Pialang saham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pialang saham adalah seorang individu atau suatu firma yang melakukan transaksi di pasar saham atas nama klien. Pialang saham juga dapat dikenal sebagai perwakilan terdaftar atau penasihat investasi. Kebanyakan pialang saham bekerja untuk perusahaan pialang dan menangani transaksi untuk sejumlah pelanggan individu dan institusi. Pialang saham sering dibayar berdasarkan komisi, adapun metode kompensasi bervariasi.[1]

Kebanyakan pialang saham yang sukses memiliki keterampilan interpersonal yang luar biasa dan mampu mempertahankan hubungan penjualan yang kuat. Selain itu juga harus memiliki persyaratan kredensial sendiri untuk pialang saham. Di Amerika Serikat, pialang terdaftar harus memegang lisensi FINRA Seri 7 dan Seri 63 atau 66 dan disponsori oleh perusahaan investasi terdaftar. Pialang di Amerika Serikat juga harus menjadi anggota bursa saham tempat mereka bekerja. Lalu di Singapura, menjadi perwakilan perdagangan harus lulus empat ujian, Modul 1A, 5, 6, dan 6A, yang dikelola oleh Institute of Banking and Finance. Otoritas Moneter Singapura (MAS) dan Bursa Singapura (SGX) memiliki otoritas lisensi.[1]

Pialang saham juga kadang kala atau secara khusus berdagang atas keinginannya sendiri, sebagai prinsipal, berspekulasi sebuah saham atau instrumen finansial lain akan bertambah atau berkurang harganya. Dalam hal ini istilah pialang dapat masuk akal dan individu atau firma perdagangan dalam kapasitas prinsipal kadang kala memanggil dirinya pedagang saham atau pedagang.

Jenis-jenis pialang[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya, pialang bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni pialang berdasarkan jenis investor dan pialang berdasarkan bentuk pelayanan yang diberikannya. Berdasarkan jenis klien atau investor yang dilayaninya, terdapat dua jenis pialang, yakni:[2]

  1. Pialang retail. Pialang retail atau lebih dikenal dengan individual broker adalah pialang pada umumnya melayani investor individu atau perorangan. Pialang jenis ini akan memperoleh komisi pada saat mereka melakukan kegiatan jual beli, sesuai dengan perintah investor.
  2. Pialang institusi. Pialang institusi adalah pialang yang melayani investasi saham milik suatu lembaga atau institusi. Pada umumnya, jenis pialang ini akan menerima panggilan dari lembaga seperti lembaga reksadana untuk melakukan kegiatan transaksi di pasar modal.

Sedangkan pialang berdasarkan bentuk pelayanan yang diberikannya terbagi menjadi empat jenis pialang, yaitu:[2]

  1. Full service broker. Sama seperti namanya, full service broker adalah pialang yang memberikan layanannya secara penuh, mulai dari pemberian informasi, memberikan laporan analisa, dan juga melakukan perintah jualbeli dari investor dan juga memelihara rekening milik investor. Jenis pialang yang satu ini sangat sesuai untuk para investor yang tidak mempunyai keahlian dalam membaca situasi pasar atau tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menganalisa pasar. Jumlah komisi yang hars dibayar untuk pialang jenis ini termasuk mahal.
  2. Deep discount broker. Pialang jenis ini akan menawarkan layanan yang paling simple dan sederhana, yakni melakukan perintah jual beli dan juga memelihara rekening investor. Komisi yang harus dikeluarkan pun jauh lebih murah daripada jenis pialang sebelumnya.
  3. Discount broker. Jenis pialang ini tidak akan memberikan pelayanan secara penuh, mereka akan melakukan perintah jual beli saham dan memberikan rekomendasi dalam bentuk laporan analisis atau informasi terbaru. Biasanya, investor yang menggunakan jasa pialang ini sudah mengantongi modal dasar pengetahuan terkait pasar modal dan mampu membaca data yang sudah disuguhkan oleh pasar modal. Karena jasa yang diberikan oleh pialang ini tidak penuh, maka komisinya masih lebih murah daripada full service broker tapi tetap lebih mahal jika dibandingkan dengan deep discount broker.
  4. Online broker. Pialang daring adalah jenis pialang yang melakukan pekerjaannya secara daring di internet dengan sistem pelayanan seperti halnya pialang konvensional. Saat ini, online broker sudah semakin banyak diminati oleh masyarakat karena perkembangan teknologi yang kian pesat. Komisi yang dibayarkan untuk pialang jenis ini jauh lebih murah daripada pialang jenis lainnya.

Tugas[sunting | sunting sumber]

Dalam pasar saham, pialang saham bertugas sebagai penghubung antara klien dengan pasar. Selain itu, pialang saham juga merekomendasikan saham kepada investor dengan dilandasi analisis ekonomi serta pasar dan reputasi perusahaan pemilik saham serta informasi penting lainnya. Kemungkinan investor merugi bisa dihindari dengan adanya rekomendasi ini. Selain itu, rekomendasi pialang saham bisa mengedukasi orang-orang yang baru berkecimpung dalam dunia investasi.[3] Pialang saham juga melakukan penawaran umum atas efek emiten, perusahaan yang terdaftar di BEI dengan atau tanpa kewajiban membeli efek yang tidak terjual. Perusahaan efek juga bertugas sebagai underwriter saat perusahaan hendak melakukan penawaran umum perdana.[4]

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Secara sederhana, cara kerja pialang saham adalah menjalankan instruksi investor dalam melakukan transaksi perdagangan di pasar modal. Jika seorang investor memerintahkan pialang untuk melakukan jual beli saham maka selanjutnya pialang perseorangan atau sekuritas akan mengeksekusi perintah tersebut.Harga dan volume transaksi hanya dapat ditentukan oleh investor sesuai dengan ketersediaan dana sehingga pialang tidak punya wewenang untuk menentukan besaran jumlah dan volume transaksi saham.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Utami, Fajria Anindya (2021-07-27). "Apa Itu Pialang Saham?". Warta Ekonomi. Diakses tanggal 2021-11-28. 
  2. ^ a b Ismail, Ibnu (2021-02-01). "Pialang Adalah: Pengertian, Jenis, dan Tips Memilih Pialang yang Tepat". Accurate Online. Diakses tanggal 2021-11-28. 
  3. ^ Putra, I. Putu Angga Suwidya; Kasih, Desak Putu Dewi (2021-02-28). "Tanggung Jawab Hukum Perusahaan Pialang Berjangka Terhadap Nasabah". Kertha Negara: Journal Ilmu Hukum. Fakultas Hukum, Universitas Udayana. 9 (2): 145. 
  4. ^ Renatami, Fiona (2017-12-23). "Apa Saja Sih Peran dan Tugas Pialang Saham?". Tagar.id. Diakses tanggal 2021-11-28. 
  5. ^ Nurul, Hanifah (2021-04-29). "Mau Investasi Saham? Kenali Broker Saham Terbaik". Lifepal Media. Diakses tanggal 2021-11-28.