Philip Percival

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Philip Percival
LahirPhilip Hope Percival
1886
Newcastle upon Tyne, Inggris Utara, Britania Raya
Meninggal1886 – 1966; umur 79–80 tahun
PekerjaanWhite hunter, pemandu safari

Philip Hope Percival (1886–1966) adalah seorang white hunter terkenal kelahiran Inggris dan pemandu safari awal di Kenya pada masa kolonial. Selama karirnya, dia membimbing Theodore Roosevelt, Baron Rothschild, dan Ernest Hemingway dalam perburuan di Afrika. Hemingway mencontoh pemburu fiksi Robert Wilson dalam ceritanya "Kehidupan Singkat Francis Macomber" setelah Percival. Percival juga bekerja dengan white hunter terkenal seperti Bror von Blixen-Finecke dan membimbing Sydney Downey dan Harry Selby, dan dikenal di kalangan pemburu Afrika sebagai "Dekan Pemburu".

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Percival lahir di Newcastle upon Tyne di Inggris Utara, pada akhir abad ke-19.[1] Ketika Philip masih sangat muda, kakak laki-lakinya Blaney (lahir tahun 1875) pergi ke Afrika Timur, dan mengirimi Philip beberapa kisah menarik tentang hidupnya sebagai pengawas hewan liar di sana. Ketika Philip berusia 21 tahun, dia mewarisi sejumlah kecil uang dan bergabung dengan saudaranya di Afrika, lalu berlayar ke Mombasa.[2] Percival menetap di Limuru, tempat dia menanam kopi dan gandum serta beternak burung unta, sapi, dan kuda.[1]

Kehidupan berburu[sunting | sunting sumber]

Setelah mencapai Afrika, Percival dengan cepat mulai berburu bersama saudaranya, serta Harold dan Clifford Hill, yang juga merupakan peternak burung unta. Burung unta yang mereka pelihara digunakan sebagai umpan untuk memancing singa dan hewan besar lainnya. Pada awalnya, Percival terutama berburu singa di Perbukitan, tetapi seiring berjalannya waktu, dia mulai memimpin perjalanan berburu sendiri. Awalnya dia membebankan biaya kepada klien sebesar sepuluh pound per minggu dan tambahan dua puluh lima pound per singa dan pada masa itu pemandu seperti Percival hanya menyediakan kereta, hewan pengangkut, dan beberapa asisten, membiarkan klien menyediakan makanan, minuman, tenda dan tempat tidur sendiri.[3]

Safari Theodore Roosevelt[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1909, saudara laki-laki Philip, Blaney, berperan penting dalam membawa Kolonel Theodore Roosevelt ke Afrika Timur untuk bersafari dan Philip diberi kesempatan untuk bekerja sebagai asisten pemburu dalam perjalanan tersebut.[4] Roosevelt mengingat Percival dengan baik, menulis tentang dia:

"Di Bondoni ada Percival, seorang pria jangkung dan berotot, pengendara yang baik dan jago tembak—seperti banyak pria lain yang saya temui, dia hanya mengenakan helm, kemeja flanel, celana pendek, dan puttee serta sepatu bot. Saya tidak akan lupa melihatnya suatu hari ketika dia berjalan di samping tim dua belas ekor sapinya, sambil mengayunkan cambuknya yang panjang, sementara di dalam kereta besar duduk Ny. Percival yang cantik dengan seekor anak anjing, dan anak cheetah kecil, yang telah diberikan kepadanya dan yang dia jinakkan."[2]

Setelah safari Roosevelt, Percival memutuskan untuk menjadi white hunter penuh waktu dan salah satu klien solo pertamanya adalah Baron Rothschild, tetapi dia juga melakukan safari untuk bangsawan lain seperti Duke and Duchess of Connaught.[5]

Bergabung dengan perusahaan[sunting | sunting sumber]

Saat ia semakin terbiasa dengan kehidupan berburu, Percival bergabung dengan perusahaan safari Newland dan Tarlton, bersama dengan pemburu lainnya seperti Alan Black.[6] Ketika Newland dan Tarlton dibubarkan pada tahun 1919, dan Safariland diciptakan dari abunya, dia tetap bertahan dengan perusahaan itu juga.[7] Selama ini, dia membimbing generasi pemburu baru seperti Sydney Downey dan Harry Selby.[8] Percival juga kemudian menjadi presiden pertama Asosiasi Pemburu Profesional Afrika Timur (EAPHA), posisi yang dia jabat selama 15 tahun.[9][10] Pada tahun 1930, sebelum masa jabatannya sebagai presiden EAPHA, Percival meninggalkan Safariland untuk bekerja sama dengan Bror von Blixen-Finecke di perusahaan kongsi Tanganyika Guides Ltd., di mana dia menjadi direktur di Kenya, dengan Bror ia memimpin operasi Tanganyika.[1][11]

