Petar Segrt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Petar Segrt
PSNewPhoto.jpg
Informasi pribadi
Nama lengkapPetar Segrt
Tanggal lahir08 Mei 1966 (umur 53)
Tempat lahirĐurđevac, SFR Yugoslavia
Posisi bermainDefender
Informasi klub
Klub saat iniPSM Makassar (Head coach)
Karier junior
VFR Hirsau
FC Alzenberg Wimberg
FV Calw
Karier senior*
TahunTimTampil(Gol)
1984–1987FV Calw
1989–1990FV Plochingen
1990–1991TSV Schweickheim
1991–1992SV Allmersbach
1992FC Walldorf
1993SV Waldhof Mannheim A.
Kepelatihan
1983–1987FV Calw
1996–1997VfL Bochum
1997–2000MSV Duisburg
2000-2001SV Waldhof Mannheim
2001–2003DSV Leoben
2003SV Ried
2004–2006Wiener Sportklub
2006–2008Georgia U-21
2008–2009Georgia
2010–2011Bali Devata FC
2011-PSM Makassar
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik.

Petar Segrt[1] (lahir 8 Mei 1966; umur 53 tahun di Đurđevac, bekas SFR Yugoslavia) adalah pelatih asal Kroasia dan mantan pemain sepak bola yang berposisi sebagai bek. Saat ini bekerja sebagai pelatih kepala PSM Makassar di Liga Primer Indonesia.

Karier sebagai pemain[sunting | sunting sumber]

Petar Segrt memulai karier seniornya pada tahun 1984 bermain untuk FV Calw. Dia juga bermain untuk FV Plochingen, TSV Schweickheim, SV Allmersbach, FC Walldorf dan SV Waldhof Mannheim A. Setelah cedera pertamanya, sementara ia pulih dari operasi, ia mulai sebagai pelatih junior FV Calw, saat berusia 17 tahun . Karena cedera lutut kedua, ia harus selesai diputaran pada tahun 1993, ketika ia 27 tahun. The Segrt tahun yang sama lulus untuk lisensi UEFA Coaching 'B' di ruit, Jerman, dan memulai karier kepelatihannya.

Kualifikasi kepelatihan dan filosofi[sunting | sunting sumber]

Petar Segrt memiliki lisensi UEFA Pro. Dia lulus untuk lisensi UEFA Coaching 'B' pada bulan November, 1993 di ruit, Jerman, untuk UEFA 'A' Coaching Lisensi pada bulan Juli, 1995 di Hennef, Jerman, dan UEFA Pro Licence Petar Segrt lulus pada bulan Oktober, 2001 di Koln, Jerman .

Filosofi pembinaan Petar Segrt dapat digambarkan sebagai organisasi yang baik, agresif sepak bola menyerang dengan keseimbangan yang baik antara ofensif dan defensif. Segrt dikenal bekerja dengan konsep yang jelas, komunikasi yang intensif dengan pemain sekaligus mempertahankan otoritas dan kepemimpinan, mengembangkan pemain untuk tim sukses dengan semangat pemenang. Ia terutama dikenal dengan menjadi setia kepada tim, klub, federasi anggota dan penonton. Segrt sering menghadiri Seminar Coaching di Asosiasi Sepak Bola Jerman, Federasi Sepak bola Spanyol, Inggris, Prancis, Belanda, Swiss, Kroasia, Afrika Selatan dan Austria. Dia juga sering menghadiri pertemuan Coaching di klub-klub sepak bola seperti Arsenal London, West Ham, Hamburger SV, TSG Hoffenheim, Al Ahly Club, Austria Wien, Sturm Graz, dan banyak lainnya. Petar Segrt memiliki Referensi dari pelatih Joachim Löw sebagai, Arsene Wenger, Klaus Toppmöller, Ralf Rangnick, Josef Hickersberger, Erich Rutemöller, Ivica Osim dan Dejan Savicevic.

