Perusahaan Dagang Muscovy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perusahaan Muskovy atau Perusahaan Dagang Rusia adalah perusahaan dagang yang didirikan Inggris dalam usaha untuk mencapai Kepulauan Rempah-Rempah dengan menggunakan jalur Utara-Timur daripada yang secara tradisional Selatan-Timur melalui Tanjung Harapan yang dikontrol oleh Portugis yang sedang berselisih dengan Spanyol.

Perusahaan Moskow
Muscovy Company
Perusahaan dagang; Donasi
IndustriPerdagangan; Organisasi donasi
NasibBergerak sebagai perusahaan dagang hingga 1917. Sekarang beroperasi sebagai organisasi donasi
DidirikanPada tahun 1555, di Inggris
PendiriRichard Chancellor, Sebastian Cabot dan Sir Hugh Willoughby

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal muasal perusahaan ini dapat dilacak kembali pada Mystery, Company and Fellowship of Merchant Adventurers for the Discovery of Unknown Lands sebuah organisasi pedagang yang bertujuan untuk bergabung dalam usaha menuju "Kepulauan Rempah-Rempah" yang terkenal.

Ekspedisi pertama yang dilakukan oleh Richard Chancellor adalah untuk menemukan Jalur Utara-Timur yang terkenal melalui legenda-legenda pelaut. Tetapi Chancellor gagal melakukan ekspedisi tersebut, Kapal yang dipimpin oleh Willoughby terhempas oleh angin dan kemudian menghilang tanpa catatan yang jelas.

Chancellor memimpin krunya pergi dan menjatuhkan jangkar di Archangel, Rusia dan melakukan perjalanan darat ke Moskow.Chancellor kemudian menemui Ivan IV Vasilyevich yang memberinya pelayanan yang baik selama tinggal di istananya, Chancellor menggambarkan pelayanan sebagai "Mengirimi setiap orang seiris besar roti dan sang penyaji memanggil kelompok itu atas namanya yang disebut dengan keras, dan berkata, Ivan IV Vasilyevich, Kaisar Rusia dan Haripatih Moskow yang agung menghadiahi kalian dengan roti.".

Melalui negosiasi panjang dengan Ivan, Chancellor meletakkan dasar Perusahaan Dagang Moskow.[1]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Milton, Giles (1999). Pulau Run (Nathaniel's Nutmeg). Alvabet.