Piagam Hak Asasi Uni Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Piagam Hak Asasi Uni Eropa
Mukadimah Piagam
Mukadimah Piagam
Dibuat 2 Oktober 2000
Ratifikasi 7 Desember 2000
Penulis Konvensi Eropa
Penandatangan Lembaga dan negara-negara anggota Uni Eropa
Tujuan Mengkonsolidasikan dan menjamin aturan yang luas dari hak yang diberikan kepada warga negara Uni Eropa

Piagam Hak Asasi Uni Eropa adalah sebuah dokumen hukum Uni Eropa yang mengandung beberapa hak-hak politik, sosial, dan ekonomi untuk warga dan penduduk Uni Eropa. Piagam ini dirancang oleh Konvensi Eropa dan secara resmi diproklamasikan pada tanggal 7 Desember 2000 oleh Parlemen Eropa, Dewan Menteri dan Komisi Eropa. Namun, status hukumnya kemudian tidak pasti dan tidak memiliki kekuatan hukum penuh[1] sampai berlakunya Traktat Lisbon pada tanggal 1 Desember 2009.

Di bawah Piagam, Uni Eropa harus bertindak dan membuat undang-undang secara konsisten dengan Piagam dan pengadilan Uni Eropa akan membatalkan undang-undang yang diadopsi oleh institusi-institusi Uni Eropa yang bertentangan dengannya. Piagam berlaku untuk Institusi Uni Eropa dan negara anggotanya ketika menerapkan hukum Uni Eropa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Craig, Paul; Grainne De Burca; P. P. Craig (2007). "Chapter 11 Human rights in the EU". EU Law: Text, Cases and Materials (4th ed.). Oxford: Oxford University Press. p. 15. ISBN 978-0-19-927389-8.