediakan pirsarupa material untuk ditinjau. Hal ini memungkinkan tim desain untuk meninjau pilihan bahan dan warna, serta melakukan modifikasi sebelum pesanan produk dilakukan. Pirsarupa arsitektur juga dapat digunakan untuk pengujian kinerja (seperti penetrasi air pada instalasi jendela, misalnya) dan membantu menginformasikan subkontraktor bagaimana detailnya akan dipasang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vieru, Tudor (30 January 2009). "KSC Gets Orion Mock-Up for Testing". News.softpedia.com. 
  2. ^ Mock-ups. Interaction-design.org. 16 February 2010. 
  3. ^ Cline, Todd, "Lessons Learned From Product Manager (PM) Infantry Combat Vehicle (ICV) Using Soldier Evaluation in the Design Phase", ARMY AL&T Magazine, April–June 2008
  4. ^ Jesberger, Lee A., "Mock Ups", Pro Woodworking Tips, 2006.