Pertandingan WarGames

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

WarGames adalah pertandingan kurungan baja khusus dalam gulat profesional. Pertandingan biasanya melibatkan dua tim yang terdiri dari empat, lima, atau lebih pegulat yang dikurung di dalam kurungan baja yang mencakup dua ring yang ditempatkan berdampingan. Kurungan mungkin memiliki atap atau tidak, tergantung pada promotor gulat profesional mana pertandingan tersebut diadakan.

Dibuat oleh Dusty Rhodes pada tahun 1987, pertandingan WarGames awalnya digunakan di Jim Crockett Promotions (JCP) dari National Wrestling Alliance, dan kemudian, diadakan setiap tahun di World Championship Wrestling (WCW), biasanya di acara bayar-per-tayang Fall Brawl . Pertandingan WarGames asli memiliki atap di atas kurungan tanpa pinfall sebagai situasi menang meskipun versi WCW yang lebih baru mengizinkan pinfall untuk menang.

Sejak tahun 2017, WWE, yang membeli aset WCW pada tahun 2001, telah mengadakan pertandingan WarGames tahunan pada acara bermerek WarGames dengan yang pertama pada NXT WarGames dari tahun 2017 hingga 2021 dan saat ini di Survivor Series: WarGames sejak tahun 2022. Pertandingan WarGames WWE tidak memiliki atap di kurungan dan juga memungkinkan pinfall sebagai situasi menang.

Pada tahun 2021, All Elite Wrestling (AEW) membuat pertandingan versinya sendiri yang disebut Blood and Guts, yang didasarkan pada versi JCP asli dengan atap kurungan dan tidak ada pinfall. AEW mengadakan pertandingan setiap tahun pada acara bermerek Blood & Guts.

Selama bertahun-tahun, promosi lain telah mengadakan pertandingan PerangGames versi mereka sendiri dengan nama yang berbeda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertandingan WarGames dibuat ketika Dusty Rhodes terinspirasi oleh tayangan Mad Max Beyond Thunderdome.[1] Awalnya digunakan sebagai pertandingan khusus untuk Four Horsemen. Pertandingan WarGames pertama berlangsung di The Omni di Atlanta, Georgia selama tur Great American Bash '87 milik National Wrestling Alliance (NWA) Jim Crockett Promotions (JCP), yang dikenal sebagai War Games: The Match Beyond. Acara tersebut akan diadakan pada tiga pertunjukan rumah akhir tahun itu, sekali di Miami Orange Bowl, sekali di Chicago di UIC Pavilion, dan yang lainnya pada debut NWA di Nassau Coliseum di Long Island. Pada tahun 1988, JCP dijual ke Turner Broadcasting dan diganti namanya menjadi World Championship Wrestling (WCW), meskipun WCW masih berada di bawah NWA. Tahun itu, WarGames diadakan selama Great American Bash Tour pada tahun 1988 pada 11 pertunjukan rumah (satu dirilis dalam DVD WWE Horsemen). Pertandingan WarGames terakhir di bawah bendera NWA/WCW diadakan pada The Great American Bash pada tahun 1989 dan pertandingan ulang pertunjukan rumah di The Omni di Atlanta. WCW, tidak lagi berada di bawah NWA, kemudian pertama kali menggunakan pertandingan tersebut pada tahun 1991 di WrestleWar dan pada lima pertunjukan rumah selama tur Great American Bash tahun 1991 dan pada tahun 1992 di WrestleWar, sebelum menjadi acara Fall Brawl tradisional dari tahun 1993 hingga 1998.

Pada tahun 2001, World Wrestling Federation (WWF, berganti nama menjadi WWE pada tahun 2002) membeli WCW dan asetnya, termasuk hak atas nama WarGames. Namun, WWE tidak menggunakan konsep pertandingan tersebut hingga tahun 2017, ketika promotor tersebut menghidupkan kembali pertandingan yang akan diadakan untuk merek pengembangan mereka NXT di sebuah acara bertajuk NXT TakeOver: WarGames. Ini menjadi acara NXT TakeOver tahunan untuk WWE hingga tahun 2021. Pada tahun itu, seri TakeOver dihentikan, namun acara WarGames tetap diadakan untuk NXT pada bulan Desember. Tahun berikutnya, WWE mengganti nama bayar-per-tayang Survivor Series tahunannya untuk merek anggota utama, Raw dan SmackDown, menjadi Survivor Series: WarGames, menandai acara anggota utama WWE pertama yang menampilkan pertandingan tersebut.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ WCW War Games: WCW’s Most Notorious Matches 2013. WWE. 
  2. ^ Shoemaker, David (September 19, 2022). "Exclusive: WWE 'Survivor Series' 2022 Will Feature Two WarGames Matches". The Ringer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal September 19, 2022.