Seruling konser Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seruling
Nama lain
  • Transverse flute
  • Boehm flute
  • C flute
Klasifikasi

Edge-blown aerophone

Hornbostel–Sachs classification 421.121.12

(ditiup di samping dengan lubang jari)

    {
      \new Staff \with { \remove "Time_signature_engraver" }
      \clef treble \key c \major \cadenzaOn
      \tweak font-size #-2 b1
      c'1 \glissando \ottava #+1 c''''1
      \tweak font-size #-2 f''''1 \finger \markup \text "poss."
    }
Tessitura of the standard C concert flute is C4–C7. Some have a key for low B3.
Flutes:
  • Piccolo
  • Treble
  • Soprano
  • C flute
  • Flûte d'amour
  • Alto
  • Bass
  • Contra-alto
  • Contrabass
  • Subcontrabass
  • Double Contrabass
  • Hyperbass

Seruling konser Barat adalah keluarga instrumen musik tiup kayu melintang (ditiup ke samping) yang terbuat dari logam atau kayu. Ini adalah varian seruling yang paling umum. Seorang musisi yang memainkan seruling disebut pemain suling (dalam bahasa Inggris British), pemain flute (dalam bahasa Inggris Amerika), atau sekadar pemain seruling.

Jenis seruling ini digunakan dalam banyak ansambel, termasuk band konser, band militer, marching band, orkestra, ansambel seruling, dan terkadang band jazz dan band-band besar. Seruling lain dalam keluarga ini termasuk piccolo, yang alto flute, dan bass flute. Besar perbendaharaan karya telah disusun untuk seruling.

Pendahulu[sunting | sunting sumber]

Seruling adalah salah satu alat musik tiup tertua dan paling banyak digunakan.[1] Cikal bakal seruling konser modern adalah seruling melintang kayu tanpa kunci yang mirip dengan seruling modern . Ini kemudian dimodifikasi untuk memasukkan antara satu dan delapan kunci untuk nada berwarna.

"Berjari-Enam" D adalah nada paling umum untuk seruling melintang kayu tanpa kunci, yang terus digunakan hingga saat ini, khususnya dalam musik tradisional Irlandia dan pertunjukan musik awal yang berdasarkan sejarah, termasuk Barok . Selama era Barok, seruling melintang tradisional didesain ulang dan akhirnya dikembangkan menjadi <i id="mwLQ">traverso</i> modern.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Ilustrasi Seruling Klasik Barat tahun 1911

Opsi mekanis[sunting | sunting sumber]

Perbandingan kaki C dan kaki B (kanan)
B tombol jempol
Tombol jempol B (ditemukan dan dipelopori oleh Briccialdi ) dianggap standar saat ini.[2]
Kunci lubang terbuka versus kunci dataran tinggi
Seruling "model Prancis" lubang terbuka memiliki lubang melingkar di tengah lima tuts.[3] Lubang-lubang ini tertutup oleh ujung jari ketika tombol ditekan. Seruling lubang terbuka sering kali dipilih oleh pemain suling tingkat konser, meskipun preferensi ini kurang lazim di Jerman, Italia, dan Eropa Timur. Siswa dapat menggunakan sumbat sementara untuk menutup lubang sampai mereka dapat menutup lubang dengan ujung jari. Beberapa pemain suling mengklaim bahwa tuts lubang terbuka memungkinkan proyeksi suara lebih keras dan jelas pada register rendah. Kunci lubang terbuka diperlukan untuk musik Celtic tradisional dan gaya etnik lainnya serta beberapa karya konser modern yang memerlukan nada harmonis atau suara "bernafas". Mereka juga dapat memfasilitasi penjarian bergantian, " teknik lanjutan " seperti nada seperempat, glissando, dan multifonik. Lubang tertutup (kunci dataran tinggi) memungkinkan posisi tangan yang lebih santai bagi beberapa pemain suling, yang dapat membantu permainan mereka.
Mengimbangi G versus tombol G sebaris
Semua model asli Boehm memiliki tombol offset G, yang secara mekanis lebih sederhana, dan memungkinkan posisi tangan yang lebih santai, terutama bagi pemain suling dengan tangan kecil. Beberapa pemain lebih memilih posisi tangan dari in-line G. Selama [4] -tahun terdapat kesalahpahaman bahwa inline G adalah untuk seruling "profesional" sedangkan offset G adalah untuk model "pelajar", namun stereotip ini sebagian besar telah dibantah.[5]
Berpisah E
Modifikasi split E membuat oktaf ketiga E (E 6 ) lebih mudah dimainkan oleh beberapa pemain suling. Pilihan yang lebih murah adalah "sisipan G rendah".
kaki B
Kaki B memperluas jangkauan seruling turun satu seminada ke B 3 (B di bawah nada tengah C).
Kunci alat
Beberapa seruling dengan kaki B memiliki " kunci gizmo ": perangkat yang memungkinkan penutupan lubang nada B secara terpisah dari kunci C dan C . Kunci gizmo membuat C 7 lebih mudah dimainkan.[6]
Kunci getar
Tiga tuts getar standar memungkinkan pergantian cepat antara dua nada dengan penjarian standar yang berbeda: tuts getar terendah, tengah, dan tertinggi masing-masing memudahkan C–D , C–D, dan B –A.[7] Beberapa nada yang lebih tinggi (oktaf ketiga B dan B dan sebagian besar nada oktaf keempat) juga memerlukan penggunaan dua kunci getar yang lebih rendah. Kunci keempat yang disebut kunci getar C adalah pilihan yang semakin populer yang tersedia pada banyak seruling. Dinamai berdasarkan salah satu kegunaannya, untuk memudahkan getar B hingga C , namun juga memungkinkan beberapa getar dan tremolo yang sangat sulit, seperti G tinggi hingga A tinggi.[8] Cara lain untuk menggetarkan G 6 – A 6 adalah kunci getar G–A tinggi khusus.[9]
D rol
Beberapa model menawarkan opsi roller D , atau bahkan sepasang roller paralel opsional pada tombol D dan C , yang memudahkan gerakan jari kelingking kanan, misalnya, pada C rendah hingga D .
Lubang nada yang disolder
Lubang nada dapat dibuat (dengan menarik bahan tabung keluar) atau disolder (memotong lubang di tabung dan menyolder cincin bahan tambahan). Lubang nada yang disolder dianggap oleh beberapa orang dapat meningkatkan nada, tetapi umumnya lebih mahal.
Skala dan nada
Nada standar sangat bervariasi sepanjang sejarah, [10] dan hal ini memengaruhi cara pembuatan seruling. [11] Meskipun standar nada konser saat ini adalah A 4 = 440 Hz, banyak pabrikan mengoptimalkan ukuran/jarak lubang nada untuk opsi nada yang lebih tinggi seperti A 4 = 442 Hz atau A 4 = 444 Hz. (Seperti disebutkan di atas, penyesuaian nada satu nada, biasanya penjarian A 4, dapat dilakukan dengan menggerakkan headjoint masuk dan keluar dari duri headjoint, tetapi intinya di sini adalah bahwa hubungan mekanis A 4 dengan semua nada lainnya diatur ketika lubang nada dipotong. Namun, penyimpangan kecil dari nada 'mekanis' objektif (yang terkait dengan impedansi akustik dari penjarian tertentu ) dapat diimprovisasi dengan penyesuaian embouchure .)

