Piama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Piama

Piama atau piyama adalah sejenis pakaian malam. Piama biasanya terdiri dari dua potong pakaian, walaupun ada juga yang terdiri dari satu potong. Biasanya digunakan oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa, terutama di musim dingin.

Kata "piama" diserap dari bahasa Belanda pyjama, yang diserap dari bahasa Inggris pyjamas atau pajamas. Kata tersebut berasal dari bahasa Hindustan pāy-jāma (Urdu: پاجامہ‎, Hindi: पाजामा ਪਜਾਮਾ), yang diserap dari bahasa Persia pāy-jāmeh (پايجامه). Pāy-jāmeh sebenarnya hanya merujuk pada celana panjang bertali pinggang yang longgar yang biasa digunakan di Persia dan Semenanjung India.

Bentuk paling standar dari baju piyama yakni terdiri dari baju berkancing depan yang dibuat dengan atau tanpa kerah.[1] Sementara untuk bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana dan dilengkapi dengan tali elastis sehingga sangat mudah untuk dikenakan.[1]

  1. Kerah shiller merupakan jenis kerah baju yang paling umum digunakan pada piyama.
  2. Selain kerah shiller terdapat pula baju piyama wanita / anak yang dilengkapi dengan kerah peterpan.
  3. Sementara untuk piyama tanpa kerah kebanyakan hanya menggunakan garis leher berbentuk V maupun O.

Dwi Sulistiyani (bicara) 22 November 2021 02.13 (UTC)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b fitinline.com. Diterbitkan tanggal 15 Maret 2021. Diakses tanggal 22 November 2021. 6 Fakta Unik Tentang Piyama Yang Perlu Anda Ketahui.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]