Persikoban Banjar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Persikoban Banjar
Nama lengkapPersatuan Sepakbola Indonesia Kota Banjar
JulukanLaskar Rawa Onom
Berdiri2003; 21 tahun lalu (2003)
StadionStadion Gelora Banjar Patroman
Kota Banjar, Indonesia
(Kapasitas: 3.000)
PemilikCV Persikoban Banjar Patroman
KetuaIndonesia Acep Anggi Dwangga Sihombing
LigaLiga 3
201816 besar (Liga 3 Zona Jabar)
Kelompok suporterLaskar Rawa Onom dan Patromania
Kostum kandang
Kostum tandang

Persikoban Banjar (atau singkatan dari Persatuan Sepakbola Indonesia Kota Banjar) adalah tim sepak bola Indonesia yang bermarkas di Stadion Gelora Banjar Patroman, kota Banjar, Jawa Barat. Persikoban Banjar saat ini berkompetisi di Liga 3 Zona Jawa Barat.[1][2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dunia sepakbola di tanah air saat ini sedang menggeliat. Gara-gara kondisi ini, dimana-mana orang merasakan demam bola. Tidak terkecuali di Kota Banjar. Sejumlah praktisi Sepakbola di Kota yang baru berdiri hampir satu dasawarsa ini juga sedang mengupayakan untuk menggairahkan kembali persepakbolaan yang dulu pernah berjaya pada era 1960-1990.

Bagi sebagian warga Banjar, flashback ke era tahun 1960 sampai era tahun 1990-an atau pada era laga sepakbola Soeharto cup, pasti akan mengingat Persatuan Sepakbola Indonesia-Banjar atau lebih akrab dikenal dengan Persiban.

Kala itu, Persiban merupakan klub bola yang dianggap paling memiliki jam terbang terbanyak diantara klub serupa yang lainnya. Bahkan, Persiban juga dielu-elukan oleh sebagian besar warga Banjar dan sekitarnya.

Tidak jarang, karena dikenal memiliki pemain bagus, sejumlah pentolan Persiban sering disewa oleh klub dari daerah lain untuk ikut bertanding dalam beberapa kompetisi. Alhasil, Persiban pun dikenal hampir di seantero negeri.

Suporter[sunting | sunting sumber]

PatroMania singkatan dari Patroman Mania adalah suporter tim Persikoban Banjar untuk mendukung tim dari kandang mereka sendiri.

Laskar Rawa Onom adalah suporter tim Persikoban Banjar, Rawa Onom sendiri merupakan situs budaya yang berada di Kota Banjar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

@persikoban_banjar di Instagram