Peropon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peropon kap enumpang Austria SS Afrika di Laut Mediterania sekitar tahun 1905

Peropon (dari bahasa Jawa, propon) adalah kompartemen kapal, kereta api, atau pesawat terbang tempat makanan dimasak dan disiapkan. [1] Ini juga bisa merujuk pada dapur darat di pangkalan angkatan laut, atau, dari sudut pandang desain dapur, desain tata letak dapur yang lurus.

Wilayah memasak kapal[sunting | sunting sumber]

Peropon adalah area memasak di atas kapal, biasanya ditata dengan gaya khas yang efisien dengan unit memanjang dan lemari di atas kepala. Hal ini memanfaatkan ruang yang biasanya terbatas di atas kapal dengan sebaik-baiknya. Hal ini juga sesuai dengan sifat kapal yang berguling dan naik turun, membuatnya lebih tahan terhadap pengaruh pergerakan kapal. Oleh karena itu, kompor peropon sering kali tergimbal agar cairan di dalam panci tidak tumpah. Biasanya juga dilengkapi dengan palang, sehingga juru masak tidak terjatuh ke kompor yang panas.

Tempat memasak kecil di geladak disebut gerbong tukang rem atau camboose, berasal dari Belanda: kombuis </link> , yang masih digunakan sampai sekarang. Dalam bahasa Inggris adalah istilah yang digunakan hanya untuk area memasak yang berada di atas geladak. [2]

Dapur penerbangan[sunting | sunting sumber]

Dapur pesawat dasar pertama ada di berbagai kapal udara selama tahun 1920an dan 30an. Dapur pesawat pertama dipatenkan oleh Werner Sell [de] (Georg Robert Werner Sell) dari Jerman pada tahun 1930; [3] dapur lengkap pertama dikirimkan pada tahun 1954, dan pada tahun 1955 Lufthansa telah melengkapi semua pesawat komersialnya dengan Sell Galley. [4]

Peropon pada maskapai penerbangan komersial biasanya tidak hanya mencakup fasilitas untuk menyajikan dan menyimpan makanan dan minuman, namun juga berisi kursi lompat pramugari, tempat penyimpanan peralatan darurat, serta segala hal lain yang mungkin diperlukan pramugari selama penerbangan. Pesawat yang beroperasi saat ini sebagian besar menggunakan sistem troli layanan maskapai penerbangan yang sudah dikenal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Galley". USS Slater. Diakses tanggal 2020-03-03. 
  2. ^ encyclopedia.com. 
  3. ^ Schäfer, Christoph (2004). Magistrat der Stadt Wetzlar (Hrsg.), ed. Werner Sell [Tinkerers & Talents. 150 years of technical innovations in central Hesse]. Tüftler & Talente|150 Jahre technische Innovationen in Mittelhessen (dalam bahasa Jerman). Wetzlar. hlm. 191. 
  4. ^ Schäfer 2004.