Pijantung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pijantung
Arachnothera

Little spiderhunter
Arachnothera longirostra
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliNectariniidae
GenusArachnothera
Temminck, 1826
Species
See text.

Pijantung adalah burung dari genus Arachnothera, bagian dari keluarga burung matahari Nectariniidae . Genus ini berisi tiga belas spesies yang ditemukan di hutan Asia selatan dan tenggara. Mereka adalah perwakilan besar dari keluarga sunbird, dengan bulu yang kusam dan paruh yang panjang dan melengkung. Mereka memakan nektar dan sejumlah artropoda kecil.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Seekor pijantung yang hendak memakan jantung pisang

Pijantung termasuk yang terbesar di keluarganya, berukuran antara 13 dan 22 cm (5,1 dan 8,7 in) panjangnya. Pijantung kacamata adalah burung matahari terberat, dengan berat mencapai 49 g (1,7 oz) . Paruh pijantung panjang, setidaknya dua kali panjang kepala, melengkung dan kokoh. Lidah membentuk tabung lengkap untuk sebagian besar panjangnya. Bulunya jauh lebih kusam dibandingkan burung matahari berwarna cerah lainnya, sama untuk kedua jenis kelamin, dan tidak mengandung warna-warni . Bagian atas sebagian besar spesies berwarna hijau zaitun dan bagian bawahnya berwarna putih kusam atau kuning - pada separuh spesies, bagian bawahnya bergaris-garis. Pijantung yang paling tidak lazim adalah pijantung kepala-putih, yang berwarna coklat tua dengan garis-garis putih di bagian bawah dan punggung serta pantat berwarna kuning. [1]

Kicauan pijantung sangat sederhana, biasanya berupa suara keping logam yang jatuh dan diulang beberapa kali untuk membentuk sebuah lagu. Lagu pijantung kecil digambarkan sebagai "peluit melengking yang tak henti-hentinya". [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cheke, Robert; Mann, Clive (2008). "Family Nectariniidae (Sunbirds)". Dalam Josep, del Hoyo; Andrew, Elliott; David, Christie. Handbook of the Birds of the World. Volume 13, Penduline-tits to Shrikes. Barcelona: Lynx Edicions. hlm. 196–243. ISBN 978-84-96553-45-3. 
  2. ^ Cheke, Robert; Mann, Clive (2008). "Family Nectariniidae (Sunbirds)". Dalam Josep, del Hoyo; Andrew, Elliott; David, Christie. Handbook of the Birds of the World. Volume 13, Penduline-tits to Shrikes. Barcelona: Lynx Edicions. hlm. 196–243. ISBN 978-84-96553-45-3.