Phan Thị Kim Phúc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Phan Thị Kim Phúc
Berkas:The Terror of War.jpg
8 Juni 1972: Kim Phúc, kiri tengah, berlari di jalanan dekat Trang Bang setelah serangan napalm oleh Angkatan Udara Vietnam Selatan. (Nick Ut /AP)
LahirPhan Thị Kim Phúc
1963 (umur 58–59)
Trang Bang, Vietnam Selatan
Tempat tinggalAjax, Ontario
KebangsaanKanada
Nama lainKim Phúc
Warga negaraKanada
AlmamaterUniversitas Havana, Kuba
PekerjaanPenulis, UNESCO Goodwill Ambassador
Dikenal atasmenjadi fokus foto "The Girl in the Picture" (Perang Vietnam)
Suami/istriBui Huy Toan
AnakDua
PenghargaanOrder of Ontario

Kim Phuc (lahir tahun 1963) adalah subjek dalam sebuah foto terkenal dari Perang Vietnam. Foto menunjukkan dirinya pada saat berumur sembilan tanpa mengenakan pakaian berlarian di tengah jalan setelah terkena luka bakar parah akibat serangan bom napalm Vietnam Selatan.

Kim Phuc adalah warga sebuah desa di Trang Bang, Vietnam. Pada 8 Juni 1972, pesawat Vietnam Selatan menjatuhkan napalm di Trang Bang, yang sedang diduduki oleh pasukan Viet Cong. Dia bergabung dengan sejumlah warga biasa dan tentara kabur dari biara Cao Dai yang terletak di desanya sepanjang jalan menuju tempat perlindungan. Seorang pilot Vietnam Selatan salah mengira kelompok ini berbahaya dan menyerang mereka.

Fotografer Nick Ut mengambil gambar tersebut, dan ia kemudian memperoleh hadiah Pulitzer untuk fotografi atas gambar yang diambilnya. Gambar Kim Phuc berlarian tanpa berpakaian dengan latar belakang yang mengerikan menjadi sebuah simbol yang paling diingat atas Perang Vietnam. Dalam sebuah wawancara beberapa tahun kemudian, dia ingat pada saat itu, dia sedang berteriak "panas, panas!" dalam foto tersebut.

Setelah mengambil gambarnya, Ut dengan segera membawa Kim Phuc dan anak-anak lainnya menuju sebuah rumah sakit di Saigon dimana dia dinyatakan tidak dapat bertahan hidup dengan luka bakar yang sedemikian parah. Walaupun demikian, setelah 14 bulan perawatan di rumah sakit dan 17 kali operasi, dia pulang kembali ke rumah.

Setelah dewasa, Phuc dijadikan simbol anti perang oleh Pemerintah Vietnam. Pada tahun 1986, Phuc diberi izin oleh pemerintahnya untuk melanjutkan studi ke Kuba.

Setelah menerima izin, dia kemudian menuju Kuba dan bertemu Bui Huy Tuan. Pada tahun 1989, Ut menuju Kuba untuk bertemu dia dan tunangannya. Kim Phuc dan Bui Huy Tuan menikah dan pada tahun 1992 mereka pergi berbulan madu. Selama pengisian bahan bakar pesawat di Newfoundland, Kanada, mereka turun dari pesawat dan meminta perlindungan politik. Sekarang mereka tinggal di Ontario dan memiliki dua orang anak.

Pada tahun 1996, dia bertemu kembali dengan dokter bedah yang telah menyelamatkan jiwanya.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Publisitas[sunting | sunting sumber]

Foto terkenal tersebut digunakan dalam bentuk cetakan dan televisi sebagai promosi sekolah jurnalisme foto dari Griffith University. Pada tanggal 20 Augstus 2004, Griffith University juga memandu acara dengan Kim Phuc di mana Kim menarik perhatian orang banyak atas kegiatannya dalam Yayasan Kim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Sommer, Mark. (April 3, 2000). "The Girl in the Picture". Buffalo News (New York), p. 6B.