Pertempuran Ticinus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Ticinus
Bagian dari Perang Punisia Kedua

Galia Cisalpina pada tahun 218 SM
TanggalNovember 218 SM
LokasiTepi kanan hilir Sungai Ticino
Hasil Kemenangan Kartago
Pihak terlibat
Kartago Republik Romawi
Tokoh dan pemimpin
Hannibal Publius Cornelius Scipio
Kekuatan
6.000 kavaleri 3.100 kavaleri
7.200 velites
Korban
Minimal 2.300

Pertempuran Ticinus adalah sebuah pertempuran yang berlangsung antara pasukan Kartago yang dipimpin oleh Hannibal melawan Romawi yang berada di bawah kepemimpinan Publius Cornelius Scipio. Pertempuran ini berlangsung pada November 218 SM dan merupakan bagian dari Perang Punisia Kedua. Pertempuran ini terjadi di tepi kanan Sungai Ticino yang terletak tidak jauh dari tempat bertemunya sungai tersebut dengan Sungai Po. Nama pertempuran ini dinamai dari sungai tersebut dan bukan dari permukiman Ticinum (kini Pavia). Pertempuran Ticinus merupakan pertempuran pertama selama Perang Punisia Kedua yang terjadi di wilayah Italia. Pada akhirnya pasukan Romawi mengalami kekalahan, dan kemudian pada bulan Desember Romawi kembali dikalahkan oleh Hannibal dalam Pertempuran Trebia.

Pertempuran ini khususnya melibatkan kavaleri. Kavaleri Kartago dapat bergerak dengan sangat cepat sehingga pelempar lembing Romawi tidak mampu melemparkan satu lembing pun dan sudah terlebih dahulu diserang, dan hal ini merupakan salah satu penyebab utama kekalahan Romawi. Scipio terluka dan hampir gugur. Ia diselamatkan oleh anaknya yang berumur 18 tahun, Scipio Africanus.

Terdapat dua sumber sejarah yang mengabadikan pertempuran ini, yaitu "Sejarah Romawi" karya Livius (Buku XXI) dan "Sejarah" karya Polybius (Buku III). Terdapat sedikit perbedaan di antara keduanya terkait dengan rincian pertempuran ini.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Grundy, G.B. (1896). "The Trebbia and Lake Trasimene". The Journal of Philology. 24: 83–118. 
  • Livy (1965). The War with Hannibal: Books XXI-XXX of the History of Rome from Its Foundation. Aubrey De Selincourt (trans.) (edisi ke-reprint, illustrated). Penguin Classics. ISBN 9780140441451. 
  • Polybius; William Roger Paton, Translator (1922). The Histories. The Loeb Classical Library (dalam bahasa Ancient Greek and English). 2. London, New York: William Heinemann, G.P. Putnam's Sons. ISBN 88-317-9986-X.