Pintasan (berkas komputer)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam dunia komputasi, berkas pintasan adalah perantara antarmuka yang memungkinkan pengguna menemukan file atau sumber tertentu yang terletak pada direktori berbeda dari pintasan tersebut. Selain itu, terdapat pintasan internet yang memungkinkan pengguna membuka halaman file atau sumber tertentu yang terdapat dalam jaringan internet atau situs lain.

Pintasan terbuat dari berkas dengan ukuran kecil yang terdiri dari URI atau GUID target ke objek, atau nama file program target yang diwakili oleh pintasan. Pintasan mungkin memiliki spesifikasi parameter untuk menuju ke program target ketika berjalan. Setiap Pintasan dapat memiliki ikon yang berbeda-beda. Pintasan biasanya disimpan dalam desktop. Pada Macintosh, pintasan disebut alias dan dalam sistem UNIX disebut tautan simbolis.

Implementasi[sunting | sunting sumber]

Microsoft Windows[sunting | sunting sumber]

Pintasan (juga dikenal sebagai tautan shell ) diperkenalkan di Windows 95 . [1] Microsoft Windows menggunakan .lnk sebagai ekstensi untuk nama berkas pada pintasan ke file lokal dan .URL untuk pintasan ke berkas pada server, seperti halaman website. Biasanya disebut sebagai "shortcut" atau "link files", keduanya ditampilkan dengan ikon hamparan panah lengkung, dan tanpa ekstensi nama file. Ekstensi tersembunyi pada Windows Explorer bahkan ketika "Hide extensions for known file types" tidak diaktifkan di File Type pilihan, karena dikendalikan oleh opsi NeverShowExt di HKEY_CLASSES_ROOT \ lnkfile pada Registry. Opsi IsShortcut menyebabkan adanya tampilanpanah. File pintasan dapat digunakan untuk meluncurkan program dalam keadaan jendela yang minimum atau maksimal jika program mendukungnya.

File .lnk Microsoft Windows beroperasi sebagai ekstensi Windows Explorer, bukan sebagai ekstensi sistem berkas. Sebagai ekstensi shell, file .lnk tidak dapat digunakan sebagai pengganti berkas, kecuali pada Windows Explorer. Selain itu, File .lnk memiliki kegunaan lain pada Windows Explorer, yaitu sebagai pintasan ke file lokal (atau GUID). File-file ini dimulai dengan "L".

Pintasan file pada Windows dapat menyimpan jalur folder yang sedang digunakan selain jalur target. Environment variable dapat digunakan. Sebuah hotkey dapat didefinisikan dalam properti pintasan untuk pintasan yang terletak di Start Menu folder, diletakkan pada Taskbar atau Desktop. Di Windows 2000 dan yang baru, pintasan file dapat menyimpan komentar yang ditampilkan sebagai tips saat mouse diarahkan ke pintasan.

Umumnya, efek klik dua kali pintasan dimaksudkan sama dengan klik dua kali aplikasi atau dokumen yang dirujuk, tetapi pintasan Windows berisi properti terpisah untuk file target dan direktori "Start In". Jika parameter terakhir tidak dimasukkan, pengguna yang mencoba pintasan untuk beberapa program dapat menghasilkan kesalahan "missing DLL", kesalahan ini disebabkan oleh tidak adanya aplikasi diakses secara langsung. [2]

Tautan sistem file juga dapat dibuat pada sistem Windows (Vista dan yang lebih tinggi). Tautan tersebut menyediakan fungsi yang serupa, meskipun tautan tersebut adalah fitur dari sistem file . Pintasan Windows adalah file dan bekerja secara independen dari sistem file, melalui aplikasi Explorer. [3]

Di awal Windows 7, beberapa pintasan juga menyimpan Application User Model IDs (AppUserModelIDs). [4] Selain tidak diperuntukkan untuk perintah target, AppUserModelIDs dapat langsung digunakan untuk meluncurkan aplikasi. Pintasan dengan AppUserModelIDs digunakan oleh beberapa program desktop dan semua aplikasi WinRT Modern/Universal Windows Platform untuk peluncuran.

Terdapat berkas lain yang serupa dengan ".lnk", berkas tersebut memiliki ekstensi ".cda". Berkas ini berguna untuk ditujukan untuk sebuah lagu pada CD (dalam format CDDA / RedBook).

Unix[sunting | sunting sumber]

Sistem operasi yang mengadaptasi UNIX seperti GNOME atau KDE menggunakan ekstensi .desktop yang tersedia dalam freedesktop.org[5]. Fitur ini berguna untuk merujuk ke berkas, folder, dan aplikasi yang terdapat pada komputer atau jaringan lain. Tautan simbolik dapat dibuat pada sistem UNIX, yang memiliki fungsi yang sama, meskipun itu sudah menjadi fitur bawaan sebuah berkas dari sistem.

Mac[sunting | sunting sumber]

Macintosh tidak memiliki ekstensi pintasan. Tetapi, sebuah berkas yang dinamai "alias" diperkenalkan pada System 7. Berkas ini melacak informasi seperti nomor inode untuk pergerakan tertentu. Pada Sistem 7 sampai MacOS 9, alias dibedakan dengan menggunakan huruf miring untuk penulisan nama. Pada versi MacOS 8, terdapat tanda pembeda lain yaitu "alias arrow" - sebuah panah hitam kecil dengan latar berbentuk kotak berwarna putih. Untuk MacOS X, nama alias dicetak normal. Alias mempertahankan referensi secara dinamis ke obyek. Hal ini memungkinkan pengguna tidak perlu menentukan saat memanggil file pada server yang jauh.

Selain itu, tautan simbolik dapat dibuat pada sub sistem UNIX. Mesin pencarian Safari memiliki format .webloc untuk menyimpan tautan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pengguna menjalankan aplikasi dengan membuka berkas yang sebenarnya atau eksekusi langsung dari tempat berkas tersebut disimpan. Konsep pintasan yang dapat dijalankan melalui ikon aplikasi dapat diartikan menjalankan perintah terkait dengan berkas atau fungsi lainnya. Konsep ini pertama kali dipublikasi dalam penelitian "A Task Oriented Front End For The Windows Graphical User Interface" yang terbit pada tahun 1991 oleh Kingston University. Penelitian ini ditunjukkan ke Microsoft dan Xerox EuroPARC pada tahun yang sama di bawah perjanjian berbagi teknologi akademis/bisnis. Bentuk sederhana penelitian ini terdapat dalam Sistem 7 pada tahun 1991, dan diadaptasi Windows 95 empat tahun kemudian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chen, Raymond (October 2009). "Windows Confidential: Tracking Shortcuts". TechNet Magazine. Microsoft. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 October 2009. Diakses tanggal 14 April 2019. 
  2. ^ Cheng, Chieh (19 April 2008). "Dawn of War - Dark Crusade: Error Loading Module". GearHack. Diakses tanggal 14 April 2019. 
  3. ^ Chen, Raymond (September 2006). "Windows Confidential: Why are Shortcuts Files?". TechNet Magazine. Microsoft. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 July 2009. Diakses tanggal 14 April 2019. 
  4. ^ "Application User Model IDs (AppUserModelIDs)". MSDN. Microsoft. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 January 2015. Diakses tanggal 14 April 2019. 
  5. ^ "Desktop Entry Specification". freedesktop.org. freedesktop.org. Diakses tanggal 2015-07-28.