Phalaris canariensis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumput kenari
Phalaris canariensis

Rightmost illustration is Phalaris canariensis
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmonocots
Kladcommelinids
OrdoPoales
FamiliPoaceae
GenusPhalaris
SpesiesPhalaris canariensis
Linnaeus, 1753

Phalaris canariensis adalah sebuah tanaman milik keluarga Poaceae. Awalnya merupakan tanaman asli dari wilayah Mediterania, sekarang ditanam secara komersial di beberapa bagian dunia untuk dijadikan benih burung. Rumput besar dan kasar ini memiliki batang yang tegak dan tidak berbulu, biasanya setinggi 0,61 hingga 1,83 m.

Bijinya berwarna coklat mengkilap. Benih digunakan sebagai makanan burung dan umumnya dicampur dengan lobak dan biji lainnya yang membuatnya lebih murah. Itu harus disimpan di tempat yang kering dan jauh dari hama. Secara industri, tepung yang terbuat dari biji digunakan dalam pembuatan barang-barang katun halus dan barang-barang sutra.

Di Kepulauan Kanari, Italia dan Afrika Utara, Phalaris canariensis digunakan sebagai makanan. Di bagian-bagian tertentu Meksiko, seperti Valle de Bravo, disiapkan dan dijual oleh pedagang kaki lima sebagai bentuk atol yang sangat dihargai. Namun, kulit biji tampaknya mengandung serat silika, yang terkait dengan kanker esofagus.[1] Pada 2013, varietas lambung tanpa glabrous baru diumumkan sebagai makanan bebas gluten bagi manusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Valda M. Craddock (1993). Cancer of the Esophagus: Approaches to the Etiology. Cambridge University Press. hlm. 202. ISBN 978-0-521-37393-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]