Lompat ke isi

Peter Svensson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peter Svensson
Informasi latar belakang
Nama lahirAnders Peter Svensson
Lahir18 Oktober 1974 (umur 49)
AsalHuskvarna, Swedia
Genre
Pekerjaan
  • Produser rekaman
  • penulis lagu
  • musisi
  • gitaris
Tahun aktif1992–sekarang

Anders Peter Svensson (lahir 18 Oktober 1974) adalah produser rekaman, penulis lagu dan musisi asal Swedia. Dia adalah penulis lagu utama dan gitaris dari band Cardigans.[1][2] Dia mulai bermain gitar pada usia delapan tahun, dan di masa remajanya dia bermain dengan band-band lokal. Setelah bertemu pemain bass Magnus Sveningsson, mereka membentuk The Cardigans pada tahun 1992. Peter Svensson dikreditkan dengan menulis musik dan melodi untuk hampir semua lagu asli grup tersebut.

Pada tahun 1998, ia merilis proyek sampingan/solo bernama Paus. Semua lagu ditulis bersama dengan Joakim Berg dari band Kent. Drumnya dimainkan oleh drummer The Cardigans, Bengt Lagerberg. Pada tahun 1999, album Paus dan karya Svensson di album keempat The Cardigans, Gran Turismo, membuatnya mendapatkan Grammy Swedia sebagai Komposer Terbaik Tahun Ini.

Svensson ikut menulis album penyanyi asal Swedia, Titiyo, Come Along. Single "Come Along" menjadi hit besar pada tahun 2001 dan dianugerahi Grammy untuk Song of the Year di Swedia.

Sejak album terakhirnya bersama The Cardigans, Super Extra Gravity, Svensson telah menulis dan memproduseri lagu untuk berbagai artis internasional seperti The Weeknd, Ariana Grande, Demi Lovato, Ellie Goulding dan One Direction.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "Cardigans stenhårda vandring tillbaka - DN.SE". www.dn.se. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 August 2012. Diakses tanggal 22 May 2022. 
  2. ^ Peter Svensson di IMDb (dalam bahasa Inggris)