Pikolo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pikolo
Alat musik tiup kayu
Klasifikasi
Hornbostel–Sachs421.121.12-71
(Flute-like aerophone with keys)
Rentangan permainan

    {
      \new Staff \with { \remove "Time_signature_engraver" }
      \clef treble \key c \major \cadenzaOn
      \tweak font-size #-2 c'1 ^ \markup "written"
      d'1 \glissando \ottava #+1 c''''1 \ottava #0
      \hide r1
      \tweak font-size #-2 c''1 ^ \markup "sounds"
      d''1 \glissando \ottava #+2 c'''''1
    }
Tessitura of the piccolo is D5–C8. Some have a key for low C5.
Alat musik terkait
Flutes:

Piccolo ( /ˈpɪkəl/ pih--loh ; bahasa Italia untuk 'kecil') [1] adalah seruling berukuran setengah dan merupakan anggota keluarga alat musik tiup kayu . Kadang-kadang disebut sebagai "seruling bayi", piccolo modern memiliki jari yang mirip dengan seruling melintang standar, [2] tetapi suara yang dihasilkannya satu oktaf lebih tinggi. Hal inilah yang memunculkan nama ottavino [3] (pengucapan bahasa Italia: [ottaˈviːno]), yang dalam bahasa Italia disebut instrumen tersebut [4] dan juga dalam sejumlah komposer Italia.

Piccolo Prancis awal abad ke-19 dalam D .

Piccolos sering kali diatur untuk menggandakan biola atau seruling, menambahkan kilauan dan kecemerlangan pada keseluruhan suara karena transposisi satu oktaf ke atas yang disebutkan di atas. Piccolo adalah anggota standar dalam orkestra, marching band, dan ansambel tiup .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak Abad Pertengahan, bukti menunjukkan penggunaan seruling melintang oktaf sebagai instrumen militer, karena suaranya yang tajam terdengar di atas pertempuran. Namun, dalam musik budaya, piccolos pertama digunakan dalam beberapa karya Jean Philippe Rameau pada paruh pertama abad ke-18. Namun, instrumen tersebut mulai menyebar, dan oleh karena itu mendapat tempat yang stabil dalam orkestra, hanya pada awal tahun 1800 M. Selama periode Barok, indikasi "flautino" atau juga "flauto piccolo" biasanya menunjukkan alat perekam berukuran kecil ( sopran atau sopranino). Khususnya, ini adalah kes konsert yang ditulis Antonio Vivaldi untuk flautino .[5]

Hingga akhir abad ke-19, pikolo mempertahankan konstruksi yang sama. Secara historis, pikolo memiliki kunci yang sama pada seruling barok (satu kunci) dan kemudian pada seruling sistem sederhana klasik dan romantis. Pada akhir abad tersebut, piccolo mulai dibuat dengan mekanisme Boehm, yang kemudian menjadi standar pada tahun 1900-an. Namun, ia tidak dapat sepenuhnya bertransisi ke sistem Boehm karena lubangnya tetap berbentuk kerucut, seperti pada seruling sistem lama, dan nada terbawah pertama adalah D, seperti pada seruling barok. Piccolo berbeda dengan fife, yang biasanya berbentuk satu bagian, memiliki lubang silinder yang lebih kecil, dan menghasilkan suara yang lebih nyaring.

Repertoir[sunting | sunting sumber]

Ada sejumlah karya untuk piccolo sendiri oleh komposer seperti Samuel Adler, Miguel del Aguila, Robert Dick, Michael Isaacson, David Loeb, Stephen Hough, Polly Moller, Vincent Persichetti, Karlheinz Stockhausen, dan Brian Ferneyhough .

Repertoar untuk piccolo dan piano, banyak di antaranya adalah sonata, disusun oleh Miguel del Águila, Robert Baksa, Robert Beaser, Rob du Bois, Howard J. Buss, Eugène Damaré [fr], Pierre Max Dubois, Raymond Guiot, Lowell Liebermann, Peter Schickele, Michael Daugherty, dan Gary Schocker .

Konsert telah disusun untuk piccolo, termasuk yang oleh Lowell Liebermann, Sir Peter Maxwell Davies, Todd Goodman, [6] Martin Amlin, Will Gay Bottje, [7] Bruce Broughton, Valentino Bucchi, Avner Dorman, Jean Doué, Michael Easton, [8] Egil Hovland, Guus Janssen, Daniel Pinkham, Jeff Manookian dan Levente Gyöngyösi .

Piccolo konser dengan badan grenadilla dan sambungan kepala gelombang serta tuts berlapis perak

Selain itu, kini terdapat pilihan musik kamar yang menggunakan piccolo. Salah satu contohnya adalah Zungenspitzentanz karya Stockhausen, untuk piccolo dan dua euphonium (atau satu synthesizer), dengan pemain perkusi dan penari opsional. Lainnya adalah Madrigals karya George Crumb , Buku II untuk soprano, flute (doubling piccolo/alto flute), dan perkusi. Contoh lain termasuk trio untuk piccolo, contrabassoon, dan piano, 'Was mit den Tränen geschieht' oleh Stephen Hough, Quintet untuk Piccolo dan String Quartet oleh Graham Waterhouse, dan Malambo untuk piccolo, double bass, dan piano oleh Miguel del Aguila . Trio yang diterbitkan saat ini untuk tiga pikolo termasuk Quelque Chose canadienne (Sesuatu yang Kanada) oleh Nancy Nourse dan Bird Tango oleh Crt Sojar Voglar untuk tiga pikolo dengan piano. Hantu Petrushka untuk delapan pikolo oleh Melvin Lauf, Jr. dan Una piccolo sinfonia untuk sembilan pikolo oleh Matthew King adalah dua contoh lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "piccolo - Dictionary Definition". Vocabulary.com. Diakses tanggal 2021-01-25. 
  2. ^ "Transverse flute". The Free Dictionary By Farlex. Diakses tanggal 2012-05-26. 
  3. ^ Italian substantified adjective (an ellipsis of flauto ottavino, "small flute at the [high] octave") that means "small at the [high] octave". In the past ottavino was not a specific word for the piccolo, as it was also used for other instruments like the small spinet at the octave, spinetta ottavina or simply ottavino.
  4. ^ "The Names of Instruments and Voices in English, French, German, Italian, Russian1, and Spanish". Yale University Music Library. Diakses tanggal 2012-05-26. 
  5. ^ Moreover, even the simple indication flauto in the music of that period is to be understood as a (alto) recorder; the transverse flute was always explicitly requested with names such as flauto traverso or flauto traversiere. It is in fact only from the second quarter of the 18th century that the recorder begins a rapid decline which in the following decades will see the transverse flute become the only type of flute in cultured music.
  6. ^ "Todd Goodman: Composer". Quincy Symphony Orchestra Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-04-17. Diakses tanggal 2009-06-13. 
  7. ^ "Will Gay Bottje". American Composers Alliance. Feb 19, 2009. 
  8. ^ Concerto for Piccolo, Percussion and Strings, Australian Music Centre page.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Gippo, Jan (ed.). Piccolo Lengkap: Panduan Komprehensif tentang Fingerings, Repertoar, dan Sejarah, edisi kedua, kata pengantar oleh Laurie Sokoloff; editor kontributor, Therese Wacker, Morgan Williams, dan Tammy Sue Kirk. Bryn Mawr: Perusahaan Theodore Presser, 2008.ISBN 978-1-59806-111-6ISBN 978-1-59806-111-6

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Piccolo di Wikimedia Commons

Templat:Western concert flutes