Ernest Hemingway[sunting | sunting sumber]

Selama kemitraannya dengan von Blixen, Percival memandu Ernest Hemingway dalam safari Afrika keduanya, yang pertama kali dilakukan pada tahun 1934. Hemingway menjalin persahabatan dengan Percival, dengan penuh kasih sayang memanggilnya "Pop", nama yang mereka gunakan untuk satu sama lain,[12] dan juga salah satu moniker yang diberikan Hemingway kepada Jackson Philips di Green Hills of Africa, karakter yang meniru Percival.[13] Hemingway juga menganggap Percival sebagai guru yang hebat,[12] dan yang paling terkenal membentuk Percival yang dia kenal menjadi karakter Robert Wilson, dalam "The Short Happy Life of Francis Macomber".[1] Namun Percival bukan satu-satunya model bagi Wilson, dan memang para kritikus telah mengidentifikasi Bror von Blixen sebagai pengaruh lain,[14] terutama dalam hal sifat "sinisme dan main perempuan" Wilson.[15]

Warisan[sunting | sunting sumber]

Warisan Philip Percival, "Dekan Pemburu",[14][16] berjalan lebih dalam daripada pengaruhnya terhadap Hemingway. Percival juga membimbing generasi baru pemburu Afrika, termasuk Sydney Downey, yang menyebutnya sebagai "white hunter terhebat sepanjang masa", dan Harry Selby, yang kemudian memikat generasi baru orang asing melalui tulisan perjalanan Robert Ruark.[17]

Otobiografinya Hunting, Settling & Remembering diterbitkan pada tahun 1997, dengan kata pengantar oleh putri bungsunya, Joy.[18]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Rintoul, M.C. (1992). Dictionary of Real People and Places in Fiction. London: Routledge. hlm. 783. 
  2. ^ a b Herne, Brian (1999). White Hunters: The Golden Age of African Safaris. New York: Henry Holt and Company. hlm. 71. 
  3. ^ Herne, Brian (1999). White Hunters: The Golden Age of African Safaris. New York: Henry Holt and Company. hlm. 72. 
  4. ^ Herne, Brian (1999). White Hunters: The Golden Age of African Safaris. New York: Henry Holt and Company. hlm. 71–2. 
  5. ^ Herne, Brian (1999). White Hunters: The Golden Age of African Safaris. New York: Henry Holt and Company. hlm. 73–4. 
  6. ^ Herne, Brian (1999). White Hunters: The Golden Age of African Safaris. New York: Henry Holt and Company. hlm. 63. 
  7. ^ Herne, Brian (1999). White Hunters: The Golden Age of African Safaris. New York: Henry Holt and Company. hlm. 176. 
  8. ^ Herne, Brian (1999). White Hunters: The Golden Age of African Safaris. New York: Henry Holt and Company. hlm. 76, 181. 
  9. ^ Herne, Brian (1999). White Hunters: The Golden Age of African Safaris. New York: Henry Holt and Company. hlm. 113. 
  10. ^ Steinhart, Edward I. (2006). Black Poachers and White Hunters: A Social History of Hunting in Colonial Kenya. Ohio University Press. hlm. 136. 
  11. ^ Lynn, Kenneth S. (1995). Hemingway. Cambridge, MA: Harvard University Press. hlm. 412. 
  12. ^ a b Hemingway, Ernest (1999). True at First Light: A Fictional MemoirPerlu mendaftar (gratis). New York. hlm. 14. 
  13. ^ Lupack, Alan and Barbara Tepa (1999). King Arthur in AmericaPerlu mendaftar (gratis). Cambridge: D.S. Brewer. hlm. 168. 
  14. ^ a b Herne, Brian (1999). White Hunters: The Golden Age of African Safaris. New York: Henry Holt and Company. hlm. 122. 
  15. ^ Mellow, James R. (1992). Hemingway: A Life Without Consequences. De Capo. hlm. 446. 
  16. ^ Steinhart, Edward I. (2006). Black Poachers and White Hunters: A Social History of Hunting in Colonial Kenya. Ohio University Press. hlm. 133. 
  17. ^ Herne, Brian (1999). White Hunters: The Golden Age of African Safaris. New York: Henry Holt and Company. hlm. 76, 188. 
  18. ^ Percival, Philip H. (1997). Hunting, settling, and remembering. Agoura, CA: Trophy Room Books. ISBN 9781882458127.