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Musik klasik[sunting | sunting sumber]

Versi awal dari konser seruling La tempesta di mare karya Antonio Vivaldi kemungkinan ditulis sekitar tahun 1713–1716, dan dengan demikian menjadi konser pertama untuk instrumen tersebut, serta skor paling awal dari F 6 tinggi, sebuah catatan bermasalah untuk seruling Barok pada periode itu.

Pop, jazz, dan rock[sunting | sunting sumber]

Ian Anderson dari Jethro Tull memainkan seruling

Seruling jarang digunakan dalam musik jazz awal. Drummer dan pemimpin band Chick Webb termasuk orang pertama yang menggunakan seruling dalam jazz, dimulai pada akhir tahun 1930-an. Frank Wess adalah salah satu pemain suling pertama dalam musik jazz, pada tahun 1940-an.[12] [ lebih baik sumber diperlukan ] Karena penjarian Theobald Boehm digunakan dalam saksofon dan juga seruling konser, banyak pemain seruling "menggandakan" saksofon untuk jazz dan ansambel kecil dan sebaliknya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wind instrument - The history of Western wind instruments". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-19. 
  2. ^ Toff, Nancy (1996). The Flute Book: A Complete Guide for Students and Performers di Google Books , page 56. New York: Oxford University Press US. ISBN 0-19-510502-8.
  3. ^ "What kind of flute option is best, open or closed hole?". Larrykrantz.com. Diakses tanggal 19 April 2021. 
  4. ^ "Which is better, Offset or In-Line G?". Larrykrantz.com. Diakses tanggal 19 April 2021. 
  5. ^ "Miyazawa Flutes - Experience The Colors of Sound". Miyazawa.com. Diakses tanggal 19 April 2021. 
  6. ^ Nancy Toff (1996). The flute book: a complete guide for students and performers. hlm. 24. ISBN 978-0-19-510502-5. 
  7. ^ "Flute and Piccolo Fingering Charts - The Woodwind Fingering Guide". Wfg.woodwind.org. Diakses tanggal 19 April 2021. 
  8. ^ Edward Johnson. "The C Trill". Brannenflutes.com. 
  9. ^ "Sankyo Flutes, mechanical options". Sankyoflutes.com. Diakses tanggal 19 April 2021. 
  10. ^ "redirector: Larry Krantz Flute Pages". Larrykrantz.com. Diakses tanggal 19 April 2021. 
  11. ^ "redirector: Larry Krantz Flute Pages". Larrykrantz.com. Diakses tanggal 19 April 2021. 
  12. ^ Scott Yanow: Frank Wess – Biography (at allmusic.com)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]