Pilea pumila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Clearweed
Pilea Pumila berada di tebing yang lembab
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Pilea Pumila
Nama binomial
Pilea pumila (L.) A.Gray
Pilea pumila (L.) A.Gray

Pilea pumila , umumnya dikenal sebagai clearweed , adalah tanaman herba yang termasuk kedalam keluarga jelatang (Urticaceae). Tanaman ini berasal dari Asia dan Amerika Utara bagian timur, tempat ia tersebar luas.

Tanaman ini paling sering ditemukan di tanah lempung yang kaya, biasanya di daerah lembab hingga basah seperti pinggir-pinggir sungai. Habitat alami di hutan atau kondisi teduh ringan lainnya. Ini adalah tanaman umum di seluruh jajarannya, dan membentuk koloni besar di mana ia ditemukan. Tumbuh di kedua habitat berkualitas tinggi dan di daerah yang terdegradasi secara ekologis. Karena toleransi yang tinggi terhadap gangguan, sering terlihat di dekat bangunan dan sebagai gulma taman.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Jelatang lunak tahunan yang tumbuh di daerah lembab. Ini adalah tanaman yang sangat umum yang didistribusikan secara luas di seluruh Jepang, bersama dengan Mizu P.hamaoi Makino yang terkait erat. Batangnya setinggi 30–50 cm, tidak berambut dan lembut. Daunnya berlawanan, oval oval, panjang 3–10 cm. Bunga itu adalah sepasang perbungaan dari Juli hingga Agustus, dengan perbungaan atas melekat pada bunga betina dan perbungaan yang lebih rendah melekat pada bunga jantan. Buah dari September hingga Oktober. Jumlah potongan bunga adalah fitur penting dalam klasifikasi genus Mizu, dan Aomi dan Mizu khusus dalam genus Mizu karena mereka memiliki dua potong bunga jantan (biasanya empat dalam genus Mizo). Pada cacing gunung yang lebih kecil P.japonica (Maxim.) Hand.-Mazz., Bunga betina memiliki lima potong bunga (biasanya tiga dalam genus Mizo) dan dapat dipisahkan. Tanaman muda harum dan direbus serta dimakan. Di Cina, digunakan untuk efek antipiretik dan diuretik. Namun, Mizuna adalah tanaman milik genus lain.

Genus Mizu tersebar luas di seluruh dunia dan merupakan kelompok besar termasuk sekitar 600 spesies. Semua spesies Jepang memiliki karakteristik khusus dan menarik secara taksonomi. Beberapa spesies, termasuk P.cadierei dari genus yang sama, memiliki daun yang indah, Piraea Ini dibudidayakan sebagai tanaman dedaunan dengan nama.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Referensi[sunting | sunting sumber]

[1]

  1. ^ "Pilea pumila". Flora of North America. Diakses tanggal 3 August 2022.