Publius Cornelius Scipio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ilustrasi pertempuran antara Hannibal melawan Scipio.

Publius Cornelius Scipio (meninggal 211 SM) adalah seorang jenderal dan negarawan di Republik Romawi. Ia merupakan anggota gens (keluarga) Cornelia dan mulai menjabat sebagai konsul pada tahun 218 SM. Tahun tersebut merupakan tahun pertama Perang Punisia Kedua. Ia berlayar dari Pisa dengan tujuan untuk menghadapi Hannibal di Hispania.[1] Saat sedang singgah di Massalia (kini Marseille) untuk mengambil persediaan, ia terkejut setelah mengetahui bahwa pasukan Hannibal sudah bergerak dari Hispania dan sedang menyeberangi Sungai Rhône.[1] Scipio memerintahkan pasukannya untuk turun dari kapal dan menghadapi Hannibal, tetapi Hannibal dan pasukannya sudah menyeberangi sungai tersebut. Ia lalu kembali ke Etruria dan menunggu pasukan Hannibal di Galia Cisalpina.[2] Pasukan Scipio lalu berhadapan dengan pasukan Hannibal di tepi Sungai Ticinus yang merupakan anak sungai Po. Di situ Scipio mengalami kekalahan dan terluka berat. Pada Desember 218 SM, ia kembali menyaksikan kekalahan Romawi dalam Pertempuran Trebia.[3]

Meskipun mengalami kekalahan, ia tetap dipercaya oleh Romawi dan meneruskan kampanye militer di Iberia hingga tahun 211 SM, ketika ia gugur dalam Pertempuran Baetis Hulu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Goldsworthy, Adrian (2007). Cannae: Hannibal's Greatest Victory. London, GB: Phoenix. hlm. 29. ISBN 978-0-7538-2259-3. 
  2. ^ Polibius, History: Book III, paragraf 46.
  3. ^ Titus Livius, History of Rome: Book XXI, paragraf 51-56.