Karier kepelatihan[sunting | sunting sumber]

Setelah 4 tahun kehormatan bekerja sebagai pelatih muda di klub amatir FV Calw, Petar Segrt memulai karier profesional pembinaan dan ia bekerja untuk berbagai klub di Jerman. Dalam Bundesliga 1. klub VfL Bochum dan MSV Duisburg ia bekerja sebagai pelatih muda U-19, sebagai asisten pelatih tim kedua dan juga sebagai bagian dari staf pelatih tim pertama. Pada tahun 2000 ia kembali ke klub di mana ia pernah bermain SV Waldhof Mannheim di Bundesliga 2. untuk bekerja sebagai asisten pelatih dan sebagai pelatih kepala tim kedua. Dalam 5 tahun dengan A-izin Petar Segrt mendapat banyak pengalaman untuk bekerja pada tingkat tertinggi di Jerman terutama dengan pemain muda berbakat. Setelah dia lulus di UEFA Pro Licence pada tahun 2001 ia mulai bekerja sebagai pelatih kepala di beberapa klub profesional di Austria seperti DSV Leoben, SV Ried dan Wiener Sportklub. Dalam 14 tahun Segrt pembinaan pengalaman dikenang sebagai pelatih yang mengembangkan pemain muda menjadi pemain tim nasional dan ia mendapatkan dirinya julukan "Arsitek".[2]

Timnas Georgia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006 ia mulai bekerja sebagai bagian dari pelatih tim nasional Georgia A bersama-sama dengan Klaus Toppmöller. Antara 2006-2008 Petar Segrt juga menerima peran sebagai pelatih kepala tim nasional U-21 Georgia di mana dalam waktu yang sangat singkat ia mengembangkan lebih dari 18 pemain yang bermain atau masih bermain untuk tim nasional Georgia A. Sementara Petar Segrt sebagai pelatih, Georgia U21 membuat salah satu keberhasilan terbesar dalam sejarah tim sepak bola Nasional Georgia dengan kemenangan 2-0 melawan Rusia pada tahun 2007 pada kualifikasi Piala Eropa U21. Setelah Klaus Toppmöller meninggalkan tim nasional Georgia A pada 1 April 2008, Petar Segrt diangkat sebagai Direktur Teknik pertama dalam sejarah Federasi Sepak bola Georgia. Dia juga memimpin tim nasional Georgia A sebagai pelatih kepala dalam pertandingan persahabatan melawan Estonia dan Portugal pada Mei 2008, sebelum Federasi Sepak Bola Georgia ditunjuk Cúper Héctor sebagai pelatih kepala pada 1 Agustus 2008. Selain keterampilan pelatihannya, Segrt mendapatkan popularitas besar di Georgia selama konflik perang Georgia-Rusia pada tahun 2008, setelah pidato terkenal[3] di Rustaveli persegi di Tbilisi, di mana ia berjanji kepada ribuan orang berkumpul Georgia, bahwa ia tidak akan meninggalkan negara mereka meskipun perang.

Setelah karya besarnya di Georgia, di majalah Kicker terkemuka Desember 2008 Jerman mengumumkan bahwa Asosiasi olahraga Sepak bola Jerman memilih Petar Segrt sebagai salah satu kandidat untuk mengambil alih Jerman U-21.[4]

Pada akhir tahun 2010 Konsorsium Liga Primer Indonesia mengundang Petar Segrt untuk menjadi bagian dan membantu mereka dengan pelatihan dan pengalaman mengelola untuk membangun sebuah klub baru di sepak bola profesional Indonesia yang berbasis di Bali, sehingga Segrt mendekati ke Bali Devata yang berlaga di Liga Primer Indonesia. Setelah ia selesai pekerjaannya dengan Bali Devata konsorsium yang sama menawarinya pekerjaan baru sebagai pelatih kepala mantan juara Indonesia PSM Makassar.

PSM Makassar[sunting | sunting sumber]

Sejak Oktober 2011 Petar Segrt adalah pelatih kepala PSM Makassar. Klub Sangat tradisional[5] yang tahun lalu memiliki banyak masalah dan bahkan tidak ada satupun pemain tim nasional lagi. Setelah hanya satu musim di Liga Primer Indonesia Segrt mengembangkan 10 pemain baru di tim nasional Indonesia, enam pemain diundang untuk tim nasional Indonesia A.[6] dan empat pemain diundang untuk tim nasional Indonesia U-23.[7] Setelah keberhasilan Segrt yang dicapai pada musim itu, Juli 2012 manajemen PSM Makassar menawarinya perpanjangan kontrak 5 tahun, yang sangat biasa bagi klub Indonesia.[8] Petar Segrt juga telah membuat catatan takterkalahkan di kandang dalam laga di Liga Primer Indonesia, yang merupakan pertama kalinya bagi PSM Makassar dalam 97 tahun sejarah, ia juga memiliki tim termuda di Liga Primer Indonesia dengan usia rata-rata para pemain adalah 22. Pada bulan Desember 2012, Petar Segrt memimpin tim memenangkan Piala Wali kota di Ternate.[9] Itu adalah trofi pertama bagi PSM Makassar setelah hampir 12 tahun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]