Maket

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Maket sederhana Istana Sultan Deli, Medan

Maket adalah bentuk tiruan (gedung, kapal, pesawat terbang, dan sebagainya) dalam tiga dimensi dan berskala kecil. Maket biasanya terbuat dari kayu, kertas, tanah liat, dan sebagainya.[1] Maket berguna untuk menampilkan gambaran visual mengenai bangunan atau area yang dimaksud dengan skala yang tepat, tanpa perlu mengamati langsung objek aslinya.[2]

Maket jamak digunakan pada bidang rekayasa, arsitektur, pembuatan film, strategi militer, pemasaran dan juga sebagai hobi. Masing-masing bidang tersebut mungkin memanfaatkan maket untuk tujuan yang berbeda-beda. Akan tetapi, maket pada dasarnya berlandaskan pada prinsip yang sama dan harus memenuhi beberapa prasyarat umum untuk tetap dapat digunakan. Perincian prasyaratnya sangat bergantung pada kebutuhan pemodelnya.

Untuk menjadi maket yang sebenarnya, semua aspek yang bersangkutan harus dimodelkan secara tepat, seperti ciri-ciri bahannya, sehingga hubungan antara model dan objek aslinya dapat bertahan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hasil Pencarian - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2019-05-03. 
  2. ^ "Fungsi Maket Bangunan dan Alasan Menggunakan Jasa M2Miniatur.com". M2 MINIATUR | Jasa Pembuatan Maket & Miniatur Jakarta (dalam bahasa Inggris). 2017-09-12. Diakses tanggal 2019-05-03.